13 Tips Nonton Konser Pertama Kali untuk Pemula Biar Makin Asik

tips nonton konser 2022
Photo by picjumbo.com

Selamat datang di bulan September! Mulai bulan ini hingga akhir tahun 2022 mendatang akan ada banyak sekali konser musik di Indonesia. Mulai dari We The Fest, KPOP LAND, hingga konser tunggal artis besar internasional seperti Westlife, The Script, dan Justin Bieber. Bagi sobat Cakap yang baru pertama kali, jangan khawatir, karena artikel ini akan membahas tuntas tips menonton konser untuk pemula dan triknya! 

13 Tips Nonton Konser Sendiri untuk Pemula 

Berikut adalah 13 tips sebagai panduan untuk menonton konser bagi kamu yang baru pertama kali atau pun sudah lupa karena pandemi. 

1. Pastikan tiket sudah ditangan

Buang jauh-jauh pikiran bahwa kamu dapat membeli tiket on the spot. Saat ini hampir semua tiket konser dijual secara online dan segera habis tidak lama setelah dibuka penjualannya. Ketika kamu mendapatkan info mengenai konser artis favoritmu, segera cek kapan penjualannya dan bersiaplah untuk melakukan pembelian pada waktu tersebut. 

2. Perhatikan dengan baik waktu dan lokasi

Beberapa konser mungkin diadakan di luar kotamu pada tanggal tertentu. Oleh karena itu kamu perlu memastikan dulu bahwa kamu bisa menjangkau lokasi tersebut pada waktu konser. Selain itu, kamu juga harus meninjau kembali apakah hari diadakannya konser tidak bertabrakan dengan dengan kegiatan lain yang tidak kalah penting. 

3. Persiapkan akomodasi dan transportasi

Akan lebih baik dan lebih praktis jika kamu bisa sedekat mungkin dengan lokasi diadakannya konser sebelum hari H untuk menghindari hal-hal tidak terduga. Oleh karena itu tetapkan transportasi dan akomodasimu untuk menonton konser dari jauh-jauh, ya! Meskipun, konser tersebut diadakan di kotamu, tetap rencanakan dengan apa kamu akan menuju ke lokasi. 

4. Jaga Kondisi badan tetap sehat fit dan sehat

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah kondisi kesehatan tubuh. Meskipun sudah punya tiket dan mempersiapkan akomodasi serta transportasi, akan tidak berguna jika kamu jatuh sakit menjelang hari H. Oleh karena itu, jaga selalu kondisi kesehatanmu dan berolahragalah dengan teratur akan daya tahan tubuh meningkat. 

5. Siapkan Lightstick dan hafal Fanchant untuk konser K-Pop 

Datang ke konser K-Pop rasanya belum lengkap jika tanpa lightstick dengan warna fandom, meskipun juga bukan suatu kewajiban. Selain itu, kamu tentunya sudah pernah melihat teriakan penggemar atau fanchant untuk menyemangati idola saat membawakan lagu bukan? Nah, jangan lupa hafalkan fanchant biar pengalaman nonton konsermu makin seru!

6. Sediakan dana lebih untuk merchandise

Pada lokasi diadakannya konser biasanya akan ada pihak penyelenggara maupun dari pihak agensi yang menjual merchandise resmi. Oleh karena itu, jika kamu adalah tipe penggemar yang senang mengoleksi merchandise resmi, siapkan dana lebih untuk membelinya, ya! Kamu juga bisa banget mulai menabung dari jauh-jauh hari, lho!

7. Cari tahu denah lokasi konser

Kemungkinan kamu tersesat di lokasi konser selalu ada, terutama jika kamu tidak mengenal lokasinya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang lokasi konsernya sebelum berangkat. Cari tahu juga tata letak venue, jalan masuk dan keluar, serta lokasi toilet dan musala bagi yang ingin beribadah. 

8. Bawa air putih, snack, dan obat-obatan pribadi

Menonton konser akan menghabiskan banyak energi mulai dari mengantre masuk ke venue hingga saat konser berlangsung. Biar tetap bertenaga, sebaiknya kamu membawa air minum dan makanan ringan untuk tetap terhidrasi dan menjaga perut tetap berisi. Selain itu, sediakan pula obat-obatan pribadi, terutama kamu memiliki kondisi medis tertentu seperti asam lambung dan asma. 

9. Bawa uang cash

Meskipun dalam kehidupan sehari-hari kita lebih sering mengandalkan pembayaran digital, kamu sebaiknya membawa uang cash saat menonton konser. Hal ini untuk mengatasi kondisi tidak terduga seperti smartphone hilang atau kehabisan baterai dan sebagainya. Selain itu, kamu juga mungkin butuh membeli sesuatu yang hanya bisa dibayar secara cash. 

10. Kenakan pakaian yang nyaman

Tampil lebih keren saat menonton konser idola kesayangan sangat beralasan, tapi jangan lupa bahwa kamu akan mengantre, jamming, dan berteriak. Oleh karena itu, utamakan menggunakan pakaian yang nyaman dan membantumu bergerak dengan bebas. Misalnya dengan menggunakan sneakers, memakai celana, serta membawa topi untuk konser outdoor

11. Jangan lupakan masker dan handsanitizer

Meskipun kasus covid-19 sudah semakin menurun dan kamu sudah melakukan vaksinasi, akan lebih baik jika kamu tetap menerapkan protokol kesehatan. Pakai selalu maskermu dan jangan ragu untuk membawa masker cadangan. Jangan lupa juga untuk membawa handsanitizer karena kamu akan berdekatan dan bersentuhan dengan banyak orang. 

12. Datang lebih awal di hari-H 

Terlambat saat menonton konser tentunya akan membuat momen yang harusnya menyenangkan menjadi menyebalkan. Belum lagi kamu jika kamu mengalami hal tidak terduga seperti salah venue dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagimu untuk tiba di lokasi 2 sampai 3 jam sebelum konser dimulai. 

13. Nikmati konser dan patuhi aturannya

Beberapa konser mungkin memiliki aturan khusus yang harus ditaati. Misalnya tidak boleh membawa kamera, tidak boleh mendekat ke panggung, atau tidak boleh merekam dan melakukan streaming. Pelanggaran untuk hal-hal tersebut mungkin bisa membuatmu dikeluarkan dari lokasi konser, jadi jangan lupa baca peraturan konsernya, ya! 

Nah, demikianlah 13 tips atau cara menonton konser sendiri agar tetap aman dan asik, khususnya bagi para pemula. Apakah kamu sudah siap untuk bertemu artis kesayangan dan menikmati penampilan mereka? Selamat bersenang-senang! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 4+ years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.