Pengertian Animasi 2D Lengkap Tipe & Teknik Membuatnya

animasi-2d

Berkembangnya zaman, membuat manusia-manusia semakin kreatif dalam menciptakan karya, salah satu wujudnya adalah animasi 2d. Kamu pasti udah nggak asing lagi dong dengan animasi 2d? Saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan animasi 2d, baik di layar kaca televisi maupun di ponselmu. Contoh animasi 2d yang paling dekat denganmu adalah film kartun, seperti Tom and Jerry, Doraemon, Naruto, Shinchan, dan lain-lain.

Buat kamu yang mungkin masih belum begitu mengenal animasi 2d atau animasi 2 dimensi, ikutin terus artikel ini, ya! Karena kamu akan dapetin informasi lengkap seputar animasi dua dimensi.

Animasi 2D

karakter-animasi-2d
Photo from Freepik

Kata animasi sendiri dalam KBBI diartikan sebagai acara televisi yang  berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak.

Untuk penjelasan mengenai pengertian animasi 2d pun tak jauh berbeda, animasi 2d merupakan merupakan animasi yang menggunakan sketsa gambar yang digerakkan satu persatu, sehingga akan tampak seperti nyata. Disebut animasi 2d karena memiliki elemen ukuran panjang (X-axis) dan (Y-axis). Tipe animasi ini hanya dapat dilihat tampak depannya saja karena tidak memiliki kedalaman atau (Z-axis).

Tipe Animasi 2D

Ada 2 tipe yang digunakan dalam membuat animasi 2d, yaitu tipe animasi cel dan path. Berikut penjelasan lengkapnya!

Animasi Cel

Tipe animasi cel ini berisi lembaran-lembaran di mana setiap cel memiliki satu objek yang nantinya akan disusun membentuk suatu kesatuan. Contoh animasi 2d dengan tipe cel ini dapat kamu pahami melalui jabaran berikut: Misalnya, ada beberapa animasi cel, yang berisi karakter utama, karakter pendukung, dan latar tempat. Kemudian, ketiga animasi tersebut disusun hingga saat diputar akan membentuk kesatuan.

Animasi Path

Berbeda dengan tipe animasi cel, animasi path ini membiarkan objek berada di garis lintasan yang sudah ditentukan. Dalam beberapa kondisi, tipe animasi yang satu ini seringkali diberi pengulangan sampai mencapai suatu kondisi tertentu.

Teknik Animasi 2D

Dalam membuat animasi 2d, ada teknik-teknik yang bisa digunakan. Teknik apa saja ya kira-kira? Check it out!

Teknik Sel

Teknik ini termasuk teknik animasi 2d klasik atau paling tua. Teknik sel disebut juga dengan teknik manual, di mana objek/gambar dibuat di atas lembaran transparan.

Teknik Computing 2D

Berbeda dengan teknik animasi sebelumnya yang masih manual, teknik computing 2d ini memanfaatkan daya teknologi. Pada teknik ini, perancangan model hingga pengisian suara dalam animasi, dapat dibuat menggunakan komputer.

Teknik Computing 3D

Teknik computing 3d digunakan untuk memunculkan kesan kedalaman pada objek atau animasi. Sehingga akan menimbulkan kesan objek yang semula 2 dimensi menjadi objek 3 dimensi yang dapat dibidik dari segala arah.

Teknik Bayangan

Yang terakhir tapi nggak kalah penting adalah teknik bayangan. Teknik bayangan ini memanfaatkan lempengan karton atau kulit untuk membuat figur animasi. Teknik ini biasanya menampilkan tokoh atau karakter animasi 2d dari samping sehingga gambar dapat terlihat lebih jelas.

So guys, itu dia penjelasan lengkap mengenai animasi 2d dan teknik-teknik yang digunakan! Jika kalian tertarik ingin menjadi seorang animator, terus latih dan kembangkan bakatmu dalam membuat animasi, ya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.