Arti “Ago” Bahasa Inggris dengan Cara Penggunaan dan Contoh Kalimat

ago-artinya

Kata ago dalam bahasa Inggris digunakan sebagai salah satu penjelas waktu.  Mungkin biasanya dalam grammar, kamu akan menemukan bagaimana keterangan waktu (masa lampau, masa kini, dan masa depan) dijelaskan melalui tenses-tenses yang digunakan. Namun, arti ago juga mengambil peran yang mampu menjelaskan salah satu keterangan waktu, yaitu di masa lampau.

Jika kamu sudah pernah mendengar atau menggunakan kata ago dalam percakapanmu, sekarang saatnya kamu mendalami pemahamanmu mengenai arti kata ago beserta penggunaan dan contoh kalimatnya. So, ikuti terus penjelasan dalam artikel berikut!

Pengertian Ago dalam Bahasa Inggris

ago
Photo from Freepik

Dilihat dari arti secara harfiah, kata ago artinya “yang lalu” atau “masa lampau”. Jadi sudah barang tentu bahwa kata ago ini selalu disandingkan dengan peristiwa-peristiwa di masa lalu.

Normal tenses yang digunakan untuk ago adalah simple past tense. Sebagai contoh, jika ada yang mengatakan “Rina went home one day ago”. Kata “went” dalam kalimat tersebut menandakan bahwa kalimat tersebut termasuk ke dalam simple past tense.

Beberapa kata yang memiliki arti sama dengan kata ago, yang juga menunjukkan suatu keterangan waktu di masa yang lampau adalah sebagai berikut 
1. ages ago
2. before
3. time was
4. since
5. back
6. from way back 

Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap? Yuk Bikin Akun Sekarang!

Penggunaan Ago

Setelah mengetahui penjelasan ago artinya, maka selanjutnya penting untuk mengetahui penggunaanya. Selain digunakan dalam kalimat simple past tense, ada beberapa penggunaan ago yang harus kamu ketahui. 

Selalu Mengikuti Expression of Time

Yap! Dalam penggunaanya, ago selalu mengikuti expression of time. Artinya adalah bahwa penggunaan “ago” untuk menunjukkan keterangan waktu dalam kalimat tidak dapat berdiri tanpa expression of time. Apa sih expression of time, itu? Ada banyak sekali contoh expression of time dalam bahasa Inggris, beberapa di antaranya adalah a day, a month, a while, dan a year.

Diikuti That Clause

Hal yang perlu dicatat pada poin ini adalah ago selalu diikuti oleh that clause bukan since clause. Jadi artinya, dalam kalimat yang terdiri dari dua klausa maka clause yang mengikuti kata ago adalah penjelas dari klausa sebelumnya. Sehingga that clause memang paling tepat menjadi klausa yang mengikuti “ago”.

Waktu Lampau yang Berkaitan dengan Masa Sekarang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ago artinya “yang lalu” “yang lampau”. Namun, penggunaan ago memiliki tolak ukur masa kini. Perhatikan contoh kalimat berikut, “Ilma went to Bali 3 years ago.” 

Keterangan waktu berupa 3 years ago artinya, menunjukan bahwa Ilma pergi ke bali 3 tahun lalu jika menggunakan tolak ukur tahun ini atau tahun sekarang. Namun, jika menggunakan tolak ukur tahun depan, maka akan menjadi 4 tahun yang lalu.

Itulah sebabnya ago digunakan untuk menerangkan waktu masa lampau yang masih berkaitan dengan masa sekarang.

Contoh Penggunaan Ago

Kumpulan kalimat Artinya
… years ago
… tahun yang lalu
… days ago … hari yang lalu
… months ago
… bulan yang lalu
two years ago
dua tahun yang lalu
long time ago
sudah lama sekali
hours ago
beberapa jam yang lalu
just left ten minutes ago
baru saja pergi sepuluh menit yang lalu
long long ago dahulu kala

 

Belajar Sendiri atau Bareng Temen, Kamu Bisa Pilih Sesuai Hati

Contoh Kalimat yang Menggunakan Ago

contoh-ago
Photo from Pixabay

Setelah memahami teorinya, mari lebih mengenal ago melalui contoh-contohnya!

  • Three years ago, Hans bought a house in Jakarta.
    (Tiga tahun lalu, Hans membeli rumah di jakarta.)
  • It was nine years ago that she left Indonesia.
    (Sembilan tahun lalu dia meninggalkan Indonesia.)
  • One year ago, I was still living in Paris.
    (Satu tahun yang lalu, aku masih tinggal di Paris.)
  • The last time I saw Dewi was a long time ago.
    (Terakhir kali aku bertemu Dewi sudah lama sekali.)
  • One week ago, Ariana didn’t go to school because she was sick.
    (Satu minggu lalu, Ariana tidak masuk sekolah karena sakit.)

Itu dia penjelasan mengenai arti ago dan cara penggunaanya lengkap beserta contohnya. Pelajari dan coba buat contohnya sendiri agar kamu selalu dapat menggunakan kata “ago” dengan tepat.

Belajar bahasa Inggris susah nggak sih? Jawaban dari pertanyaan itu tergantung. Tergantung siapa pengajar dan tempat belajarnya. Di Cakap, kamu bisa belajar bahasa Inggris online bersama teacher-teacher profesional dan berpengalaman. Dengan jam belajar yang fleksibel, dijamin belajar bahasa Inggris jadi lebih mudah dan menyenangkan!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat