10 Goals Kecil yang Bisa Kamu Capai Sebelum 2020

Tahun 2019 akan segera berakhir. Apapun pekerjaanmu, pasti ada kesenangan dan kesulitan yang dilalui. Mungkin kamu bertemu orang baru, berpisah dengan teman atau sahabat, belajar hal-hal baru, mendapatkan pengalaman berharga, menghadapi tatantangan besar, mengambil keputusan-keputusan sulit. Dan apapun yang kamu lalui, hal itu membuatmu lebih berkembang dan menjadi dirimu yang sekarang.

Di akhir tahun ini, kamu mungkin sudah memikirkan hal apa saja yang ingin kamu lakukan di 2020. Apa saja yang ingin kamu capai, perubahan apa yang ingin kamu lakukan, target-target dan impianmu sudah jelas terbayang di kepala.

Membuat rencana dan impian masa depan memang begitu menyenangkan. Ada begitu banyak peluang dan kemungkinan yang dapat terjadi. Namun jangan lupa untuk berefleksi pada apa saja yang sudah kamu lakukan di tahun ini.

Apakah kamu sudah mencapai goals dan resolusimu? Apakah ada hal yang belum saya capai dan masih bisa saya selesaikan sebelum tahun 2019 berakhir? Apakah diri saya sudah berkembang tahun ini? Berkembang yang seperti apa? Mungkin ada hal-hal yang kamu rencanakan di awal tahun 2019, tapi belum kamu kerjakan. Coba ambil waktu sejenak dan jawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Banyak orang menanti tahun baru untuk memulai kebiasaan baru. Tapi kamu bisa ambil langkah duluan dan melakukan hal-hal kecil yang bisa membantumu mencapai goal yang lebih besar di tahun 2020.

Berikut 10 goals kecil yang bisa kamu kerjakan sebelum tahun 2019 berakhir:

Minum lebih banyak air

source : giphy.com

Semua orang tahu minum air yang cukup itu penting untuk kesehatan tubuh. Tapi tahu bukan berarti melakukannya, bukan? Banyak orang yang lupa menjaga kesehatan mereka saat sibuk. Seharian duduk di depan komputer atau laptop mengurus hal ini itu membuatmu lupa untuk mengambil waktu sejenak untuk meregangkan tubuh dan ‘mengisi ulang’ cairan tubuh.

Padahal, cairan tubuh itu penting lho untuk menjaga fokus. Dehidrasi malah bakal bikin kamu sulit berkonsentrasi dan gak bisa berpikir optimal. Yang ada kerjaanmu malah makin numpuk! Biasakan minum air secukupnya.

Olahraga

Olahraga source: giphy.com

Mulai kebiasaan berolahraga itu sulit. Tapi percaya deh, kebiasaan ini bakal terasa manfaatnya baik ke kesehatan maupun mood kamu. Coba bangun 15-20 menit lebih awal dan luangkan waktu untuk olahraga di pagi hari. Atau kalau bangun pagi terlalu sulit buatmu, kamu bisa berolahraga setelah pulang kerja.

Sekarang ada banyak aplikasi olahraga gratis yang bisa menjadi panduan olahragamu. Jadi buat kamu yang budget-nya pas-pasan, gak perlu pergi ke tempat gym untuk berolahraga. Olahraga juga bisa meningkatkan fokus dan membuat mood jadi lebih baik lho.

Membangun kebiasaan tidur yang sehat

Membangun kebiasaan tidur yang sehat source: giphy.com

Siapa nih yang masih suka bergadang? Baik itu belajar, mengurus pekerjaan, ataupun sekadar main media sosial, terlalu sering beradang gak baik lho buat tubuh. Siklus tidur yang gak teratur bakal membuat kamu cepat lelah dan gak bersemangat.

Coba mulai atur jadwal tidur yang teratur. Usahakan untuk tidur 6-8 jam setiap harinya. Begitu pula dengan jam bangunmu. Selain lebih sehat, kamu juga gak perlu terburu-buru setiap pagi untuk berangkat sekolah atau kerja karena telat bangun. Dimulai ya kebiasaan baiknya.

Membereskan kamar

Membereskan kamar source: giphy.com

Diomelin nyokap melulu gara-gara kamar yang katanya kayak ‘kapal pecah’? Coba lihat kamar kamu. Banyak benda-benda berserakan gak? Ada ruang yang cukup untuk duduk dan rebahan? Masih bisa nulis di meja atau sudah penuh dengan tumpukan kertas?

Kamar yang berantakan bikin kamu jadi gak betah dan males ngapa-ngapain. Cari barang juga makin susah. Kalau lagi buru-buru yang ada malah bikin panik deh. Padahal beresin kamar gak susah kok. Kalau emang super berantakan, bisa dicicil dulu. Misalnya hari ini beresin kasur, besok meja belajar, besok lemari baju, dan seterusnya.

Sortir barang-barang yang masih kamu simpan dan yang kamu gak akan pakai lagi. Jangan didiemin aja. Yang ada nanti kamarmu selalu penuh. Baju yang udah gak terpakai dan buku-buku yang udah gak mau kamu baca bisa kamu sumbangkan agar lebih berguna.

Cek kesehatan

Cek kesehatan source: giphy.com

Jangan abaikan kesehatanmu. Walaupun masih muda, melakukan checkup secara berkala akan membuatmu lebih mengenali keadaan tubuhmu. Ini juga jadi salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kondisi tubuhmu, apakah keseluruhannya sehat atau tidak.

Daripada mengeluarkan uang yang banyak saat sudah jatuh sakit, lebih baik ambil langkah preventif bukan? Jangan abaikan kesehatanmu ya.

Baca buku

Baca buku pendek source: giphy.com

Niatnya sih tahun ini mau baca lebih banyak buku. Tapi kok sulit ya? Gak apa-apa. Masih ada kesempatan untuk memberi tanda centang pada goal yang satu ini. Kalau novel-novel tebal terlalu memakan waktu dan sulit diselesaikan, coba baca novel-novel singkat, kumpulan cerpen, buku puisi, atau majalah.

Jangan jadikan hal ini sebagai beban buatmu. Cari buku yang sesuai dengan passion atau hobimu. Jadikan membaca sebagai aktivitas yang menenangkan setelah seharian lelah bekerja. Luangkan waktu 10-15 menit untuk membaca buku sebelum tidur. Walaupun tinggal beberapa minggu menuju 2020, masih ada kesempatan untuk menambah ilmu baru!

Buat Budget

Buat Budget source: giphy.com

Buatnya sih gampang, ikutinnya yang susah! Bener gak? Kalau kamu udah biasa buat budget tapi masih suka kompromi alias gak ikutin budget yang kamu buat sendiri, coba periksa anggaranmu. Apa pengeluaran terbesarmu? Jajan? Belanja? Bensin? Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan anggaranmu untuk tahun depan.

Bagi yang belum pernah menyusun budget, coba mulai susun dari sekarang. Sederhana saja, gak perlu rumit-rumit. Catat pengeluaranmu, tentukan berapa persen dari gaji atau uang jajanmu yang ingin kamu tabung, berapa yang untuk kebutuhan sehari, dan berapa yang untuk belanja atau bersenang-senang. Dan yang paling penting, komitmen dengan budget yang sudah dibuat.

Update profile LinkedIn

Update profile LinkedIn source: giphy.com[/caption]

Penting nih terutama untuk kamu yang sudah di semester akhir perkuliahan atau baru saja lulus! Kamu sudah mendapatkan banyak pengalaman dan belajar keahlian-keahlian baru. Nah jangan lupa dong buat di-update di LinkedIn kamu jadi orang-orang bisa lihat perkembanganmu juga.

Siapa tau ada recruiter yang lagi mencari orang dan ketemu profil kamu? Kan sayang banget kalau kamu melewatkan kesempatan bagus cuma karena profilmu belum update. Ingat, personal branding itu penting.

Berbagi

Berbagi source: giphy.com

Udah dapet banyak kebaikan di tahun ini, jangan lupa dibagikan ke orang-orang sekitar yang lebih membutuhkan ya! Gak harus dalam jumlah besar kok. Bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti membagikan makanan ke satpam dekat rumah atau memberikan mainan bekas ke panti asuhan sekitar.

Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing source: giphy.com

Gak perlu tunggu tahun baru untuk mulai belajar bahasa asing. Kamu bisa mulai dari sekarang. Jadi sebelum tahun 2020, bertambah satu deh kemampuanmu. Tahun depan, tinggal dikembangkan lebih jauh lagi biar bisa fasih.

Kamu mau belajar bahasa apa? Bahasa Inggris? Bahasa Jepang? Atau Bahasa Mandarin? Bisa belajar di Cakap lho. Meningkatkan diri gak perlu tunggu awal tahun. Yuk buat tahun 2020-mu makin positif dengan mulai mengimplementasikan 10 goals di atas!

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google