10 Ucapan Hari Kartini dalam Bahasa Inggris yang Penuh Makna

ucapan-hari-kartini-dalam-bahasa-inggris

Kita sama-sama tahu bahwa R.A Kartini masuk ke dalam tokoh wanita paling berpengaruh di Indonesia. Kisah dan perjalanan hidupnya banyak ditulis oleh Sastrawan terkenal, salah satunya adalah novel Panggil Aku Kartini Saja yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer. tidak hanya itu, kutipan “Habis gelap terbitlah terang”, juga menjadi sebaris kalimat dari R.A Kartini yang amat terkenal dan hampir diketahui oleh semua masyarakat Indonesia. Memasuki bulan April, tepatnya pada tanggal 21, ada peringatan besar yang berkaitan dengan emansipasi wanita, yaitu Hari Kartini. Untuk turut menyambut dan merayakannya, kamu bisa saling berbagi ucapan Hari Kartini dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Table of Contents

Ucapan Hari Kartini dalam Bahasa Inggris

Alih-alih hanya mengucapkan “Happy Kartini’s Day!”, kamu bisa mengekspor lebih jauh kalimat-kalimat inspiratif dan penuh makna. Berikut ini ada beberapa rekomendasi ucapan Hari Kartini dalam bahasa Inggris.

(1) A real woman is a woman who has Kartini’s values in her. Happy Kartini’s Day!
(Wanita sejati adalah wanita yang memiliki nilai-nilai Kartini di dalam dirinya. Selamat Hari Kartini!)

(2) Happy Kartini Day 2023! Be an independent woman and you will know how beautiful life is without crawling on other people.
(Selamat Hari Kartini 2023! Jadilah wanita mandiri dan kau akan tahu alangkah indahnya kehidupan ini tanpa merangkak-rangkak pada orang lain).

(3) The best period in a person’s (woman’s) life is when she can use the freedom she has won for herself.
(Masa terbaik dalam hidup seseorang (wanita) adalah masa ia dapat menggunakan kebebasan yang telah direbutnya sendiri). –Pramoedya Ananta Toer.

(4) Happy Kartini’s Day! A woman should be two things: classy and fabulous. –Coco Chanel
(selamat Hari Kartini! Seorang perempuan harus menjadi dua hal: berkelas dan luar biasa).

(5) As Kartini did, women must have the courage to speak up and express themselves! Happy celebrating Kartini Day 2023!
(Seperti Kartini, perempuan harus berani bersuara dan mengekspresikan diri! Selamat merayakan Hari Kartini 2023!)

(6) Happy Kartini’s Day! Being a good woman is not enough. You must shine, have character, and be able to stand on your own two feet.
(Selamat Hari Kartini! Jadi perempuan yang baik saja tidak cukup. Kamu harus bersinar, berkarakter, dan mampu berdiri di atas kaki sendiri).

(7) Be a smart woman, don’t stop learning, don’t want to be a slave to stupidity.
(Jadilah wanita pintar, jangan berhenti belajar, jangan mau jadi budak kebodohan). 

(8) Happy Kartini Day to all Indonesian women. Remember, you are great, you are valuable!
(Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Ingat, kamu hebat, kamu berharga!)

(9) The screen has been developed, go ahead and move on without fear, Indonesian women!
(Layar telah terkembang, maju dan melajulah tanpa gentar para perempuan Indonesia!) 

(10) Break free from the shackles of science alienation. Empower many people by being a cultured woman. I wish you a happy Kartini Day 2023!


(Bebaskan diri dari keterasingan ilmu. Memberdayakan banyak orang dengan menjadi wanita yang berbudaya. Saya mengucapkan selamat Hari Kartini 2023!)

Kegiatan Menarik untuk Merayakan Hari Kartini

Hanya berbagi ucapan Hari Kartini saja rasanya tidak cukup, momen spesial ini seharusnya bisa diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih untuk merayakan Hari Kartini.

(1) Menggunakan Kebaya

Perayaan Hari Kartini selalu identik dengan kebaya. Hal ini dikarenakan Kartini dekat dengan kebaya semasa hidupnya, beliau selalu mengenakan kebaya. Bahkan ada kebaya yang dinamakan dengan Kebaya Kartini. Pakaian tradisional ini merepresentasikan inklusivitas dan humility. 

(2) Mengikuti Lomba Fashion Show

Di sekolah-sekolah, biasanya mengadakan acara lomba fashion show khusus untuk memperingati Hari Kartini. Para peserta lomba beradu gaya dan busana di atas karpet fashion show. Biasanya acara fashion show dilakukan secara berpasangan, perempuan dan laki-laki. Anak perempuan mengenakan kebaya, sedangkan anak laki-laki biasanya mengenakan beskap atau batik.

(3) Karnaval

Karnaval menjadi kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Hari Kartini. Kegiatan ini umumnya dilakukan ramai-ramai antar sekolah atau bahkan beberapa kelompok masyarakat yang berjalan kaki dan berkeliling. Di acara pawai ini, pastikan untuk mengenakan dress code yang sesuai ya, Sobat Cakap!

(4) Menonton Film Kartini

Dunia perfilman Indonesia kerap mengangkat kisah pahlawan ke layar lebar, salah satunya adalah kisah perjalanan hidup R.A Kartini. Film yang dirilis pada tahun 2017 ini diperankan oleh Dian Sastro, Acha Septriasa, Ayushita, Adinia Wirasti, dan masih banyak lainnya. Untuk merayakan Hari Kartini tahun ini, kamu bisa menonton film sejarah Kartini ini di platform Netflix.

Itu dia berbagai ucapan Hari Kartini dalam bahasa Inggris dan beberapa saran kegiatan yang bisa kamu lakukan di Hari Kartini. So, sekarang kamu jadi lebih siap deh menyambut 21 April dengan semangat dan inspirasi Kartini!

 

Baca juga:

 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.