Apa itu Hari Aksara Internasional? Ayo Kenal Lebih Dalam!

hari aksara internasional

Pada tanggal 8 September, setiap negara di dunia merayakan Hari Aksara Internasional. Namun, engga banyak nih yang aware sama hari penting satu ini. Padahal, Indonesia pernah lho jadi pemenang salah satu penghargaan bergengsi dunia pada Hari Aksara Internasional.

Makin penasaran? So without further ado, yuk kenalan sama Hari Aksara Internasional!

Apa itu Hari Aksara Internasional?

source: giphy.com

Hari Aksara Internasional adalah peringatan yang dicanangkan oleh UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada Konferensi Umum UNESCO ke-14 tahun 1966.

Mengapa ada Hari Aksara Internasional? Interesting question! Jadi back in the day, jumlah buta aksara atau buta huruf di dunia sangat mengkhawatirkan. Bahkan banyak laki-laki dan perempuan yang engga punya pengetahuan dasar membaca.

Oleh karena itu, UNESCO mencanangkan tanggal 8 september sebagai Hari Aksara Internasional. Harapannya dapat meningkatkan awareness warga dunia untuk memberantas buta huruf.

Baca juga: Hanja, Aksara Korea dari Tiongkok

Perayaan Tahunan Hari Aksara Internasional

source: giphy.com

Tiap tahunnya pada tanggal 8 september, UNESCO dan Kemendikbud menyelenggarakan perayaan tahunan dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional. Ada perayaan apa aja sih?

UNESCO

Pada tahun 2020, dunia sedang berperang melawan penyakit Covid-19. Maka dari itu, tahun ini UNESCO mengangkat tema “Literacy Teaching and Learning in the Covid-19 Crisis and Beyond”.

Dilansir dari UNESCO, tema ini diangkat karena Covid-19 berdampak pada berbagai sektor salah satunya sektor pendidikan. Pada Hari Aksara Internasional 2020, UNESCO menyoroti perubahan sistem pendidikan dalam masa pandemi.

Tahun ini segalanya menjadi virtual ya? Bukan hanya kelas kamu aja yang virtual. UNESCO juga akan menggelar konferensi virtual untuk mendiskusikan sistem pendidikan yang inovatif dan efektif di era pasca Covid-19.

Susah Belajar Bahasa Asing Online?

Yuk Belajar di Cakap, Belajar Online Jadi Lebih Mudah

Tiap tahunnya juga UNESCO selalu memberikan pengharagaan dalam rangka Hari Aksara Internasional. Nah, pengumuman pemenang penghargaan juga akan diumumkan secara virtual, guys! 

Ada 2 penghargaan UNESCO dalam Hari Aksara Internasional 2020, kepo gak? Berikut ini 2 penghargaan UNESCO serta penjelasannya:

  • King Sejong Literacy Prize
    King Sejong Literacy Prize telah ada sejak tahun 1989. Dengan dukungan dari Pemerintah Republik Korea, tiiap tahunnya ada 2 pemenang yang akan mendapatkan 20.000 USD, silver medal, dan sertifikat.

    Tujuan dari King Sejong Literacy Prize adalah memberikan apresiasi atas upaya institusi, organisasi, atau individu yang berkontribusi untuk mengembangkan bahasa ibu. Penghargaan ini juga bentuk apresiasi terhadap upaya King Sejong yang menemukan alphabet Korea.
  • Confucius Prize for Literacy
    Confucius Prize for Literacy jauh lebih muda dari penghargaan King Sejong. Penghargaan ini baru ada pada tahun 2005 dengan dukungan dana dari Pemerintah Republik Rakyat Cina. Nah, Indonesia pada tahun 2019 pernah memenangkan penghargaan berharga ini lho!

    Tiap tahunnya ada 3 pemenang yang akan mendapatkan 20.000 USD serta kunjungan pendidikan ke Negeri Tirai Bambu. Tujuan dari penghargaan ini adalah mengapresiasi upaya organisasi atau individu yang berkontribusi untuk memberantas buta huruf pada orang dewasa di pedesaan dan remaja yang putus sekolah, terutama perempuan.

Punya Jiwa Kompetitif?

Ayo Coba Buktikan di Cakap Quiz!

Kemendikbud

Pada peringatan Hari Aksara Internasional, Indonesia juga turut merayakan. Pada tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan dua acara yaitu Festival Literasi Indonesia dan Serambi Literasi.

Sama halnya seperti UNESCO, Kemendikbud juga memberikan pengharagaan dalam rangka Hari Aksara Internasional. Penghargaan yang bernama Anugerah Aksara bagi Pegiat Pendidikan Keaksaraan diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada institusi atau individu yang telah kasih kontribusi untuk memberantas buta huruf di daerahnya.

Nah itu dia penjelasan tentang Hari Aksara Internasional yang dirayakan tiap tanggal 8 September. Kamu juga bisa loh berpartisipasi untuk memberantas buta huruf!

Hari Aksara Internasional engga berhenti sampai membaca huruf aja, guys. Setelah bisa membaca huruf pastinya perlu kemampuan berbahasa yang baik. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang, engga cukup cuma paham satu bahasa aja.

Oleh karena itu, kamu perlu belajar bahasa Inggris karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional. Kalau gak mau ribet, kamu bisa belajar bahasa Inggris di Cakap. Belajar di Cakap semua langsung di smartphone, jadi praktis banget!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google