20 Ucapan Hari Anak Nasional Lengkap dengan Sejarahnya

ucapan-selamat-hari-anak-nasional

Happy Children’s Day! Setiap anak unik, terlepas dari warna kulit, kepercayaan, dan asal-usul mereka. Anak-anak adalah generasi ulung penerus bangsa. Hari Anak Nasional menjadi bentuk a day of love for kids yang nyata, khususnya untuk para anak Indonesia. Hari spesial yang didedikasikan untuk anak-anak ini selalu dirayakan setiap tanggal 23 Juli. Momen hari anak adalah saat yang tepat untuk mengungkapkan cinta dan kasih sayang pada mereka melalui pesan dan kata-kata. Berikut ini ada beberapa ucapan Hari Anak Nasional lengkap dengan sejarahnya!

Sejarah dan Esensi Hari Anak Nasional

Tidak hanya merayakan Hari Anak Internasional, Indonesia juga memiliki perayaan Hari Anak Nasional. Momentum ini digunakan menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh masyarakat untuk dapat memenuhi hak-hak anak. 

Gagasan Hari Anak Nasional atau dikenal juga dengan HAN pertama kali diusungkan pada tahun 1951 di acara Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Kongres tersebut sepakat untuk memperingati Pekan Kanak-Kanak setiap tanggal 18 Mei. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada 1953, Kowani mengubah tanggal peringatan Hari Kanak-Kanak Indonesia menjadi tanggal 1-3 Juli. Perubahan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan bersama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak sampai disitu, tanggal peringatan Hari Kanak-Kanak terus berubah. Setidaknya ada 5 kali perubahan tanggal sebelum akhirnya nama Hari Kanak-Kanak pun diganti menjadi Hari Anak Nasional dan diresmikan melalui Keputusan Presiden RI No. 4 tahun 1984. Sejak saat itu ditetapkanlah tanggal 23 Juli sebagai peringatan Hari Anak Nasional secara permanen dan dirayakan setiap tahun hingga kini.

Tepat di tahun 2023 ini, Peringatan Hari Anak Nasional akan dirayakan dengan tema “Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak”.

Ucapan Hari Anak Nasional

Setelah mengetahui sejarah singkat Hari Anak Nasional, saatnya merayakannya dengan memberikan pesan, harapan, dan ucapan Hari Anak Nasional yang paling menginspirasi untuk anak-anak Indonesia! 

Di bawah ini terdapat 20 ucapan Hari Anak Nasional bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang bisa menjadi referensimu.

Ucapan Hari Anak Nasional Bahasa Inggris

Berikut beberapa ucapan Hari Anak Nasional bahasa Inggris; 

(1) Children’s Day is lovely in every way. Wishing every child around the globe a delighted children’s day.

(2) Happy Children’s Day! Enjoy your time to the fullest today!

(3) Children are the apples of the eye because they are so adorable and innocent. Cheers to kids today!

(4) Every kid is unique and different. Let’s make their childhood special. Good luck on Children’s Day!

(5) Warm wishes on National Children’s Day. May the pure souls of children improve the state of this planet.

(6) Every child is a star. Here’s wishing all the shining stars across the globe a very Happy Universal Children’s Day!

(7) Have a joyful children’s day.

(8) Children are God’s representatives on earth. So, love and take care of them. Have a joyful children’s day.

(9) You can be a scientist or a dentist. You also can be an astronaut or an author. Just be who you want to be! Happy National Children’s Day.

(10) Wishing every youngster around this country a happy National Children’s Day!

Ucapan Hari Anak Nasional Bahasa Indonesia

Buat kamu yang ingin memberikan ucapan Hari Anak Nasional bahasa Indonesia, berikut beberapa rekomendasi ucapan yang bisa kamu bagikan;

(1) Masa kecil adalah bagian terbaik dari kehidupan banyak orang. Di Hari Anak Nasional ini semoga tidak ada anak yang melewatkan kegembiraan masa kecilnya.

(2) Selamat Hari Anak Nasional! Kamu berharga dan pantas mendapatkan semua kebahagiaan yang ada di dunia.

(3) Anak-anak adalah titik jiwa yang murni, jadi apa mereka nantinya, tergantung bagaimana cara kita mendidiknya. Selamat Hari Anak Nasional!

(4) Setiap anak istimewa, mereka berharga, maka dari itu sayangi mereka agar selalu merasa berharga Selamat Hari Anak Nasional

(5) Selamat Hari Anak Nasional. Jadilah seperti bunga dandelion yang selalu dikaitkan dengan aspek keberanian dan kebahagiaan.

(6) Anak-anak adalah alasan kebahagiaan di hari ini dan harapan di masa depan. Salam hangat untuk seluruh anak di Indonesia!

(7) Selamat Hari Anak Nasional! Satu senyuman anak Indonesia begitu berharga, semoga senyuman indah tidak pernah meninggalkan bibirnya.

(8) Tidak hanya sebagai pelipur lara, anak-anak juga bisa menjadi alasan dunia ini lebih bermakna. Salam hangat untukmu yang merayakan Hari Anak Nasional!

(9) Selamat Hari Anak Nasional untuk putra-putri Indonesia. Kalian adalah para calon cendekia yang sesungguhnya.

(10) Kau tahu? Anak-anak bagaikan rembang matahari yang menyapu jagat, cahayanya membuat alam hidup. Selamat Hari Anak Nasional! 

Kegiatan Seru untuk Merayakan Hari Anak Nasional

Jangan lewatkan momentum Hari Anak Nasional dengan hanya berdiam diri. Yuk, ajak anak-anak melakukan kegiatan seru berikut di hari spesial ini!

(1) Menonton Film Bersama

Movie marathon bisa menjadi pilihan kegiatan seru yang bisa dilakukan di Hari Anak Nasional. Ini adalah cara paling tepat untuk bersantai dan bersenang-senang bersama anak. Lakukan dengan cara yang lebih kreatif, misalnya dengan membuat movie corner yang nyaman, lengkapi dengan selimut, bantal, fasilitas penunjang lainnya.

Agar lebih mengasyikkan, sediakan juga berondong jagung yang lezat untuk jadi camilan saat nobar. Nikmati Hari Anak Nasional kali ini dan biarkan keajaiban semantik membuat anak-anak bertualang di film favoritnya.

(2) Melakukan Donasi untuk Anak-Anak

Salah satu cara terbaik untuk merayakan Hari Anak Nasional adalah melakukan donasi dan membawa anak untuk mengunjungi beberapa tempat berdonasi yang tepat, seperti panti asuhan. Merayakan Hari Anak Nasional bersama anak-anak yang kurang mampu dengan memberikan donasi atau pun hadiah untuk anak-anak ini akan sangat berarti bagi mereka. 

Kegiatan ini akan menumbuhkan jiwa berbagi pada anak dan tentunya menambah pengalaman berharga pula.

(3) Menghadiri Acara Spesial

Biasanya, kalau ada hari perayaan atau peringatan selalu ada event-event menarik yang bisa dikunjungi. Para orang tua bisa mengajak anak untuk menghadiri acara tersebut dan membiarkan anak melakukan hal-hal seru di dalamnya. Biasanya ada banyak juga lomba-lomba yang bisa diikuti.

Itu dia 20 ucapan Hari Anak Nasional lengkap dengan bahasan sejarah dan tips merayakannya. Jangan lupa untuk merayakan HAN tahun ini ya, Sobat Cakap!

Referensi;

  • Bestmessage.org
  • Kemenppa.go.id
  • Rupa-rupa.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.