12 Rekomendasi Hadiah untuk Anak SD dan Manfaatnya

hadiah-ulang-tahun-anak

Hadiah bisa menjadi wujud apresiasi nyata dan kenangan yang bisa disimpan oleh anak di masa kecilnya. Memberikan hadiah untuk anak SD atau anak usia sekolah tidak hanya berpaku pada momen-momen penting, seperti momen ulang tahun anak, kenaikan kelas, atau saat anak meraih prestasi saja. Hadiah bisa diberikan kapan saja dengan atau tanpa alasan.

Memberikan hadiah pada anak memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menambah motivasi dan semangat pada anak. Lantas, apa saja ya rekomendasi hadiah yang cocok dan bermanfaat untuk mereka? Simak penjelasan berikut!

Manfaat Memberikan Hadiah untuk Anak SD

Memberikan hadiah untuk anak SD bisa mendatangkan berbagai manfaat positif. Di bawah ini beberapa hal baik yang muncul ketika anak diberi hadiah yang tepat. Check this out!

1. Meningkatkan Kebahagiaan Anak

Siapa sih yang nggak seneng kalau dikasih hadiah? Apalagi hadiahnya berupa benda atau hal yang selama ini diinginkan. Proses pemberian hadiah oleh orang tersayang bisa meningkatkan kebahagiaan anak karena mereka akan merasa spesial dan berharga.

2. Menambah Motivasi dan Semangat Anak

Hadiah juga bisa menjadi sumber motivasi dan semangat anak apalagi kalau hal ini berkaitan dengan prestasi dan pelajaran akademik. Beberapa orang tua bisanya memberikan apresiasi ketika anak berhasil meraih prestasi atau sekedar saat mereka naik kelas. Nah dengan begitu, anak akan lebih termotivasi untuk mendapatkan prestasi-prestasi selanjutnya.

3. Mempererat Hubungan Orang tua dan Anak

Hubungan antara anak dan orang tua merupakan hubungan alamiah yang tidak dapat terpisah. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak agar semakin hangat dan harmonis adalah dengan memberikan kado atau hadiah. Meskipun menunjukkan rasa cinta bisa dengan cara apa saja, tetapi hadiah bisa menjelma menjadi wujud nyata dari rasa cinta yang diberikan antar orang tua dan anak.

4. Memupuk Jiwa Berbagi si Kecil

Manfaat memberikan hadiah untuk anak SD yang terakhir adalah dapat memupuk jiwa berbagi si Kecil. Memberikan hadiah pada anak tidak hanya berarti menerima, namun juga mengajarkan anak untuk bisa memberi dan berbagi. Secara tidak langsung mereka akan merekam tindakan orang tua yang suka memberi, sehingga anak juga belajar menjadi pribadi yang murah hati nantinya.     

Les Bahasa Inggris Untuk Anak dengan Tutor Asyik dan Menyenangkan. Yuk Gabung!

Rekomendasi Hadiah untuk Anak SD atau Anak Sekolah

Buat Moms & Dads yang dalam waktu dekat akan memberikan hadiah untuk anak, 12 ide hadiah ulang tahun untuk anak ini bisa jadi pilihan!

1. Sepeda

Sepeda adalah salah satu benda yang cocok dihadirkan sebagai teman masa kecil anak. Hadiah untuk anak SD ini cocok untuk anak perempuan dan laki-laki. Moms & Dads mungkin bisa membeli sepeda dengan cara menyesuaikan warna, jika ingin membeli sepeda untuk anak perempuan, mungkin warna pastel atau warna pink akan bagus. 

2. Tas Sekolah

Tas sekolah merupakan salah satu hadiah untuk anak SD yang bisa diberikan ketika berganti tahun ajaran baru. Biasanya tas sekolah diberikan ketika dia pertama kali akan masuk sekolah baik itu TK, SD, SMP hingga SMA. Tas sekolah juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan sang anak. Biasanya, tas sekolah memiliki ragam fungsi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

3. Skuter

Skuter merupakan salah satu hadiah yang sangat disukai oleh anak SD. Selain bisa digunakan untuk bermain, hadiah ini juga bisa digunakan untuk olahraga sang anak. Skuter biasanya diberikan ketika sang anak berhasil meraih suatu pencapaian yang tinggi, seperti juara kelas atau bisa juga menang lomba. Tren skuter anak juga terus berkembang.

4.Kotak Makan

Kotak makan adalah salah satu hadiah yang juga kerap kali diberikan kepada sang anak di mana secara fungsi, kotak makan tentu berguna bagi sang anak agar terbiasa membawa bekal ke sekolah. Kotak makan memiliki desain yang beragam dan fungsi yang berbeda. Dari kotak makan tersebut juga sang anak bisa belajar untuk berbagi dengan teman-temannya yang lain.

5. Jam Tangan

Jam tangan merupakan hadiah yang paling jarang dipilih oleh orang tua ketika menghadiahkan anaknya. Secara fungsi, jam tangan anak dapat memberikan kesan tambahan anak menjadi lebih stylish dan keren. Jam tangan anak juga memiliki desain yang beragam dan dapat disesuaikan dengan selera anaknya masing-masing.

6. Alat Musik

hadiah-ulang-tahun-anak-perempuan

Memberikan hadiah ulang tahun untuk anak berupa alat musik sangat bagus untuk mengembangkan seni bermusik pada diri mereka. Dengan alat musik, anak akan belajar nada, suara, dan hal lainnya yang saling beresonansi. Hadiah ini cocok diberikan saat anak masuk SD karena di sekolah biasanya anak sudah mulai diajarkan alat musik sederhana.

7. Playdough

Playdough atau juga familiar dikenal dengan lilin mainan bisa juga jadi pilihan hadiah untuk anak perempuan dan laki-laki. Bermain playdough akan menumbuhkan kreativitas anak. Mereka akan belajar dan berpikir untuk membuat bentuk-bentuk lucu dari lilin mainan itu. Selain itu, bermain lilin mainan juga dapat membuat anak-anak lebih tenang lho, Moms.

8. Mainan Kitchen Set

Mainan kitchen set ini cocok banget diberikan sebagai hadiah tahun untuk anak SD khususnya untuk anak perempuan. Sebagian besar anak perempuan suka main masak-masakan. Jika anak diberi hadiah seperangkat mainan masak-masakan, mereka pasti happy banget, Moms!

9. Seperangkat Alat Gambar

Anak-anak pasti sangat menyukai corat-coret di atas kertas. Arahkan hal yang mereka sukai ke tempat yang tepat. Beri anak-anak hadiah ulang tahun berupa seperangkat alat gambar lengkap dengan buku dan pensil warnanya. Dengan begitu, mereka akan menuangkan kreativitas mereka melalui gambar dan warna-warna yang mereka pilih.

10. Balok Susun

Balok susun bisa menjadi pilihan hadiah untuk anak perempuan dan laki-laki selanjutnya. Sejauh ini, mainan balok susun yang paling banyak dikenal adalah Lego. Memainkan dan menyusun balok susun akan menjadi momen menyenangkan bagi anak. Selain itu, permainan ini juga melatih perkembangan motorik dan konsistensi anak.

11. Sepatu

Sepatu menjadi salah satu hal yang wajib diberikan sebagai hadiah untuk anak SD, terlebih jika mereka baru akan masuk sekolah. Di mana fungsi sepatu tersebut juga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk sekolah atau untuk sekedar jalan-jalan ke luar rumah. Terdapat beragam merk sepatu mulai dari sepatu olahraga, sepatu sekolah, hingga sneakers yang cocok digunakan oleh sang anak.

12. Buku Cerita

Buku cerita adalah hadiah yang tepat untuk anak. Di usia belia, sangat bagus untuk memberikan buku anak dan membacakan ceritanya sebelum tidur. Ada segudang manfaat yang dibawa oleh buku cerita anak. Dari buku-buku itu, anak akan belajar membaca, membangun imajinasi, dan mendapat banyak pengetahuan baru.

Akan lebih baik lagi jika buku cerita yang dihadiahkan merupakan buku cerita berbahasa Inggris, hal ini akan membantu anak belajar bahasa Inggris lebih mudah. Terlebih bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk dipelajari. Agar bahasa Inggris anak lebih jago, selain memberikan buku cerita berbahasa Inggris Moms and Dads juga bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti placement test dan kursus bahasa Inggris anak di Cakap.

Nah Moms, 12 ide hadiah untuk anak SD di atas sangat menarik, bukan? Moms & Dads bisa memilih satu dari 12 kado yang paling tepat dan paling dibutuhkan si Kecil saat ini.

Parenting Lyfe Club hanya di Cakap

Biar nggak ketinggalan info seputar parenting, yuk join Parents Lyfe Club! Di sana Moms & Dads bisa belajar banyak tips-tips parenting yang bermanfaat dan penting.

Referensi:
-ibudanbalita.com
-lifeasmom.com

Baca Juga:

 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.