11 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan, Pasti Cepat Terkumpul!

Mengumpulkan uang 1 juta per bulan memang susah-susah gampang. Bagi kamu yang gemar belanja, pasti membutuhkan effort lebih untuk menghemat. Kabar baiknya, CAKAP memiliki beberapa tips menabung 1 juta per bulan yang bisa kamu coba.

Menabung bukanlah hal yang sulit jika kamu memiliki tujuan yang pasti dan tahu bagaimana cara mengelola uang tersebut. Selain untuk mewujudkan sesuatu, menabung juga akan melatih seseorang untuk tidak konsumtif.

Ada banyak keuntungan menabung yang bisa kamu dapatkan dengan membiasakannya sejak dini. Bukan hanya berguna untuk saat ini, tetapi akan terasa hingga kemudian hari. Meski tidak memiliki gaji tinggi, bukan berarti kamu tidak bisa menabung, lho!

Berhasil atau tidaknya kamu dalam menabung, pada dasarnya semua itu tergantung dari niat. Jika kamu mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulan, tak menutup kemungkinan kamu masih bisa menyisihkan uang untuk menabung. 

Keinginan untuk menabung sering kali dipatahkan dengan segala godaan di depan mata, terlebih kini kamu bisa belanja secara mudah melalui e-commerce. Belum lagi didukung dengan mobile banking yang membuatmu semakin gampang untuk bertransaksi.

Selain itu, kita semua mengakui bahwa harga kebutuhan semakin hari semakin naik. Lalu, gimana sih caranya biar kamu bisa menabung 1 juta per bulannya sementara harga kebutuhan juga semakin tinggi. Jangan khawatir, yuk langsung saja simak tips selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Menabung sejuta dalam sebulan bukanlah hal yang mustahil. Kuncinya adalah memiliki strategi pengelolaan uang yang baik dan bisa menahan pembelian barang-barang yang kurang penting. Selain itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menetapkan Tujuan

Tips menabung 1 juta per bulan yang pertama adalah menetapkan tujuan menabung. Anggap saja tujuan utama kamu adalah menabung Rp1 juta setiap bulan untuk masa depan. Jika menyisihkan sekaligus terasa berat, kamu dapat memecahnya menjadi beberapa episode menabung. Misalnya Rp250 ribu setiap minggu atau Rp500 ribu setiap dua minggu. Bahkan, kamu juga bisa menabung  dengan jumlah  berbeda setiap harinya, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp30 ribu.

2. Memanfaatkan Transportasi Umum

Cara selanjutnya untuk menghemat satu juta sebulan adalah dengan menggunakan transportasi umum. Kemungkinan, tips ini cukup sulit diterapkan, terutama bagi kamu yang terbiasa bepergian dengan kendaraan pribadi. 

Namun, tidak ada salahnya mengambil inisiatif ini, karena nantinya kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan kendaraan pribadi seperti BBM dan biaya parkir. Sisa uang yang biasa kamu keluarkan nantinya bisa dimasukkan ke dalam tabungan yang berbeda, seperti tabungan anak atau pensiun.

3. Membuat Catatan Finansial

Freepik

Jangan lupa untuk melakukan pembukuan keuangan bulanan. Tips ini akan memudahkan pengelolaan dana dan pengeluaran harian kamu. Manajemen keuangan yang baik tidak hanya memungkinkan kamu menghemat uang tetapi juga mencegah pemborosan atau sifat konsumtif.

4. Mulai Berhemat

Hidup hemat adalah hal mendasar yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan finansial kamu. Hidup hemat sebenarnya cukup sederhana dan dapat diterapkan oleh siapa saja. Contoh sederhananya adalah dengan menahan pengeluaran-pengeluaran yang dianggap penting dan perlu dalam keseharian kamu, agar penghasilan tidak terbuang sia-sia.

5. Membuat Rekening Khusus Tabungan

Tips menabung 1 juta per bulan yang efektif untuk dilakukan adalah dengan membuka rekening khusus tabungan. Selain lebih aman, hal ini juga secara tidak langsung membuat kamu lebih disiplin dalam mengelola keuangan. 

Setoran pertama untuk membuka rekening bank juga tidak terlalu besar lho, bahkan mulai dari Rp50 ribu saja. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk membuka deposito jika memiliki tabungan yang cukup. Dengan begitu kamu tidak akan bisa menarik tabungan lebih awal.

Baca juga : Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta agar Bisa Menabung dan Efektif

6. Mengatur Alokasi Pendapatan Per Bulan

Jika kamu mengetahui rata-rata pengeluaran bulanan, kamu bisa mengalokasikan gajimu ke hal-hal yang lebih bermanfaat. Pembagian atau pengalokasian gaji bisa menjadi tolak ukur agar kamu bisa mengatur keuangan dengan optimal. 

Kamu dapat membagi penghasilan bulanan kamu menggunakan metode 50/30/20. Cara ini sangat efektif dalam mengatur pendapatan bulanan kamu guna menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Dengan cara ini, upayamu untuk menabung akan berhasil meski dengan gaji 1 juta per bulan.

7. Investasi

Selain menabung, berinvestasi juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk menabung. Kamu bisa mulai dengan beberapa produk seperti reksa dana. Reksa dana adalah platform di mana dana gabungan dikumpulkan oleh investor kemudian secara kolektif berinvestasi dalam produk investasi pasar modal seperti sekuritas, obligasi, dan saham dengan membeli unit dana.

Namun, perlu kamu ingat bahwa investasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ya. Usahakan untuk berkonsultasi dengan profesional atau bertanya kepada teman yang menguasai bidang ini. Jangan sampai kamu cuma ikut-ikutan kalau nggak mau rugi.

8. Mengurangi Bepergian ke Luar Rumah

Freepik

Cara menabung 1 juta per bulan berikutnya adalah membatasi hangout dengan kerabat atau teman. Tidak ada salahnya kamu bermain bersama teman-teman. Bahkan, aktivitas ini juga penting dilakukan untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari, seperti bekerja. Meskipun demikian, akan lebih baik jika kamu membatasi aktivitas ini. Karena jika tidak, nantinya kamu akan terus mengeluarkan uang dan tujuan menabung sulit tercapai.

9. Menyisihkan Uang di Awal

Hal penting lain yang perlu kamu lakukan jika ingin menabung sejuta dalam sebulan adalah menyisihkan uang di awal. Jika kamu terbiasa menabung di akhir bulan, kini kamu bisa mencobanya di awal bulan. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus merencanakan alokasi keuangan setelahnya sekaligus lebih mudah untuk mengontrolnya.

10. Membawa Bekal

Tanpa disadari, kebiasaan makan siang di luar bisa menghabiskan banyak uang lho, apalagi jika kamu tidak terbiasa menolak ajakan teman atau rekan kerja. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menolak ajakan makan siang di luar. Ini Sebagai gantinya, kamu bisa membawa bekal dari rumah. Selain hemat, tips ini juga membantumu menjadi lebih sehat. 

11. Mengoptimalkan Penghasilan Tambahan

Terakhir, mencari penghasilan tambahan juga merupakan cara menabung 1 juta perbulan yang banyak dipraktikkan oleh para pekerja keras akhir-akhir ini. Mendapatkan penghasilan tambahan adalah langkah yang cukup efektif jika menurut kamu gaji bulanan kamu masih dibawah rata-rata. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan di  waktu senggang, mulai dari memulai bisnis online hingga menjadi freelance atau vlogger.

Nah, itu dia beberapa tips menabung 1 juta per bulan yang bisa kamu terapkan. Untuk mendapatkan angka 1 juta per bulan, kamu dapat mengoptimalkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan memprioritaskan, mendistribusikan gaji yang tepat, melacak semua pengeluaran, menabung, dan berinvestasi.

Nah, biar kamu lebih paham dalam mengelola keuangan, ikuti kelas Cermat Mengelola Keuangan untuk Pekerja Dengan Upah Harian dari Cakap Upskill. Melalui kursus online bersertifikat ini kamu akan belajar tentang cara melakukan pengelolaan uang pribadi. Yuk ikuti sekarang juga!

Referensi

  • bmoney.com
  • tanamduit.com
  • akseleran.com 

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap