Stellar Power Accelerator 2022 Umumkan Pemenang Modal Bisnis Rp60 Juta

stellar awarding night
Stellar Power Accelerator 2022 Umumkan Pemenang Modal Bisnis Rp60 Juta

Stellar Power Accelerator Powered by L’Oreal Paris akhirnya mencapai acara puncak setelah melewati 8 minggu masa pembelajaran. Program ini dimulai dengan proses kurasi yang diikuti lebih dari 100 tim dengan hanya 7 yang berhasil menjadi finalis dalam Demo Day. Setelah berbagai pertimbangan dan penilaian, akhirnya terpilih lah 3 juara terbaik sebagai pemenang yang diumumkan dalam Awarding Night pada tanggal 15 Maret lalu. 

Samira Shihab selaku Cofounder dari Stellar Women mengatakan bahwa ia sangat senang dengan semakin banyaknya perempuan pengusaha yang memperkaya pengetahuan serta jejaring mereka dalam mengembangkan bisnis. 

“Bersama Loreal paris kita bersama-sama memberikan dukungan langsung berupa dana bisnis yang dapat digunakan untuk mereka mengembangkan bisnisnya lebih jauh,” ia menjelaskan. 

Beberapa faktor yang dijadikan penilaian dan pertimbangan sendiri antara lain adalah latar belakang permasalahan bisnis, unique selling point, pitching delivery, dan potensi pengembangan bisnis. Tiga bisnis yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah Logika Kids, Relink, dan Pasar Jasa yang akan mendapatkan pendanaan bisnis dengan total nilai Rp60 juta. 

stellar awarding night
Doc. Stellar Power Accelerator 2022

“Thank you Stellar Women and L’oreal Paris for organizing such an impactful event!” ungkap Dian Widjaja yang merupakan Cofounder dari Logika Kids, salah satu pemenang. Ia mengatakan bahwa ia dan peserta lainnya banyak belajar dari program ini dan berharap bahwa Logika Kids dapat bertumbuh bersama Stellar Women ke depannya. 

Selain tiga pemenang utama tersebut, L’oreal Paris juga menganugerahkan penghargaan kategori spesial yaitu Womenpreneur of Worth kepada Recycling Village. Penghargaan ini diberikan kepada perempuan pengusaha yang memiliki visi-misi bisnis dalam pemberdayaan, terutama komunitas perempuan. 

Maria Adina, Brand General Manager L’oreal paris mengatakan, “Visi Loreal paris untuk wanita Indonesia adalah untuk memperkuat self-worth atau harga diri yang menjadi kunci kontribusi untuk pemberdayaan perempuan.” Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan semangat “we are worth it” yang sudah dibawa oleh Loreal Paris selama 50 tahun. 

Dengan penghargaan Womenpreneur of Worth, Maria Adina berharap akan lebih banyak lai perempuan pengusaha yang memulai usaha tanpa perlu khawatir dengan batasan, termasuk modal. 

Recycling Village sendiri merupakan social enterprise yang memberdayakan ibu-ibu warga Desa Air Naningan dalam kegiatan produksi aksesoris handmade. Produk-produk yang diproduksi antara lain adalah tas, dompet, pouch, dan card holder yang terbuat dari sampah plastik hasil limbah rumah tangga di daerah tersebut. 

stellar-awarding night
Doc. Stellar Power Accelerator 2022

Awarding Night  Stellar Power Accelerator 2022 ini juga menghadirkan sosok perempuan inspiratif, Najwa Shihab, untuk memberikan pembelajaran dan inspirasi kepada para peserta. 

“Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan cenderung lebih sering menganggap rendah pencapaian diri yang telah mereka raih. Itulah mindset buruk yang harus kita bongkar,” ungkapannya. 

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa perempuan harus lebih banyak belajar dan mencari relasi pertemanan yang bisa menjadi support system yang sangat berharga dalam berbisnis. 

Dengan berakhirnya Stellar Power Accelerator, Stellar Women dan Loreal Paris berharap para wnita tidak hanya mendapat bekal materi, tetapi juga dapat menjalankan bisnis yang telah direncanakan. 

Aku merasa sangat bersyukur dan bangga atas perjalanan Stellar Power Accelerator. Karena sebagai perempuan dan womenpreneur aku percaya bahwa program ini sudah menjadi wadah yang tepat untuk bisa men-support sesama perempuan terutama dalam mengembangkan bisnisnya. Semoga dalam harapanku adalah kita akan saling tetap support satu sama lain melalui program-program yang Stellar Women berikan,” tutup Samira.

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.