Sistem Skor IELTS dengan Perhitungan dan Tingkatannya

skort ielts
Image by Freepik

Meskipun sama-sama ujian bahasa Inggris, skor IELTS berbeda dengan skor TOEFL, Sobat Cakap. Bagi kamu yang berencana mengambil ujian IELTS untuk berbagai kebutuhan, kamu wajib memahami terlebih dahulu sistem penilaian skor IELTS. 

Kali ini kita akan membahas mengenai skor IELTS, mulai dari sistem penilaianya, tingkat keterampilan, hingga skor ielts untuk berbagai kebutuhan. Yuk, baca selengkapnya! 

Table of Contents

Sistem Penilaian Skor IELTS untuk Setiap Bagian

Untuk mencapai skor IELTS tertentu, kamu  perlu punya gambaran berapa soal yang harus dijawab dengan benar dan kriteria yang harus dipenuhi. Yuk, cari tahu dengan tabel konversi untuk Listening dan Reading serta kriteria penilaian untuk Writing dan Speaking!

1. Skor IELTS Listening

Bagian Listening dalam IELTS terdiri dari 40 soal yang sama, baik untuk IELTS Academic, maupun General Training. 

Band Score

Jawaban yang Benar (Min)
5

16

6

23
7

30

8

35

2. Skor IELTS Reading

Pada bagian IELTS Reading, soal dan penghitungan skor berbeda antara IELTS Academic dan General Training. 

Band Score

Jawaban benar (Min)
Academic

General Training

5

1515
623

23

7

3034
835

38

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

3. Skor IELTS Writing

Pada bagian IELTS Writing, karena bukan merupakan soal pilihan ganda, maka penghitungan nilainya berdasarkan kriteria sebagai berikut. 

  • Task achievement (pencapaian tugas) Task 1 dan task response (respon tugas) Task 2
  • Coherence and cohesion (Koherensi dan kohesi)
  • Lexical resource (Sumber daya leksikal)
  • Grammatical range and accuracy (Rentang dan akurasi tata bahasa).

Masing-masing kriteria tersebut sama bobotnya dan skor pada masing-masing Task adalah nilai rata-rata dari semua kriteria tersebut. Meski demikian, penilaian untuk Task 2 lebih tinggi nilainya daripada Task 1. 

4. Skor IELTS Speaking

Sama seperti sesi Writing, sesi Speaking juga memiliki kriteria penilaian yang mencakup empat area berikut ini. 

  • Fluency and coherence (Kefasihan dan koherensi)
  • Lexical resource (Sumber daya leksikal)
  • Grammatical range and accuracy (Rentang dan akurasi tata bahasa)
  • Pronunciation (Pengucapan).

Masing-masing kriteria memiliki bobot yang sama dan skor untuk sesi Speaking ditentukan dari rata-rata keseluruhannya. 

skor ielts minimal
Image by drobotdean on Freepik

Cara Menghitung Skor IELTS Keseluruhan

Secara umum, nilai IELTS dihitung dengan cara menjumlahkan skor dari keempat bagian tes, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Skor dari masing-masing bagian tes kemudian dibagi 4 untuk mendapatkan skor keseluruhan band. 

Skor keseluruhan band dibulatkan ke keseluruhan atau setengah band terdekat. Misalnya, jika skor keseluruhan band adalah 6,25, maka skor akan dibulatkan menjadi 6,5.

Berikut adalah contoh cara menghitung nilai IELTS:

  • Skor Listening: 6,5
  • Skor Reading: 7,0
  • Skor Writing: 6,0
  • Skor Speaking: 5,5

Skor keseluruhan band = (6,5 + 7,0 + 6,0 + 5,5) / 4 = 6,25

Skor keseluruhan band dibulatkan menjadi 6,5.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Level Bahasa Inggris Berdasarkan Skor IELTS

Setelah mengetahui cara menghitung skor IELTS di atas, sekarang saatnya mengetahui tingkatan bahasa Inggrismu berdasarkan skor tersebut. 

Skor IELTSTingkat Keterampilan

Keterangan

9

Expert (Pakar)

Peserta tes memiliki penguasaan bahasa yang sepenuhnya operasional. Penggunaan bahasa Inggris mereka tepat, akurat dan fasih, dan menunjukkan pemahaman yang lengkap.

8

Very good (Sangat Baik)

Peserta tes memiliki penguasaan bahasa yang sepenuhnya operasional dengan hanya sesekali ketidakakuratan yang tidak sistematis dan penggunaan yang tidak tepat. Mereka mungkin salah memahami beberapa hal dalam situasi yang tidak terbiasa. Mereka menangani argumentasi yang kompleks dan terperinci dengan baik.

7

Good (Baik)

Peserta tes memiliki penguasaan bahasa yang operasional, meskipun dengan ketidakakuratan sesekali, penggunaan yang tidak tepat, dan kesalahpahaman dalam beberapa situasi. Mereka umumnya menangani bahasa yang kompleks dengan baik dan memahami penalaran yang terperinci.

6

Competent (Kompeten)

Peserta tes memiliki penguasaan bahasa yang efektif meskipun ada beberapa ketidakakuratan, penggunaan yang tidak tepat, dan kesalahpahaman. Mereka dapat menggunakan dan memahami bahasa yang cukup kompleks, terutama dalam situasi yang familiar.

5

Modest (Sedang)

Peserta tes memiliki penguasaan bahasa sebagian dan mengatasi makna keseluruhan dalam kebanyakan situasi, meskipun mereka cenderung membuat banyak kesalahan. Mereka harus dapat menangani komunikasi dasar di bidang mereka sendiri.

4

Limited (Terbatas)

Kompetensi dasar peserta tes terbatas pada situasi yang familiar. Mereka sering menunjukkan masalah dalam memahami dan mengekspresikan diri.

3

Extremely limited (Sangat terbatas)

Peserta tes hanya menyampaikan dan memahami makna umum dalam situasi yang sangat familiar. Ada gangguan komunikasi yang sering terjadi.

2

Intermittent (Intermiten)

Peserta tes mengalami kesulitan besar dalam memahami bahasa Inggris lisan dan tulisan.

1

Non-user (Bukan pengguna)

Peserta tes tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa kecuali beberapa kata yang terisolasi.

0

Did not attempt the test (Tidak mencoba tes)

Peserta tes tidak menjawab pertanyaan.

Skor IELTS untuk Berbagai Kebutuhan

Sobat Cakap mungkin bertanya-tanya, skor IELTS yang bagus itu berapa sih? 

Secara umum, untuk berbagai kebutuhan yang menggunakan bahasa Inggris, kamu sebaiknya mencapai skor 6.0. Sebagai gambaran, berikut adalah tabel skor IELTS untuk berbagai kebutuhan. 

Skor IELTS

Pemanfaatan

6.0–6.5

Beasiswa pendidikan tinggi di luar negeri, magang atau pekerjaan di perusahaan internasional, peluang mobilitas internasional

7.0–7.5

Beasiswa pendidikan tinggi dan pascasarjana di luar negeri, program pertukaran pelajar, peluang kerja di bidang penelitian dan pengembangan, peluang karier profesional di perusahaan internasional

8.0–8.5

Beasiswa pendidikan tinggi dan pascasarjana bergengsi, program pertukaran pelajar bergengsi, peluang kerja di bidang akademis atau riset, peluang karier profesional di bidang kepemimpinan atau manajemen

9

Skor tertinggi IELTS, pengakuan internasional atas kemampuan bahasa Inggris yang sangat unggul

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai skor IELTS mulai dari menentukan skor masing-masing bagian hingga pemanfaatan skor tersebut untuk berbagai kebutuhan. Semoga bisa membantumu untuk persiapan belajar IELTS secara otodidak, ya!

Selain mencari tahu tentang IELTS dan penilaiannya, kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan berlatih soal dan menguasai tips dan trik mengerjakannya. Untuk yang satu ini, kamu bisa mengambil kelas IELTS Preparation di Cakap, lho! Daftar sekarang untuk persiapkan IELTS dengan matang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.