Sertifikat IELTS: Ketahui Fungsi, Masa Berlaku & Keasliannya

sertifikat-ielts-adalah

Bisa dibilang sertifikat IELTS adalah dokumen penting yang bisa menjadi tiket masuk ketika kamu ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, atau ingin mencari peluang kerja dan prospek tempat tingga masa depan di sana. Sertifikat IELTS biasanya dikeluarkan setelah hasil IELTS diumumkan.

Di artikel ini, Cakap akan mengajakmu untuk mengenal lebih dalam mengenai sertifikat IELTS. Mulai dari fungsi, cara mendapatkan, masa berlaku, hingga bagaimana mengetahui sertifikat IELTS yang asli dan diakui. Check it out!

Table of Contents

Mengenal Sertifikat IELTS

Sertifikat IELTS adalah dokumen atau surat keterangan resmi tertulis yang menyatakan kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Sertifikat IELTS diberikan oleh lembaga yang mengelola tes IELTS secara resmi. Sertifikat ini berisi berbagai informasi dari kandidat/peserta, seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor paspor (bila ada), dan skor.

Skor atau nilai dalam hasil ujian IELTS menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Di sana dapat diketahui tingkat kemampuan bahasa Inggris mulai dari kemampuan listening, reading, writing, dan speaking.

Hasil dan sertifikat IELTS biasanya diberikan bergantung pada jenis tes dan format ujian yang kamu ambil. Jika kamu memilih tes IELTS online, maka hasil dan sertifikatnya akan diberikan dalam waktu 3-5 hari setelah tanggal tes. Sedangkan jika kamu memilih tes IELTS offline, kamu akan mendapatkan hasil dan sertifikat paling cepat adalah pada hari ke-13 setelah mengikuti tes.

Masa Berlaku Sertifikat IELTS

Sertifikat IELTS berlaku berapa lama sih? Officially, sertifikat IELTS berlaku selama 2 tahun. Untuk tanggal pastinya, tentu tergantung dengan IELTS test report form (ITRF) kamu. Misalnya tanggal yang tertulis di ITRF kamu adalah 15 Februari 2023, maka IELTS kamu berlaku hingga 14 Februari 2025.

Kenapa masa berlakunya 2 tahun? Validitas skor IELTS dibatasi waktu karena adanya pertimbangan dan kemungkinan bahwa kemampuan bahasa Inggrismu mungkin akan bertambah buruk jika kamu tidak menggunakan dan mempraktikkannya selama 2 tahun.

Namun perlu diketahui bahwa durasi validitas atau masa berlaku IELTS bisa berbeda-beda di setiap negara, misalnya:

  • Australia → hasil atau sertifikat IELTS bisa berlaku tiga tahun jika digunakan untuk General Skilled Migration (GSM).
  • Canada → apa pun tes yang kamu ikuti, tanggal hasil sertifikat hanya berlaku dalam dua tahun terakhir. Jika sertifikat IELTS-mu sudah kadaluarsa, kamu harus mengikuti tes ulang.
  • Inggris, Selandia Baru, dan Amerika → pihak IELTS merekomendasikan hasil/sertifikat IELTS berlaku selama 2 tahun. Namun, masing-masing organisasi bebas memilih masa berlaku sertifikat IELTS sesuai dengan kebutuhan mereka.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Fungsi Sertifikat IELTS

Dianggap begitu penting, berikut beberapa fungsi sertifikat IELTS yang harus kamu tahu!

(1) Untuk Mendaftar Beasiswa dan Kuliah di Luar Negeri

Jika kamu ingin mendaftar beasiswa dan melanjutkan kuliah ke luar negeri, sertifikat IELTS atau TOEFL menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi.

(2) Membuka Peluang Karier Internasional

Perusahaan-perusahaan multinasional dan perusahaan luar negeri biasanya memberlakukan peraturan bagi calon karyawannya untuk memiliki sertifikat kemahiran berbahasa Inggris. Sertifikat IELTS bisa membuka jalan karier internasional yang kamu impikan.

(3) Mobilitas Global

IELTS adalah satu-satunya tes bahasa Inggris yang disetujui oleh empat negara, yaitu Australia, Kanada, Inggris, dan Selandia Baru. So, jika kamu ingin pindah ke negara-negara berbahasa Inggris, kamu membutuhkan sertifikat IELTS karena kemungkinan besar sertifikat ini bisa membuat pengajuan pindahmu diterima oleh otoritas imigrasi keempat negara tersebut.

Cara Mendapatkan Sertifikat IELTS

Untuk mendapatkan sertifikat IELTS, langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah mencari dan memilih lembaga resmi yang mengadakan tes IELTS, seperti IDP Education, British Council, dan IALF
  • Lalu, segera mendaftar dan memilih jadwal tes yang tersedia
  • Datang tepat waktu ke lokasi tes IELTS
  • Mengikuti keseluruhan dari empat bagian tes yang diberlakukan
  • Setelah mengikuti tes, beberapa hari kemudian kamu akan mendapatkan hasil tes IELTS
  • Ketika para ahli sudah menentukan skor IELTS, kandidat akan menerima sertifikat IELTS
 

Cara Mengetahui Sertifikat IELTS yang Asli dan Diakui

Salinan skor IELTS-mu disebut juga dengan TRF atau Test Report Form. Kamu hanya akan mendapat satu sertifikat asli yang berlaku selama 2 tahun.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan atau pemalsuan sertifikat IELTS, kamu perlu mengetahui beberapa hal berikut untuk memastikan bahwa sertifikat IELTS-mu memang diakui dan dikeluarkan oleh lembaga resmi.

(1) Periksa Test Report Form yang Kamu Punya

Seperti yang dijelaskan di atas, TRF adalah satu-satunya salinan dari hasil tes IELTS kamu. TRF ini terbit 3-5 hari setelah mengikuti tes IELTS online dan 13 hari setelah kamu mengikuti tes IELTS berbasis kertas.

(2) Cek di Laman Resmi IELTS

Jika kamu masih ragu, kamu bisa cek langsung di situs-situs resmi IELTS. Di sana kamu bisa melihat hasil tes secara online selama 28 hari setelah sertifikat terbit. Ingat ya Sobat Cakap, hanya 28 hari, setelah itu kamu tidak bisa mengeceknya lagi.

(3) Lembaga yang Mengeluarkan Sertifikat IELTS

Tes atau ujian IELTS dimiliki dan dikelola oleh tiga lembaga terpercaya dan terkemuka secara internasional, yaitu British Council, Cambridge International, dan IDP Education. Hanya dari ketiga lembaga itulah sertifikat IELTS dikatakan asli dan resmi. Jika sertifikat IELTS kamu bukan dari salah satu di antara ketiganya maka hasil sertifikat IELTS-mu tidak bisa dijamin keasliannya.

(4) Didapat dari Tes Resmi

Hasil dan sertifikat IELTS yang diakui adalah hasil yang didapat dari tes yang resmi sesuai prosedur yang berlaku. Bukan dari hanya hasil dari melakukan tes simulasi saja.

(5) Verifikasi melalui Database Nomor TRF

Tes IELTS menjadi salah satu tes yang bisa dikatakan cukup serius. Jika ada seseorang yang ingin memalsukan hasil dan sertifikat IELTS bisa diketahui dan dilacak melalui database IELTS global. Selain itu, nomor TRF yang asli juga bisa diperiksa oleh organisasi dan lembaga akademik yang dituju.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai sertifikat IELTS. Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja fungsi, cara mendapatkan, dan bagaimana cara mengetahui sertifikat IELTS yang asli dan diakui? 

Buat kamu yang akan mengikuti tes IELTS, yuk siapkan dirimu dengan mengikuti kelas Exam Preparation (for IELTS and TOEFL) di kursus bahasa Inggris online Cakap! Persiapkan dari sekarang biar hasil tesmu maksimal dan menyenangkan. Tunggu apa lagi booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:

  • Idp.com
  • Ielts.idp.com
  • Ielts.org

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.