Cari Tahu Masa Berlaku IELTS untuk Berbagai Kebutuhan

masa berlaku ielts
Image by Freepik

Ujian kemahiran bahasa Inggris seperti IELTS memiliki batas waktu masa berlaku, lho, Sobat Cakap! Dengan biaya ujian yang tidak murah akan lebih baik kamu memperhatikan kapan sebaiknya kamu mengambil ujian IELTS sesuai dengan kebutuhanmu. 

Kali ini kita akan membahas tentang masa berlaku IELTS untuk beberapa kebutuhan ke luar negeri seperti beasiswa atau bekerja. Selain itu, baca sampai habis untuk tahu apakah sertifikat IELTS bisa diperpanjang. 

Table of Contents

Berapa Hasil IELTS Keluar?

Sertifikat IELTS secara resmi disebut sebagai Test Result Form (TRF). Kamu bisa mendapatkannya secara online maupun versi cetak dan bisa dikirim langsung ke lembaga yang membutuhkan. 

Jika kamu mengikuti ujian berbasis komputer, kamu akan mendapatkan hasilnya dalam waktu 3–5 hari setelah ujian dilaksanakan. Sementara itu, jika kamu mengikuti IELTS berbasis kertas, hasilnya akan keluar sekitar 13 hari setelah tes selesai. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Masa Berlaku IELTS

Sama seperti ujian kemahiran bahasa pada umumnya, hasil ujian IELTS hanya berlaku selama dua tahun sejak tanggal ujian. Hal ini karena sebagai bukan penutur bahasa Inggris, kemampuan kita dapat berubah seiring berjalannya waktu. 

Selain tertera di TFR, lembaga atau institusi yang membutuhkan sertifikat IELTS juga hanya menerima IELTS yang masih berlaku. Hanya dalam kasus tertentu ada lembaga yang menerima hasil ujian IELTS hingga maksimal 3 tahun dari tanggal diambilnya ujian. 

Masa berlaku IELTS untuk LPDP

Masa berlaku IELTS untuk mendaftar beasiswa LPDP adalah 2 tahun sebelum tahun pendaftaran beasiswa. Selain itu kamu harus mendapatkan skor IELTS 6.0 untuk institusi dalam negeri dan minimal 6.5 untuk ke luar negeri. 

Masa berlaku IELTS untuk Working Holiday Visa (WHV) Australia

Jika kamu ingin jalan-jalan sambil kerja ke Australia, kamu harus mengambil IELTS dalam 12 terakhir sebelum mendaftar pengajuan visa. Skor minimal untuk mendapatkan Working Holiday Visa adalah 4.5 untuk 4 komponen ujian. 

Masa berlaku IELTS untuk kuliah ke luar negeri

Untuk kepentingan pendidikan ke luar negeri, masa berlaku IELTS akan sangat tergantung dengan kebijakan masing-masing institusi. Meski demikian, umumnya institusi hanya menerima sertifikat IELTS yang diambil dalam 2 tahun terakhir. 

Cara Mengetahui Masa Berlaku IELTS

Sertifikat IELTS atau TFR tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, tetapi mencantumkan tanggal tes diambil. Di bagian atas sertifikat akan ada tulisan yang menyatakan bahwa skor yang tercantum valid selama dua tahun sejak tanggal ujian dilaksanakan. 

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Internasional Cakap

Apakah Sertifikat IELTS Bisa Diperpanjang?

Nah, Sobat Cakap mungkin ada yang bertanya-tanya apakah sertifikat IELTS bisa diperpanjang? Jawabannya adalah tidak. Sama seperti masa berlaku TOEFL, kamu hanya bisa memperbaruinya dengan mengikuti ujiannya kembali. 

Oleh karena itu, jika Sobat Cakap memiliki kebutuhan terkait IELTS, sangat disarankan untuk mengambil tesnya hanya ketika sudah dibutuhkan. Dengan demikian, sertifikat yang kamu miliki masih valid saat akan digunakan. 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai masa berlaku sertifikat IELTS untuk Sobat cakap yang membutuhkan. Dengan masa berlaku terbatas dan biaya ujian yang relatif mahal, kamu sebaiknya mempersiapkan ujian IELTS dengan matang, ya! 

Untuk latihan, kamu bisa mencoba Simulasi IELTS dan menyimak Pembahasan Soal IELTS di Cakap, lho! Bagi kamu yang ingin lebih siap, kamu juga bisa mengambil Kelas Persiapan IELTS secara Private dan Semiprivate. Segera booking kelasnya, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.