20 Rekomendasi Drama Korea Detektif untuk Isi Akhir Pekanmu!

drama korea tentang detektif
The Swoon on Youtube

Tontonan yang berkisah tentang petualangan seorang detektif memang banyak digemari. Pasalnya, film bertema detektif selalu dibumbui dengan teka-teki, misteri, dan aksi menegangkan. Kalau kamu pencinta drama Korea, selain drama genre romance yang bikin “uwu”, drama detektifnya juga nggak kalah seru. Selain bikin penasaran, ada juga ada yang alurnya diambil dari kisah nyata. lho. Yuk, simak rekomendasi drama Korea detektif nya di sini!

Table of Contents

20 Rekomendasi Drama Korea Detektif Terbaik

Dalam satu dekade terakhir, ada banyak sekali drama Korea dengan tema detektif dan kriminal yang menarik untuk diikuti. Berikut adalah 20 rekomendasi terbaiknya untuk mengisi akhir pekan dan waktu luangmu! 

1. Ghost/Phantom (2012)

drama detektif phantom

Phantom berkisah tentang seorang detektif yang ahli dalam teknologi informasi dan kriminalitas siber. Ia berusaha untuk mengungkap identitas seorang hacker jahat yang terlibat dalam berbagai kasus kriminal. Drama yang berjumlah 20 episode ini dibintangi oleh So Ji-sub dan Lee Yeon-hee. 

2. You’re All Surrounded (2014)

Kim Ji-young menjadi detektif untuk menginvestigasi kematian ibunya yang secara tragis ia saksikan saat masih kecil. Ia bersama tiga orang detektif pemula lainnya kemudian bergabung dengan seorang detektif veteran untuk memecahkan banyak kasus kriminal lainnya. Drama ini dibintangi oleh Lee Seunggi, Cha Seung-won, dan Go Ara. 

3. Bad Guys (2014)

drama detektif bad guys

Bad Guys merupakan drama yang mengisahkan sekelompok penjahat yang dipenjara yang diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan polisi. Mereka membentuk tim yang tidak konvensional untuk memecahkan kasus-kasus sulit. Drama yang berjumlah 11 episode ini dibintangi oleh Kim Sang-joong, Park Hae-jin, Ma Dong-seok, Jo Dong-hyuk, dan Kang Ye-won. 

4. Mrs. Cop (2015)

drama detektif mrs cop

Drama ini bercerita tentang seorang detektif wanita yang bekerja sebagai kepala unit kejahatan kekerasan di kepolisian Seoul. Musim pertama drama ini tayang sebanyak 18 episode dengan Kim Hee-ae sebagai pemeran utama. Pada tahun 2016, musim kedua drama ini tayang dengan pemeran yang berbeda, namun tetap dengan keseruan yang sama. 

5. Signal (2016)

Dibumbui dengan fantasi, Signal adalah drama detektif yang menjadi salah satu drama TV kabel dengan rating tertinggi di Korea Selatan. Drama ini mengisahkan tentang seorang detektif polisi dan seorang profiler kriminal yang dapat berkomunikasi melalui radio walkie-talkie dengan detektif polisi masa lalu untuk memecahkan berbagai kasus. 

6. Tunnel (2017)

Drama ini mengisahkan seorang detektif, Park Gwang-ho, yang berusaha mengejar seorang pelaku pembunuhan berantai di sebuah terowongan pada 1986. Namun, setelah melewati terowongan, tiba-tiba tahun berganti menjadi 2017. Dibintangi oleh Choi Jin-hyuk, Yoon Hyun-min, dan Lee Yoo-young, drama Korea Tunnel tayang sebanyak 16 episode. 

Nonton Drama Korea Lebih Seru Kalau Paham Bahasanya, lho! Yuk, Belajar di Cakap!

7. Criminal Minds (2017)

Diadaptasi dari serial Amerika dengan judul yang sama, drama ini diperankan oleh aktor dan artis senior ternama di Korea. Drama ini berkisah tentang sekumpulan detektif yang merupakan anggota bagian investigasi kriminal. Mereka berusaha untuk memecahkan berbagai kasus kriminal yang terjadi.

8. Stranger/Secret Forest (2017–2020)

Drama ini berkisah tentang seorang jaksa yang memiliki kekurangan sosial dan seorang detektif polisi yang bekerja sama untuk mengungkap kasus korupsi. Dibintangi oleh Cho Seung-Woo dan Bae Doo-Na, Stranger telah memenangkan beberapa penghargaan termasuk Daesang Baeksang Arts Award.

9. The Ghost Detective (2018)

Seperti judulnya, drama ini dibumbui dengan perpaduan misteri sekaligus horror yang menegangkan. Dalam drama ini, diceritakan seorang detektif yang memecahkan berbagai kasus. Namun, bukan sembarang kasus, kasus-kasus dalam drama ini kebanyakan berkaitan dengan arwah penasaran!

10. Partners for Justice (2018)

Drama ini menceritakan kehidupan tim forensik yang bekerja sama memecahkan berbagai kasus. Selain alurnya yang menarik, drama ini dapat memberi pengetahuan baru tentang investigasi forensik di kepolisian. Musim kedua dari drama yang dibintangi oleh Jae-young dan Jeong Yu-mi ini tayang pada tahun 2019. 

11. Less than Evil (2018)

Kalau drama yang tayang pada 2018 ini berkisah tentang perang psikologis antara seorang detektif bernama Woo Tae-seok dan seorang psikopat bernama Eun Sun-jae. Woo Tae-seok adalah seorang detektif veteran yang terkenal selalu memecahkan kasus secara kontroversial. Ia selalu menangkap para pelaku kejahatan dengan cepat, termasuk Eun Sun-jae yang cerdas.

12. Vagabond (2019)

Drama ini mengisahkan kecelakaan pesawat yang dialami oleh Cha Dal-gun dan Cha Hoon, keponakannya yang hilang dalam kecelakaan. Dal-gun kemudian bertemu dengan Hae-ri, seorang agen NIS yang kemudian membantunya melakukan penyelidikan terhadap kasus kecelakaan pesawat tersebut.

13. Tell Me What You Saw (2020)

Tayang pada awal 2020, drama ini bercerita tentang Oh Hyun Jae, seorang analis jenius yang mampu memecahkan berbagai kasus dengan kemampuannya. Hyun Jae kemudian bekerja sama dengan para detektif pemula untuk mengusut kasus pembunuhan berantai. Pemeran utama dalam drama ini adalah Jang Hyuk, Choi Soo-young dan Jin Seo-yeon.

14. Rugal (2020)

Nah, kalau drama yang satu ini diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama. Rugal menceritakan tentang tim khusus yang dibuat untuk memecahkan kasus dalam skala nasional. Para detektif ini menggunakan teknologi canggih untuk menyelesaikan kasusnya. 

Hempas Momen "Lost in Translation" Saat Nge-DraKor dengan Belajar Bahasa Korea!

15. Beyond Evil (2021)

drama detektif beyond evil

Dalam drama ini, kamu akan mengikuti perjalanan dua detektif untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang menghantui kota mereka selama 20 tahun. Drama ini dibintangi oleh Shin Ha Kyun dan Yeo Jin Goo. Beyond Evil memenangkan Baeksang Arts Awards ke-57 untuk kategori Best Drama, Best Screenplay, dan Best Actor untuk Shin Ha-kyun. 

16. My Name (2021)

My name adalah drama thriller aksi yang bercerita tentang seorang wanita yang bergabung dengan kepolisian sebagai mata-mata untuk membalas kematian ayahnya. Sayangnya, ia justru terjebak dalam jaringan gelap korupsi. Drama ini dibintangi oleh Han So Hee dan Park Hee Soon.

17. Taxi Driver (2021–)

drama detektif taxi driver

Drama ini wajib kamu tonton kalau kamu suka dengan genre kriminal dan aksi. Taxi Driver bercerita tentang sekelompok pengemudi taksi yang menggunakan keahlian mereka untuk membantu orang-orang yang dirugikan oleh hukum. Dibintangi oleh Lee Je-hoon dan Esom, drama ini akan segera memasuki musim ketiganya, lho!

18. Mouse (2021)

Mouse bercerita tentang seorang perwira polisi dan seorang detektif yang sama-sama sedang mengejar pembunuh berantai. Keduanya pun bersama-sama menyelidiki dan mengusut jejak-jejak kasus pembunuhan berantai tersebut. Penulis skrip drama yang dibintangi oleh Lee Seung-gi ini terinspirasi dari kisah nyata pembunuhan siswa SD di Incheon tahun 2017.

19. Voice (2021)

Sejak awal rilisnya pada 2017, drama yang satu ini sudah memiliki 4 musim dengan alur cerita yang berbeda. Drama ini mengisahkan tentang kegiatan Call Center 112 pusat panggilan darurat, detektif dan para polisi dalam melacak kasus pembunuhan melalui informasi suara dari Call Center.

20. Through the Darkness (2022)

drama detektif through the darkness

Drama ini bercerita tentang profiler kriminal pertama di Korea Selatan yang terinspirasi dari kisah nyata. Kamu akan diajak untuk mengikuti kisahnya selama bekerja dengan seorang detektif untuk mengungkap serangkaian pembunuhan berantai. Drama ini dibintangi oleh Kim Nam Gil dan Kim So Jin. 

Itulah beberapa rekomendasi drama Korea bertema detektif yang bisa kamu tonton untuk mengisi akhir pekanmu. Nonton film bahasa Korea lebih seru kalau kamu sudah tau percakapan dalam bahasa Korea dan artinya. Jadi, kamu bisa sambil asah kemampuan listening bahasa Koreamu. Yuk, belajar bahasa Korea di Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.