Preference dalam Bahasa Inggris, Ini Arti dan Contoh tiap Jenis!

preference-adalah

Preference adalah satu dari sekian banyak kosakata bahasa Inggris yang cukup populer dan banyak penggunanya. Kamu sendiri, pernah dengar kata preference sebelumnya? Atau mungkin hanya sering mendengar kata “prefer” saja? Jika orang lebih condong pada suatu hal, biasanya mereka kerap mengatakan “Aku prefer ke…”. Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan preference?

Mau tahu penjelasan selengkapnya tentang preference, jenis-jenis, dan fungsinya? Ikuti terus artikelnya, ya!

Table of Contents

Apa itu Preference

Preference adalah suatu ungkapan yang digunakan untuk menyatakan pendapat atau pilihan yang paling disukai. Baik berupa benda, acara, tempat, maupun orang. Dalam bahasa Indonesia, preference dikenal dengan nama preferensi yang berarti pilihan, kecenderungan, dan kesukaan.

Sebenarnya, penggunaan preference sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin secara tidak sadar, kamu sering menggunakannya. Contoh sederhananya, jika ada seseorang yang meminta pendapatmu tentang satu dari sepuluh baju yang harus dipilih untuk acara pesta, lalu sesuai instruksi dan konteks kamu memilih satu baju dan mengatakan “I prefer this white dress to other dresses”, saat kamu mengemukakan hal itu, artinya kamu sedang menggunakan preference dalam kalimatmu.

Mau Belajar Bahasa Inggris GRATIS di Cakap?

Jenis Preference dalam Bahasa Inggris

Setidaknya ada lima jenis preference yang umum ditemukan dalam percakapan, yaitu prefer, would prefer, would rather, like, had better, dan instead of. Mari bahas satu persatu!

Prefer

Prefer memiliki arti lebih suka, untuk membuat kalimat menggunakan kata “prefer”, kamu bisa menerapkan beberapa rumus, yaitu:

  • Subject + Prefer + to infinitives
  • Subject + Prefer + Nouns + to + nouns
  • Subject + Prefer + Gerund + to + Gerund

     

Would Prefer

Saat kamu menggunakan would prefer, maka kamu juga harus memberikan “rather than” untuk menandai perbandingan. Berikut rumus yang bisa kamu gunakan untuk membentuk kalimat preference menggunakan “would prefer

  • Subject + would prefer + to infinitives + rather than + bare infinitives
  • Subject + would prefer + to infinitives + nouns + rather than + infinitives + nouns

     

Would Rather

Masih memiliki arti dari jenis-jenis preference sebelumnya, would rather juga digunakan untuk membandingkan antara satu dari berbagai hal yang lebih disukai. Namun, perlu dicatat, hal yang bisa dibandingkan menggunakan “would rather” adalah aktivitas, bukan benda.

Jika kamu menggunakan jenis ini untuk mengungkapkan perbandingan, kamu bisa menambahkan kata “than” setelah nouns atau bare infinitive. Berikut rumus-rumusnya:

  • Subject + would rather + (Verb 1 tanpa to)
  • Subject + would rather + bare infinitives + than + infinitives
  • Subject + would rather + bare infinitives + nouns + than + bare infinitives + nouns
  • Subject + would rather + (someone) + kata kerja bentuk 2

     

Like

Like memiliki beberapa arti yang berbeda. Namun, “like” yang digunakan sebagai preference adalah “like” yang berarti suka atau lebih menyukai suatu hal/benda. Untuk membuat kalimat preference dengan kata “like”, kamu perlu juga memasukkan frasa “better than” setelah nouns atau Verb-ing. Berikut rumus-rumusnya:

  • Subject + like + nouns/V-ing + better than + nouns/V-ing
  • Subject + like + nouns

     

Had Better

Untuk membuat kalimat preference menggunakan kata “had better”, cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan bare infinitives setelahnya. Berikut rumusnya:

  • Subject + had better + bare infinitives

Kalau kamu ingin membuat bentuk kalimat negatifnya, kamu hanya perlu menambahkan kata “not” sebelum infinitives.

Dalam beberapa konteks, kamu bisa menggunakan “instead of” untuk menggantikan “than, better than, rather than, dan to.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Kalimat Preference

Di bawah ini akan disajikan contoh kalimat preference dari beragam jenis dan sesuai dengan rumusnya.

  • She prefer spaghetti to sandwiches.
    (Dia lebih suka spaghetti daripada sandwich.)
  • I would prefer to read books rather than watch movies.
    (Saya lebih suka membaca buku daripada menonton film.)
  • Jorge had better not play badminton.
    (Jorge sebaiknya tidak bermain badminton).
  • I would rather sleep now.
    (Saya lebih baik tidur sekarang.)
  • My sister like playing better than studying.
    (Adik saya lebih suka bermain daripada belajar.)

Itulah pengertian preference lengkap dengan jenis-jenis, rumus yang digunakan, dan contoh penerapannya dalam kalimat. Jika kamu merasa terlalu banyak rumus dari satu jenis preference, maka untuk permulaan, kamu bisa menggunakan satu rumus yang menurutmu paling mudah dan sederhana. Selamat belajar!

Biar belajar lebih seru dan terarah, kamu butuh bimbingan dari para teacher profesional. Nah, untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris dengan serius dan lebih dalam, kamu bisa daftar di kursus bahasa Inggris online Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat