Perbedaan Can dan Could dalam Bahasa Inggris

perbedaan-can-dan-could

Can dan could adalah dua dari beberapa jenis modals dalam bahasa Inggris. Kedua kata tersebut memiliki arti dan penggunaan yang hampir sama. Sehingga tak jarang banyak yang masih tertukar menggunakannya. Padahal, perbedaan can dan could bisa dilihat dengan jelas, lho.

Untuk dapat mengetahui letak perbedaan can dan could, kamu perlu memahami pengertian dan fungsi masing-masing dari keduanya. Lewat artikel ini, kamu akan  mengetahui selengkapnya tentang can dan could. Dari pengertian, fungsi, hingga contohnya. So, stay tuned, ya!

Pengertian Can dan Could dalam Bahasa Inggris

Bagi banyak orang, “can” mungkin termasuk dalam salah satu kosakata pertama yang dipelajari saat baru mulai belajar bahasa Inggris. Can dan could umumnya digunakan untuk menyatakan “kemampuan, perintah, kebutuhan, kemauan, dan kemungkinan”.

Can adalah bentuk present tense (bisa digunakan juga dalam bentuk future tense), sedangkan could adalah bentuk past tense. Keduanya dapat digunakan untuk membuat kalimat dengan rumus sebagai berikut:

Possitive : Subject + Can / could + Verb

Negative : Subject + Can / could + not + Verb

Question : Can / could + Subject + Verb + ?

Mau Belajar Bahasa Inggris GRATIS di Cakap?

Fungsi Can dalam Bahasa Inggris

Can menduduki beberapa fungsi dalam membentuk sebuah kalimat bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut:

(1) “Can” Berfungsi untuk Mengungkapkan Permintaan

Fungsi can dalam hal ini biasanya digunakan saat ingin meminta sesuatu, misalnya bantuan. Kamu bisa menggunakan “can” di awal kalimat permintaanmu.

Contoh:
Can I get a glass of water? I am very thirsty.
(Bisakah Saya mendapatkan segelas air? Saya sangat haus.)

(2) “Can” Berfungsi untuk Memerintah

Saat menggunakan can sebagai kata untuk memerintah, biasanya can selalu diikuti oleh subjek orang kedua atau orang ketiga.

Contoh:
Can you bring some books from the table?
(Bisakah kamu membawa beberapa buku dari meja?)

(3) “Can” Berfungsi untuk Memberikan Penawaran

Kamu juga bisa lho makes offers menggunakan modals yang satu ini. Maksud penawaran di sini bisa digunakan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain.

Contoh:
Can I help you carry one of your bags?
(Bolehkah aku membantumu membawakan salah satu tasmu?)

(4) “Can” Berfungsi untuk Menyatakan Kesanggupan

Can dapat digunakan untuk menyatakan ability atau kesanggupan (di masa depan). Tingkat kesanggupan yang diutarakan menggunakan “can” memiliki derajat kepastian lebih tinggi daripada “could”.

Contoh:
She can make two chocolate cakes every day.
(Dia bisa membuat kue cokelat setiap hari.)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Fungsi Could dalam Bahasa Inggris

Selain berperan sebagai bentuk past tense dari kata “can”, could juga merupakan bentuk yang lebih sopan dan formal daripada “can”. Dalam bahasa Inggris, kosakata satu ini memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah:

(1) “Could” Berfungsi untuk Menyatakan Kesanggupan

Meskipun berfungsi untuk menyatakan kesanggupan, namun kesanggupan yang dinyatakan melalui kata “could”, tidak menjamin kepastian 100%. Derajat kepastiannya lebih kecil daripada kata “can”.

Contoh:
Maybe one day I could return your love.
(Mungkin suatu hari aku bisa membalas perasaan cintamu.)

(2) “Could” Berfungsi untuk Menyatakan Kemungkinan

Untuk menyatakan hal-hal yang tidak atau belum tentu terjadi, kamu bisa menggunakan kata “could”. Kemungkinan yang dinyatakan dengan “could” biasanya memiliki tingkat possibility yang rendah.

Contoh:
You could be the greatest teacher in history.
(Kamu bisa menjadi guru terhebat di masa depan.)

(3) “Could” Berfungsi untuk Memerintah dengan Sopan

Can dan could sama-sama bisa digunakan untuk memberikan perintah. Namun, penggunaan “could” membuat kalimat perintahmu menjadi kalimat yang lebih sopan.

Contoh:
Could I borrow your handphone to call my mom?
(Bolehkah aku meminjam teleponmu untuk menelpon ibuku?)

(4) “Could” Berfungsi untuk Memberikan Saran

Satu lagi nih fungsi yang nggak kalah penting dari “could”, yaitu make suggestions! Kamu bisa memberikan saran dengan menggunakan jenis modals yang satu ini.

Contoh:
You could visit your grandmother’s house on vacation.
(Kamu bisa mengunjungi rumah nenekmu saat liburan.)

Dapat dilihat dari fungsi yang telah dijabarkan satu persatu di atas bahwa perbedaan can dan could yang paling mencolok dapat dilihat dari penggunaan tenses-nya. Can digunakan untuk bentuk present dan future tense, sedangkan could digunakan untuk bentuk past tense. Selain itu, penggunaan dan tingkat “possibility” dari keduanya juga sangat berbeda.

Belajar bahasa Inggris sangat menarik dan nggak sesusah itu, bukan? Kalau kamu ingin menambah pengetahuanmu dan lebih lancar lagi berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa ambil kelas bahasa Inggris Cakap. Belajar di cakap sangat fleksibel lho, kamu bisa atur jam dan waktu belajarmu sendiri. Cocok banget nih buat para pekerja dan mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Yuk, cek kelasnya sekarang!

Referensi:
– britannica.com
– pusba.uma.co.id


Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat