Begini Cara Minta Angpao dalam Bahasa Mandarin!

minta-angpao-dalam-bahasa-mandarin

Angpao menjadi salah satu daya tarik yang selalu ditunggu-tunggu dalam setiap perayaan Imlek. Biasanya, di Tahun Baru Imlek, anak-anak selalu meminta jatah angpao pada kedua orang tua atau kerabat-kerabat terdekat. Untuk mendapatkan angpao, kamu bisa mengatakan sepatah dua patah kata dalam bahasa Mandarin. Kira-kira gimana ya cara minta angpao dalam bahasa Mandarin?

Sebelum beranjak pada penjelasan cara minta angpao dalam bahasa Mandarin, simak dulu yuk hal penting seputar tradisi angpao Imlek!

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Tradisi Angpao Imlek

minta-angpao-bahasa-mandarin
Photo from Freepik

Kata angpao merupakan bentuk tidak baku dari kata “angpau” dalam bahasa Indonesia. Angpao sendiri dalam KBBI diartikan sebagai uang yang diberikan kepada anak-anak kecil, orang yang belum menikah, biasanya dibungkus kertas merah, diberikan dengan harapan bahwa penerima angpao akan mendapatkan keberuntungan dan bernasib baik sepanjang tahun baru.

Tradisi meminta dan memberikan angpao Imlek itu sendiri dikenal dengan nama hong bao dan atau lai se. Hong bao merupakan asal kata dari bahasa mandarin, sedangkan lai se berasa dari bahasa Kanton. Keduanya sama-sama memiliki arti secara harfiah, yaitu “bungkus merah”. Maka tak heran jika umumnya, angpao selalu dibungkus dengan amplop warna merah. Warna merah sendiri dipilih karena dianggap sebagai simbol energi, kebahagiaan, dan keberuntungan. Selain memiliki filosofi makna, ternyata ada juga lho fakta menarik tentang angpao Imlek.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Cara Minta Angpao dalam Bahasa Mandarin

cara-minta-angpao-dalam-bahasa-mandarin
Photo from Pexels

Setelah mengetahui nama dari tradisi meminta dan memberi angpao Imlek, kini saatnya beranjak pada cara meminta angpao dalam bahasa Mandarin. Di perayaan Imlek selanjutnya, kamu bisa menggunakan frasa berikut saat akan meminta angpao pada keluarga dan kerabatmu! Check it out! 

Hóng bāo ná lái (红 包  拿 来)

Sobat Cakap, cara minta angpao dalam bahasa Mandarin yang pertama adalah Hóng bāo ná lái ! (红 包  拿 来). Frasa tersebut kurang lebih memiliki arti “berikan saya amplop merah”. 

Nah, karena meminta dan memberi angpao merupakan tradisi yang dilakukan saat perayaan Imlek, alangkah baiknya jika kamu mengucapkan kalimat “Gōng xǐ fā cái! Hóng bāo ná lái! (恭 喜 发 财 ! 红 包  拿 来)” saat meminta angpao dalam Bahasa Mandarin. 

Jadi, sebelum meminta angpao, pastikan kamu juga mengucapkan “Gōng xǐ fā cái” terlebih dulu ya, Sobat Cakap!.”

Qǐng gěi wǒ hóng bāo! (请 给 我 红 包 !)

Saat akan minta angpao dalam bahasa Mandarin, kamu juga bisa menggunakan kalimat Qǐng gěi wǒ hóng bāo! (请 给 我 红 包 !). Kalimat tersebut memiliki arti “Tolong beri saya amplop merah”.

Itu dia tradisi angpao Imlek dan kalimat yang bisa digunakan saat akan meminta angpao dalam bahasa Mandarin. Jangan lupa, setelah menerima angpao dari seseorang, ucapkan terima kasih atau “Xiè xiè (谢 谢)”. Dan jangan pernah membuka amplop di depan pemberi, karena hal tersebut dianggap tidak sopan.

Nah Sobat Cakap, buat kamu yang ingin menguasai percakapan dan frasa-frasa bahasa Mandarin lainnya, yuk segera daftarkan dirimu di kursus bahasa Mandarin online Cakap. Dengan metode pembelajaran dua arah yang interaktif, dijamin belajar bahasa Mandarin nggak bikin garing. Buruan daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.