5 Fakta Unik Angpao Imlek yang Jarang Diketahui

angpao-imlek

Menyambut perayaan Imlek, rasanya tidak akan lengkap tanpa mengulik lebih jauh tentang hal lain yang melekat dengan perayaannya. Kalau dengar kata Imlek, apa yang paling melekat dalam ingatanmu? Selain warna merah, makanan-makanan khas, shio, dan kebersamaan, angpao Imlek pasti jadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu, bukan?

Ngomongin soal angpao Imlek, kamu udah pernah dengar belum kalau ada fakta dibalik angpao Imlek yang jarang banget diketahui masyarakat umum. Biar pas momen memberikan atau menerima angpaomu lebih seru, simak 5 fakta angpao Imlek ini dulu, yuk!

Asal-Usul Angpao Imlek

angpao-imlek
Photo by Sharon from Unsplash

Faktanya, setiap hal pasti memiliki asal mulanya. Lalu, seperti apa ya asal-usul angpao Imlek? Kenapa kalau Hari Raya Imlek, orang-orang ramai-ramai bagiin angpao? Jadi gini, tradisi memberi angpao saat Imlek tidak lepas dari tradisi dan cerita rakyat yang dibawanya. Dahulu kala, para orang tua berupaya untuk melindungi anaknya dari roh jahat bernama Sui yang dapat mengancam mental dan kesehatan anak-anak.

Hingga akhirnya, banyak orang tua yang memberikan koin di dalam amplop merah kepada anaknya dengan tujuan agar anak-anak bisa memainkan koin tersebut dan tetap terjaga. Koin dan amplop tersebut diyakini dapat mengusir roh jahat (Sui). Maka dari itu koin dan amplop merah juga dikenal dengan yasui qian yang artinya “menekan uang Sui.”

Warna Angpao Imlek

angpao-imlek
Photo by Angela from Pexels

Kamu pasti tahu bahwa warna angpao Imlek selalu identik dengan warna merah. Namun, apakah ada alasan dibalik itu? Yap! Dalam tradisi Tionghoa, warna merah dipercaya sebagai warna yang penuh dengan semangat, kebaikan, kesejahteraan, dan keberuntungan.

Memberi gambar pada angpao Imlek juga tidak sembarangan lho, gambar angpao Imlek biasanya disesuaikan dengan shio di tahun tersebut.

Pantangan Angka 4

angpao-imlek
Photo by Yuwei from Unsplash

Ada apa dengan angka 4? Buat kamu yang mungkin belum tahu, angka 4 merupakan angka yang selalu dihindari dalam budaya China. Hal tersebut sebenarnya berhubungan dengan pelafalan angka 4 yang terdengar seperti kata “mati”.

Jika ada pantangan, pasti ada juga anjuran, bukan? Kalau sebelumnya angka 4 merupakan angka pantangan, maka lain halnya dengan angka 8. Kamu dianjurkan memberikan angpao dengan nominal angka yang mengandung unsur 8. Angka 8 sendiri dipercaya dapat memberikan keberuntungan.

Uang yang Bersih dan Baru

angpao-imlek
Photo by Ahsanjaya from Pexels

Fakta angpao Imlek selanjutnya yang nggak boleh di-skip adalah bentuk dan keadaan uang. Saat kamu akan memberikan angpao Imlek kepada saudara atau temanmu, pastikan bahwa uang yang berada dalam amplop merah merupakan uang yang rapi dan bersih. 

Mengapa demikian? Karena memberikan angpao Imlek sama dengan memberikan berkat atau doa. Sehingga, akan lebih bagus jika uang yang kamu berikan adalah uang yang masih baru. Dijamin deh semua saudara dan temanmu akan lebih happy. Pastikan juga bahwa gambar dalam angpao Imlek juga menarik ya!

Harus Diberikan Langsung

angpao-imlek
Photo by Angela from Pexels

Fakta angpao Imlek yang terakhir adalah “diberikan langsung”. Angpao Imlek harus diberikan langsung oleh pemberi kepada penerima. Alasanya adalah agar keberuntungan langsung sampai kepada tangan pemberi dan penerima.

Itu dia 5 fakta tentang angpao Imlek. Nah, karena sebentar lagi mau Imlek, jangan lupa ya siapin angpao untuk saudara dan teman-temanmu!

Baca Juga: