Manfaat Menggunakan Tesaurus yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Istilah Tesaurus mungkin masih kurang familiar dan terdengar asing jika dibandingkan dengan kamus. Walaupun sama memuat kata-kata, tetapi kamus dan thesaurus memiliki perbedaan isi dan fungsi. Kalau di kamus kamu bisa menemukan kata beserta definisinya, sementara di tesaurus kamu hanya mendapat sinonim dari kata yang kamu cari atau bahkan di beberapa tesaurus juga terdapat anonimnya. 

Bagi orang yang bekerja sebagai jurnalis, copy writer (pembuat iklan), pengajar, penerjemah, penulis, dan lain sebagainya, tesaurus sangat bermanfaat. Bahkan untuk kamu yang sekarang adalah pelajar atau mahasiswa, tesaurus juga berguna lho saat kamu mengerjakan essay atau makalah. Sebenarnya, apa saja sih manfaat tesaurus yang belum diketahui banyak orang? 

Memperluas Perbendaharaan Kata  

Memperluas Perbendaharaan Kata
source: giphy.com

Karena wawasan kita terhadap kata-kata masih terbatas, saat menulis pun kita seringkali kehabisan kata-kata apa lagi yang akan digunakan. Dengan menggunakan tesaurus, kita bisa mengetahui opsi-opsi lain dari kata yang ingin kita pakai. Oleh karena itu, perbendaharaan kata kita pasti bertambah. 

Tulisan Jadi Lebih Menarik 

Tulisan Jadi Lebih Menarik
source: giphy.com

Sebagai penyedia sinonim dan antonim sebuah kata, tesaurus bisa membantu kita untuk menghindari memakai kata yang itu-itu saja. Pastinya sisi kreatif kita akan terasah dan tulisan kita bisa berkembang menjadi lebih berbobot dengan menggunakan kata-kata baru. Selain itu, tulisan juga akan lebih enak dan efektif untuk dibaca. 

Lebih Cepat Menghapal Kosakata Baru 

Lebih Cepat Menghapal Kosakata Baru
source: giphy.com

Jika kamu kesulitan menghafal definisi kata yang panjang di kamus, mencari tahu artinya di tesaurus dapat dijadikan alternatif. Dengan tahu daftar kata sinonimnya, kamu bisa mendapat gambaran tentang kata yang kamu cari artinya. Jadi, tesaurus adalah cara yang lebih praktis untuk belajar kosakata baru. 

Itu adalah beberapa manfaat dari tesaurus yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Biasanya tesaurus juga ditemukan pada Microsoft Word sehingga kamu lebih mudah saat menulis artikel dan semacamnya. Walaupun begitu, membaca kamus juga tidak kalah pentingnya lho untuk tahu lebih lengkapnya definisi kata yang mau digunakan.

Untuk menambah pengetahuan kosakata, kamu juga bisa kursus bahasa Inggris di aplikasi Cakap yang pastinya sama-sama efektif dan efisien. 

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google