Apa itu Tesaurus dan Mengapa Kamu Membutuhkannya?

Apa Itu Tesaurus dan Mengapa Kamu Membutuhkannya?
sumber: unslpash

Secara umum, thesaurus atau tesaurus adalah referensi daftar kosakata yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan makna (berisi sinonim atau antonim), berbeda dengan kamus, yang memberikan definisi kata-kata, dan umumnya mencantumkannya dalam urutan abjad. Tujuan utama dari referensi adalah agar pengguna dapat menemukan kosakata yang paling tepat untuk mengungkapkan ide.

Meskipun termasuk sinonim, tesaurus tidak boleh diambil sebagai daftar lengkap dari semua sinonim untuk kata tertentu. Entri juga dirancang untuk menggambar perbedaan antara kata-kata yang sama dan membantu dalam memilih kata yang tepat. Tidak seperti kamus, entri tesaurus tidak memberikan definisi kata.

Arti Tesaurus

Kata “tesaurus” berasal dari bahasa Latin Baru abad ke-16. Pada bahasa Latin, thēsaurus merupakan Latinisasi dari bahasa Yunani θησαυρός (thēsauros) yang berarti “harta karun, perbendaharaan, gudang”. Kata thēsaurus adalah etimologi yang tidak pasti.

Dari abad ke 16 hingga 19, istilah tesaurus adalah hal yang diterapkan pada kamus atau ensiklopedia apa saja, seperti dalam Thesaurus linguae latinae (1532) dan Thesaurus linguae graecae (1572).

Sejarah Tesaurus

Di zaman kuno, Philo dari Byblos menulis teks pertama yang sekarang bisa disebut tesaurus. Dalam bahasa Sanskerta, Amarakosha adalah tesaurus dalam bentuk sajak, yang ditulis pada abad ke-4. Amarakosha menyebutkan 18 karya sebelumnya, tetapi semuanya hilang.

Tesaurus modern pertama adalah Roget’s Thesaurus, pertama kali dikompilasi pada tahun 1805 oleh Peter Mark Roget dan diterbitkan pada tahun 1852. Sejak diterbitkan, tesaurus tidak pernah keluar dari cetak dan masih merupakan karya yang banyak digunakan di seluruh dunia berbahasa Inggris. Entri dalam Roget’s Thesaurus didaftar secara konseptual dan belum berdasarkan abjad.

Penggunaan Tesaurus

Tesaurus berbeda dengan kamus bahasa Inggris pada umumnya. Bagi kamu yang masih kursus bahasa Inggris online di tingkat pemula, untuk menggunakan tesaurus, kamu masih membutuhkan satu buku tambahan, yaitu kamus bahasa Inggris. Mengapa? Karena Tesaurus tidak menyertakan arti kata, hanya sinonim dan antonim.

Tesaurus sangat berguna dalam memperkaya kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki. Terkadang, minimnya kosakata yang dimiliki membuatmu sulit untuk menemukan kata yang tepat untuk menyampaikan gagasan atau mengungkapkan apa yang kamu pikirkan. Dengan tesaurus, kamu bisa mencari kata yang lebih tepat sehingga dapat meminimalisir kesalahpahaman.

Tips Menggunakan Tesaurus di Komputer

Kamu bisa menggunakan tesaurus ketika mengetik di komputer dengan Microsoft Words. Berikut caranya:

Cara 1

  1. Klik kanan di mana saja dalam dokumen yang
    sedang kamu tulis, kemudian klik Sinonim (synonyms)
    pada menu pintasan.
  2. Klik menu tesaurus (thesaurus)

Cara 2

  1. Klik “Review” di bagian atas dokumen
  2. Klik “Thesaurus’

Setelah kamu melakukan salah satu dari kedua cara tersebut, ketikkan kata di dalam kotak “Search for” dan tekan “Enter” atau tekan ALT pada keyboard dan klik sebuah kata di dokumenmu. Word akan menampilkan daftar kata alternatif yang dapat kamu gunakan. Jika kamu menemukan kata dalam daftar yang ingin digunakan, klik panah bawah yang muncul di sebelah kanan dan pilih “Sisipkan” (Insert).

Jika kamu telah memilih kata dalam dokumenmu, kata yang dipilih di panel “research” akan menggantikannya. Jika tidak, kata itu hanya akan dimasukkan ke dalam dokumenmu di mana kursor berada.

Jika kamu ingin melanjutkan pencarian sinonim lebih lanjut untuk kata lain dalam daftar, klik di atasnya. Kata itu akan ditempatkan di kotak “Search for” dan sinonimnya akan ditampilkan dalam daftar.

Mudah kan? Kini kamu bisa memiliki kosakata yang lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam belajar bahasa Inggris. Untuk membantumu mengingat, kamu bisa menuliskannya di flashcard agar bisa dibaca di lain waktu. Jangan khawatir, kamu dapat memperdalam kecakapan berbahasa Inggrismu di Cakap. Ikuti kelas bahasa Inggris online di Cakap dan rasakan asyiknya belajar Bahasa Inggris dengan beragam cara. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat