Kenshusei: Mengenal Program Magang Jepang di Periode Pertama

kenshusei

Pernahkah kamu mendengar istilah kenshusei? Kenshusei adalah salah satu istilah dalam bahasa Jepang yang berkaitan dengan perihal magang atau internship. Banyak orang yang masih keliru dan menganggap bahwa kenshusei dan jisshusei adalah istilah yang sama sama digunakan untuk internship. Padahal ada perbedaannya, lho!

Yuk, cari tahu tentang kenshusei, mulai dari arti, syarat mengikuti program kenshusei, tahapan tes, hingga perbedaanya dengan jisshusei! Stay tuned, ya!

Table of Contents

Apa Itu Kenshusei?

Kenshusei berasal dari tiga kata dalam bahasa Jepang, yaitu ken (memoles, membersihkan, menyucikan), shu (penguasaan), dan sei (murid). Jika dilihat dari pembentukan kata tersebut, arti dari kenshusei adalah seorang siswa yang belajar dan berjuang untuk berkembang melalui masa pemolesan/pelatihan yang gigih. Dalam huruf hiragana, kata kenshusei ditulis dengan aksara 研修生.

Secara harfiah, kenshusei sendiri berarti peserta pelatihan yang menjalani “pelatihan magang khusus”. Program kenshusei dibuat oleh pemerintah Indonesia-Jepang yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1993. 

Bisa dikatakan bahwa masa kenshusei adalah masa training di mana para pemagang akan berlatih sambil bekerja. Masa ini berlangsung dari periode atau bulan pertama seseorang mulai magang. Untuk menyelesaikan masa kenshusei, kamu membutuhkan waktu 12 bulan atau 1 tahun. Setelah itu kamu akan diberikan tes/ujian agar kamu bisa naik ke tahap magang selanjutnya. 

Perbedaan Kenshusei dan Jisshusei

kenshusei-adalah
Photo from Freepik

Jika kenshusei adalah masa training atau belajar sambil berlatih, maka jisshusei adalah masa “praktik kerja”. Ini merupakan program magang lanjutan dari kenshusei yang biasa disebut juga dengan technical intern training.

Program ini ditujukan untuk para pemagang tahun kedua dan tahun ketiga yang sudah menjalani masa kenshusei sebelumnya dan sudah lulus ujian pra jisshusei. Di masa ini, peserta magang sudah dilindungi oleh Undang-Undang Perburuhan di Jepang dan sudah boleh mengambil jam kerja lembur.

Syarat-Syarat Kerja di Jepang sebagai Kenshusei

Apa saja sih syarat kerja di Jepang sebagai kenshusei atau pemagang tingkat awal? Berikut daftar persyaratannya:

  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun
  • Pendidikan terakhir minimal di tingkat sekolah menengah atas (SMA dan sederajat)
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria, dan 150 cm untuk wanita
  • Tidak bertato dan tidak bertindik
  • Melampirkan syarat-syarat administrasi, seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, ijazah, fotokopi raport, surat keterangan sehat, surat izin dari orang tua, pas foto, dll)
  • Memiliki sertifikat JLPT

Untuk persyaratan selengkapnya, bisa kamu cek di artikel: Syarat Magang ke Jepang

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Tahapan Tes untuk Para Kenshusei

Untuk bisa mengikuti program magang di tahun pertama atau kenshusei, kamu perlu menyelesaikan beberapa tahapan tes. Berikut ini beberapa tes yang harus kamu penuhi:

(1) Pemeriksaan Administrasi

Pemeriksaan administrasi merupakan pemeriksaan awal di mana semua kelengkapan dan keaslian dokumen yang kamu miliki akan diperiksa satu per satu. Pada tahap ini, dokumen yang kamu serahkan hanya akan diperiksa oleh panitia daerah.

(2) Tes Fisik

Ini adalah tes fisik pertama di mana peserta akan melakukan pemeriksaan seluruh badan. Di sini tinggi badan dan berat badan kamu juga akan diperiksa apakah sudah memenuhi syarat minimum atau belum.

(3) Ujian Matematika

Peserta magang kenshusei akan diberikan ujian atau tes Matematika dasar dengan jumlah 20 soal. Kamu akan diberikan waktu selama 15 menit. Jika ingin lolos, pastikan kamu mengantongi jawaban benar tidak kurang dari 14 soal.

(4) Tes Fisik

Lanjut ke tes fisik tahap 2, dalam tes ini peserta akan melakukan tes lari selama 15 menit, push up, dan sit up.

(5) Tes Bahasa Jepang

Di sini peserta akan melakukan tes pengetahuan berbahasa Jepang dasar. Sebelum tes ini dilaksanakan, kamu akan diberikan waktu untuk belajar selama 2 bulan. Materi Bahasa Jepang dasar yang akan diujikan adalah:

  • Katakana
  • Hiragana
  • Kelas kata, yaitu kata benda, kata kerja, dan kata sifat
  • Tata bahasa Jepang

Jika kamu tidak lulus tes pertama, kamu masih akan diberikan kesempatan untuk mengulang sebanyak 3 kali percobaan.

(6) Tes Wawancara 

Kamu akan melakukan mensetsu atau tes wawancara. Yang akan diuji dalam tes ini adalah:

  • Wawasan
  • Pengetahuan umum
  • Kemampuan verbal
  • Pengetahuan seputar program magang ke Jepang

(7) Pelatihan Pra Pemberangkatan

Pelatihan pra pemberangkatan adalah tahapan terakhir sebelum akhirnya peserta memasuki masa magang sebagai kenshusei. Di sini peserta akan diberikan bekal persiapan yang matang selama 2 bulan.

Jumlah Pemagang Indonesia-Jepang 2023

Dikutip langsung dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah mengungkapkan dalam RPJMN 2020-2024 telah menargetkan lebih dari 20 ribu orang untuk mengikuti program magang luar negeri. Hingga Juni 2023, jumlah peserta magang yang telah terealisasi mengikuti program magang ke Jepang adalah 15.031 peserta, dengan jumlah peserta pemagangan aktif di Jepang sebesar 39 ribu orang peserta.

Menjelang akhir tahun, tepatnya bulan September 2023 lalu, pemerintah kembali melepas 2.000 peserta magang ke Jepang. Sehingga totalnya kini menjadi 41 ribu peserta magang aktif di Jepang.

Gaji Kenshusei di Jepang

Secara umum, gaji magang di Jepang bergantung pada masa atau periode magangnya. Berhubung di masa kenshusei peserta magang masih dianggap sebagai training center yang masih bekerja sambil berlatih, mereka hanya akan mendapatkan gaji sekitar 80.000¥ hingga 120.000¥ atau setara dengan 8-14 juta rupiah per bulan. Besaran gaji yang kamu miliki di masa kenshusei akan naik ketika kamu memasuki masa kerja sebagai jesshusei.

Sebenarnya, perihal gaji magang di Jepang baik sebagai kenshusei maupun jisshusei juga bergantung pada industri dan tempat mereka bekerja. Misalnya, mereka yang magang di bidang otomotif biasanya mendapatkan tawaran gaji sejumlah 1.32.604¥ atau dalam kurs rupiah nilainya setara dengan Rp13.782.329 per bulan. Sedangkan gaji magang di Jepang bidang pertanian biasanya dihitung per jam dengan bayaran sejumlah 750¥. Jika diakumulasikan dalam sebulan, kamu bisa mendapatkan sekitar 150.000¥ atau setara dengan Rp15.590.400 per bulan.

Selengkapnya tentang gaji magang di Jepang bisa kamu cek di artikel: Intip Gaji Magang di Jepang Terbaru

So, itu dia penjelasan selengkapnya tentang kenshusei. Sekrang kamu sudah tahu bukan kalau kenshusei adalah satu istilah yang digunakan untuk para pemagang yang masih dalam tahap training center.

Buat kamu yang tertarik magang ke Jepang, yuk langsung saja mulai persiapannya dari sekarang dengan mengikuti kursus bahasa Jepang online di Cakap! Di sana kamu bisa belajar bareng sensei-sensei pilihanmu sendiri lho. Tunggu apa lagi, buruan daftar sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.