Mensetsu: Mengenal Wawancara Kerja ala Jepang dan Tipsnya

mensetsu adalah
Image by pressfoto on Freepik

Ada yang pernah dengar tentang mensetsu? Dalam bahasa Jepang, mensetsu adalah proses wawancara yang penting banget untuk mendapatkan pekerjaan impian atau diterima di kampus idamanmu. Nah, gimana sih caranya supaya kamu sukses dalam mensetsu? Yuk, simak artikel berikut ini! 

Table of Contents

Apa Itu Mensetsu 

“Mensetsu” (面接) adalah istilah dalam bahasa Jepang yang mengacu pada wawancara, khususnya dalam konteks rekrutmen kerja atau penerimaan mahasiswa baru. Mensetsu adalah proses di mana seorang pelamar diberikan kesempatan untuk berbicara langsung dengan penanggung jawab, biasanya perwakilan dari Jepang. 

Sama seperti wawancara pada umumnya, mensetsu bertujuan untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang latar belakang, keterampilan, kepribadian, dan motivasi pelamar. Oleh karena itu, keterampilan berkomunikasi, penampilan, dan sikap pelamar juga dinilai. Kesiapan dalam menjawab pertanyaan serta kemampuan mengungkapkan diri sangat dibutuhkan. 

Etika Saat Mensetsu dengan Orang Jepang

Sama dengan saat melakukan wawancara kerja dengan orang Indonesia, etika adalah sesuatu yang perlu kamu perhatikan. Perlu diketahui bahwa orang Jepang sangat menghargai dan selalu menjunjung tinggi sopan santun, jadi jangan sampai terlihat tidak sopan, ya. 

1. Tepat waktu

Orang Jepang sangat menghargai waktu, oleh karena itu usahakan kamu sudah siap sedia setidaknya 15 menit sebelum mensetsu diadakan. Keterlambatan adalah salah satu faktor penting yang dapat membuatmu gagal dalam mensetsu

2. Hindari gangguan apapun

Kamu sebaiknya mematikan telepon genggam atau setidaknya mengaktifkan mode pesawat selama wawancara. Hal ini agar kamu bebas dari distraksi berupa pesan atau panggilan tidak terduga yang bisa merusak fokus.  

3. Masuk ke ruangan dengan etika yang benar

Ketuk pintu tiga kali, ketika dipersilakan masuk, masuklah dengan mengucapkan “Shitsureshimasu (失礼します / permisi)”. Saat sampai di kursi peserta wawancara, bungkukan badan sekali lagi dan perkenalkan namamu. Ketika dipersilakan duduk, ucapkan kembali “Shitsureshimasu”. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu akan meninggalkan ruangan. 

4. Duduk dengan benar

Sangat direkomendasikan untuk duduk dengan kedua kaki menyentuh lantai tanpa menyilang. Rapatkan lutut dan posisikan kedua tangan di atas paha atau lutut. Meskipun terkesan kaku, usahakan kamu terlihat nyaman dan tidak tegang selama mensetsu berlangsung. 

5. Gunakan kedua tangan ketika memberi atau menerima

Saat wawancara kamu mungkin diminta untuk menyerahkan atau menerima dokumen atau resume. Pastikan kamu menggunakan kedua tangan, baik saat menyerahkan maupun menerima dokumen tersebut. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Tips Menghadapi Pertanyaan Mensetsu dengan Baik

Saat mensetsu, kamu pasti akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan, mulai dari pertanyaan tentang dirimu sendiri hingga pengalaman kerja. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Persiapkan jawaban sebelumnya

Persiapkan jawaban yang relevan untuk pertanyaan umum seperti pengenalan diri, alasan memilih perusahaan, kelebihan dan kekurangan diri, serta pengalaman kerja sebelumnya. Latih jawabanmu sebelum mensetsu agar terasa lebih lancar dan terstruktur. 

2. Dengarkan pertanyaan dengan seksama

Saat wawancara berlangsung, pastikan kamu mendengarkan pertanyaan dengan seksama sebelum menjawab. Jika ada bagian yang tidak kamu mengerti, cobalah untuk meminta pengulangan atau klarifikasi.

3. Gunakan bahasa formal

Dalam konteks profesional di Jepang, termasuk saat mensetsu, ragam bahasa yang digunakan adalah bahasa formal yang disebut keigo. Jika kamu belum terlalu mahir, gunakan bentuk sopan biasa (です/ます), dan jangan menggunakan bentuk kasual. 

Baca juga: Penjelasan Keigo, Ragam Bahasa Sopan dalam Bahasa Jepang

4. Perhatikan intonasi dan kecepatan bicara

Cobalah untuk memperhatikan intonasi dan kecepatan bicaramu saat melakukan mensetsu. Bicaralah dengan jelas dan cukup lambat agar pewawancara dapat memahami dengan baik apa yang kamu sampaikan.

mensetsu bahasa jepang

5. Berikan contoh konkret

Saat menjawab pertanyaan, berikan contoh konkret atau pengalaman nyata yang mendukung jawabanmu. Ini akan membantu memperkuat argumenmu dan menunjukkan pengalaman serta kemampuanmu. 

6. Bersikap sopan dan percaya diri

Selanjutnya, kamu juga perlu memperlihatkan sikap sopan dan percaya diri selama wawancara. Berikan senyuman dan tatap mata yang tulus kepada pewawancara. Jangan ragu untuk menunjukkan minat dan semangatmu terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar. 

7. Jangan takut untuk meminta waktu

Jika kamu tidak mengerti pertanyaan atau butuh waktu untuk berpikir, jangan takut untuk meminta waktu sejenak. Lebih baik memberikan jawaban yang baik setelah mempertimbangkan dengan baik daripada memberikan jawaban yang kurang baik atau tidak relevan. 

8. Tetap tenang dan jujur

Terakhir, tetaplah tenang dan jujur dalam menjawab pertanyaan. Jika kamu tidak tahu jawabannya, maka jangan ragu untuk mengakui dan berikan usaha terbaik untuk memberikan tanggapan yang rasional dan relevan.

Makin Gampang Belajar Bahasa Jepang, Daftar Cakap Sekarang!

Contoh Pertanyaan dalam Mensetsu Bahasa Jepang

Nah, untuk membantu persiapanmu dalam menghadapi mensetsu berikut adalah beberapa pertanyaan umum dalam bahasa Jepang. Pertanyaan ini tentunya akan berbeda-beda tergantung pewawancara dan juga perusahaan, ya. 

  1. 自己紹介をしてください。
    Jishōkai o shite kudasai.
    Tolong perkenalkan diri Anda.

  2. 長所と短所を教えてください。
    Choushou to tansho wo oshiete kudasai.
    Tolong beritahu kelebihan dan kekurangan Anda.

  3. これまでの経験やスキルについて教えてください。
    Kore made no keiken ya sukiru ni tsuite oshiete kudasai.
    Tolong beri tahu tentang pengalaman sebelumnya dan skill yang Anda miliki.

  4. 仕事の実績や成功体験を教えてください
    Shigoto no jisseki ya seikou taiken wo oshiete kudasai.
    Tolong beri tahu tentang pencapaian dan kesuksesan Anda dalam pekerjaan.

  5. どうしてこの職種を選びましたか?
    Doushite kono shokushu wo shimashita ka?
    Mengapa Anda memilih bidang/pekerjaan ini?

  6. どうして当社/弊社で働きたいのですか?
    Doushite tousha/heisha de hatarakitai no desu ka?
    Kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?

  7. いつまで日本に住むつもりですか?
    Itsumade nihon ni sumu tsumori desu ka?
    Berapa lama kamu berencana tinggal di Jepang?

  8. 日本の職場環境に馴染んで働けると思いますか?
    Nihon no shokuba kankyō ni najinde hatarakeru to omoimasu ka?
    Apakah Anda pikir Anda akan dapat terbiasa dengan lingkungan kerja Jepang?

  9. 将来どんな仕事をしたいですか?
    Shourai donna shigoto o shitaidesu ka?
    Pekerjaan seperti apa yang ingin Anda lakukan di masa depan?

  10. 仕事上問題が発生したら、どう解決しますか。
    Shigoto-jō mondai ga hassei shitara, dō kaiketsu shimasu ka.
    Jika Anda memiliki masalah di tempat kerja, bagaimana Anda menyelesaikannya?

Nah, demikianlah pembahasan tentang mensetsu atau wawancara kerja. Semoga bermanfaat untuk Sobat yang akan melaksanakannya, ya! 

Sobat Cakap yang punya rencana untuk bekerja di Jepang atau bekerja di perusahaan Jepang, bisa meningkatkan bahasa Jepangmu di Cakap, lho. Ada kelas Bahasa Jepang yang menghubungkanmu dengan sensei terbaik pilihanmu. Nggak usah khawatir kesulitan mengikuti jadwal kelasnya karena kamu bisa atur sendiri! Yuk, daftar kelasnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • kimi.wiki
  • we-xpats.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.