6 Pekerjaan Paling Populer bagi Ekspat di Jepang

Expat at Japan

Banyak orang bermimpi untuk bekerja di luar negeri. Jelas, bekerja di luar negeri akan memberikan pengalaman unik yang mungkin tidak didapat jika bekerja di negara sendiri. Apalagi, budaya bekerja di tiap negara berbeda-beda.

Mungin kamu pernah dengar mengenai budaya kerja di Jepang yang luar biasa disiplin dan penuh dedikasi. Walaupun terkesan kaku, ini merupakan hal yang positif karena dapat menumbuhkan etos kerja yang tinggi serta meningkatkan produktivitas.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk bekerja di Negeri Sakura, ada 8 pekerjaan ekspatriat yang paling populer di Jepang. Apa saja ya?

Guru Les Bahasa Inggris

 

englsih teacher source: giphy.com

Guru les bahasa Inggris menjadi salah satu pekerjaan paling umum bagi para pekerja asing. Syaratnya minimumnya tidak sulit, kamu hanya memerlukan gelar sarjana dari jurusan apapun. Banyak yang menyasar pekerjaan ini.

Walaupun gaji yang ditawarkan mungkin tidak seberapa, pekerjaan ini selalu tersedia. Kamu bisa tinggal di prefektur manapun dan menemukan lowongan ini, sedangkan pekerjaan lainnya kebanyakan hanya tersedia di Tokyo. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman hidup yang berharga.

Tanpa sertifikasi guru dari negara asal, pekerja asing tidak dapat bekerja di sekolah negeri kecuali di bawah program JET dari pemerintah Jepang.

IT

 

IT Software Enginer source: giphy.com

Banyak perusahaan Jepang mempekerjakan tenaga IT asing, seperti software engineers dan programmer. Walaupun kompetitif, pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan paling populer di kalangan ekspatriat. Salah satunya karena pekerjaan ini tidak terlalu membutuhkan kemampuan bahasa Jepang.

Mau Bekerja di Jepang? Yuk, Ikut Persiapan JLPT dulu di Cakap

Penerjemah

 

translation source: giphy.com

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah. Tidak hanya dari Jepang ke Bahasa Inggris atau sebaliknya saja, tetapi dari bahasa-bahasa lain juga. Biasanya keahlian ini banyak dicari di industri gaming, dimana lokalisasi dan pengujian game dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja secara freelance sebagai penerjemah, misalnya membantu pebisnis yang sedang berkunjung ke Jepang atau menerjemahkan dokumen-dokumen tertentu.

Staff Penjualan (Sales Staff)

 

office staff source: giphy.com

Ini juga menjadi salah satu pekerjaan yang menyediakan banyak pilihan. Posisi-posisi seperti manajer penjualan internasional (international sales manager), staf pendukung penjualan (sales support staff), dan perwakilan penjualan (sales representative) bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Banyak perusahaan lokal Jepang yang memilih untuk mempekerjakan tenaga kerja asing untuk posisi-posisi di atas. Pekerjaan ini biasanya terdapat di perusahaan-perusahaan dengan jangkauan global yang mencoba mengakses pasar internasional, seperti perusahaan mobil atau perbankan.

Insinyur

 

insinyur source: giphy.com

Jepang dikenal dengan inovasi teknologinya yang canggih dan mutakhir. Maka tak heran, banyak perusahaan Jepang mulai dari industri elektronik, otomatif, dan manufaktur, terbuka untuk mempekerjakan ekspatriat.

Ada banyak lowongan pekerjaan teknik yang tersedia di Jepang karena kebanyakan perusahaan Jepang tidak membuka departemen ini di luar negeri.

Staff Layanan

 

waiter source: giphy.com

Selama kamu memiliki keterampilan bahasa Jepang yang lumayan dan punya visa yang valid (misalnya visa liburan kerja), kamu bisa mencari dan sangat mungkin untuk mendapat pekerjaan di industri jasa.

Mau Lancar Bahasa Jepang? Yuk, Download Aplikasi Cakap. Belajar Dimana Saja Tanpa Batas

Pekerjaan di industri pariwisata, seperti hotel dan resort, maupun restoran dan kafe di kawasan wisata yang sibuk, akan sangat terbuka bagi para tenaga kerja asing karena kemampuan multibahasa akan menjadi aset yang berharga buat kamu. Namun jangan lupa, industri layanan ini juga memerlukan tutur bahasa Jepang formal atau ‘keigo’ (敬語).

Nah, supaya proses pencarian kerja di Jepang lebih lancar, kamu bisa ambil kelas bahasa Jepang online dulu di Cakap. Bisa kapan saja dan dimana saja lho. Mudah bukan?

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google