10 Pekerjaan di Jepang untuk Orang Indonesia yang Banyak Peminat

pekerjaan di jepang untuk orang indonesia
Image by Lifestylememory on Freepik

Jepang saat ini merupakan salah satu negara maju dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Meski demikian, pertumbuhan perekonomian itu tidak dibarengi dengan pertumbuhan penduduknya yang dikabarkan terus menurun dari tahun ke tahun. 

Hal tersebut membuat Jepang terus mengalami kekurangan tenaga kerja dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, tenaga kerja dari luar Jepang, termasuk Indonesia, terus dibutuhkan setiap tahunnya. 

Indonesia dan Jepang sendiri memiliki hubungan kerjasama yang baik dalam bidang ketenagakerjaan. Hal ini memungkinkan para pencari kerja dari Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk dapat bekerja di Jepang. Ada baiknya kamu juga membaca Panduan Lengkap Bekerja di Jepang dan juga melakukan tes kepribadian minat dan bakat untuk menyesuaikan pekerjaan yang tepat untuk kamu setelah membaca artikel ini.

Beberapa dari Sobat Cakap mungkin tertarik untuk bekerja di Jepang, lataran menawarkan pengalaman yang baru serta besaran gaji yang lebih tinggi. Yuk, intip kira-kira pekerjaan apa saja di Jepang yang terbuka untuk orang Indonesia! 

Table of Contents

Engineer

Sebagai negara yang maju karena sektor industri, Jepang membutuhkan banyak tenaga kerja yang memahami tentang teknik atau permesinan. Hal ini tidak lepas dari besarnya permintaan pasar akan produk-produk industri berkualitas yang dihasilkan oleh Jepang. 

Perawat

Sektor ini merupakan yang paling banyak dilamar oleh tenaga kerja dari Indonesia. Ada dua jenis perawat yang dibutuhkan oleh Jepang saat ini yaitu perawat lansia dan perawat rumah sakit. Perawat lansia sendiri berperan untuk memperhatikan kesehatan para lansia seperti menemani terapi hingga rutinitas minum obat. 

Guru Bahasa Inggris

Meskipun termasuk negara maju, ternyata orang-orang Jepang banyak yang kurang pandai dalam berbahasa Inggris. Padahal dalam dunia internasional, bahasa Inggris wajib untuk dikuasai agar interaksi antar negara dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu profesi guru atau pengajar bahasa Inggris tidak pernah sepi peminat dan akan selalu dibutuhkan di Jepang. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Sektor Pertanian

Jepang memiliki sektor pertanian yang amat menonjol berkat didukung oleh kemajuan teknologinya. Namun sektor ini tergolong sepi peminat sebab pekerjaannya berada di daerah pedesaan. Pekerjaan di sektor ini tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan budidaya tanaman saja namun juga termasuk pemeliharaan hewan ternak secara umum.

Sektor Perikanan/Kelautan

Jepang terkenal sebagai negara dengan tingkat konsumsi ikan tertinggi di dunia. Banyak makanan terkenal khas Jepang yang terbuat dari ikan seperti sushi dan sashimi. Maka dari itu peluang kerja di sektor ini terbuka lebar untuk para pekerja. Hanya saja sektor ini umumnya mengutamakan pekerja dengan pengalaman kelautan dan perikanan. 

Pegawai Hotel

Industri pariwisata di Jepang merupakan salah satu sektor yang mengalami perkembangan amat pesat. Hal ini kemudian juga menyebabkan meningkatnya kebutuhan tenaga kerja di sektor perhotelan. Jenis pekerjaan ini merupakan yang paling banyak diminati oleh para pekerja dari luar Jepang sebab pekerjaannya tidak membutuhkan keterampilan khusus.

Buruh/Pekerja Pabrik

Pekerjaan jenis ini membutuhkan kekuatan fisik yang bagus sebab pekerja dituntut untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat yang membutuhkan tenaga. Seperti mengoperasikan mesin, pekerjaan di gudang, dan berbagai jenis pekerjaan fisik lainnya. Meski demikian, kesempatan kerja untuk buruh pabrik bidang manufaktur cukup besar di Jepang. 

Tenaga IT

Jepang terkenal sebagai salah satu negara dengan perkembangan teknologi terdepan di dunia. Sehingga pekerjaan sebagai ahli IT di Jepang merupakan pekerjaan prestisius yang diperebutkan oleh banyak orang. Meski demikian, kesempatan ini terbilang terbatas karena sangat mengedepankan keahlian dan pengalaman. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Industri Makanan dan Minuman

Pekerjaan ini berkaitan dengan pembuatan makanan dan minuman secara umum. Saat ini ada banyak tenaga kerja dari Indonesia yang menjadi tukang masak, barista ataupun pelayan di restoran Jepang. Pekerjaan ini juga sering dijadikan pekerjaan paruh waktu oleh mahasiswa Indonesia di Jepang. 

Translator

Pekerjaan sebagai translator tidak terbatas pada bahasa Inggris saja namun juga terbuka untuk berbagai bahasa negara lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk menjadi seorang translator wajib menguasai bahasa Jepang dengan sempurna. Pekerjaan jenis ini umumnya banyak dicari oleh industri game, jurnalistik, media, percetakan, konsultan dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah 10 pekerjaan di Jepang untuk orang Indonesia. Sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan ke Jepang, para pencari kerja wajib mempersiapkan banyak hal. Mulai dari kelengkapan berkas hingga mempelajari baik bahasa maupun budaya kerja masyarakat Jepang agar nantinya mudah untuk beradaptasi.

Bagi Sobat Cakap yang berencana untuk bekerja di Jepang, kamu bisa banget mengasah kemampuan bahasa Jepangmu bersama Cakap. Ada kelas Bahasa Jepang yang bisa kamu ambil dengan jadwal yang bisa dipilih sendiri. Segera daftar, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:

  • educraft.id
  • we-xpats.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.