Intip Gaji Magang di Jepang Terbaru, Belajar Sambil Dapat Cuan!

gaji-magang-di-jepang

Ingin memulai karier internasional? Yuk, mulai dari magang ke Jepang! Ada banyak kesempatan terbuka buat kamu para mahasiswa atau fresh graduate yang ingin magang di Jepang. Salah satu faktor yang bisa menjadi motivasi untuk bisa magang ke Jepang adalah gaji dan pengalaman kerja yang berharga. Selain bisa belajar dan membangung jenjang karier multinasional, kamu juga bisa mendapatkan cuan karena rata-rata gaji magang di Jepang cukup tinggi.

Selengkapnya tentang gaji dan jalur yang bisa kamu ikuti untuk program magang di Jepang, bisa kamu temukan di sini!

Table of Contents

Cara Magang di Jepang

Jepang memiliki jumlah penduduk yang sedikit di tengah perkembangan industrinya yang maju, sehingga banyak perusahaan kekurangan tenaga kerja. Membuka program magang menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan di Jepang untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Program magang ke Jepang biasanya berlangsung selama 1 sampai 3 tahun. Jika kamu ingin menjadi satu di antara peserta yang terpilih, mulai sekarang persiapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan serta jalur magang yang bisa kamu tempuh.

Syarat Magang ke Jepang

  • Usia minimum untuk magang ke jepang adalah 19-26 tahun
  • Memiliki ijazah SMA, D3, D4, atau S1
  • Tinggi badan minimum 150 cm untuk perempuan, dan 160 cm untuk pria
  • Syarat administrasi yang meliputi, KTP, KK, SKCK, Ijazah, dll

Jalur yang Tersedia untuk Bisa Magang di Jepang

1. Magang ke Jepang jalur negeri

Program magang ini dibuka setiap satu tahun sekali. Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui Disnaker atau IM Jepang. Jalur ini dibuka setiap setahun sekali dan disubsidi oleh pemerintah. Sektor perusahaan yang diarahkan oleh jalur ini berada di sektor industri.

2. Magang ke Jepang jalur swasta

Magang ke Jepang jalur swasta diselenggarakan oleh LPK yang sudah memiliki izin Sending Organization. Karena tidak disubsidi oleh pemerintah, maka jalur ini cenderung mengeluarkan biaya pribadi yang lebih mahal.

Syarat magang ke Jepang bisa kamu pelajari lebih lengkap disini : Syarat Magang ke Jepang serta Pilihan Profesi dan Caranya

Gaji Magang di Jepang Secara Umum

Gaji magang di Jepang dihitung berbeda tergantung pada masa atau tahapan magangnya. Biasanya disebut dengan masa kenshusei, jisshusei, hingga masa perpanjangan kontrak. Berikut penjelasan lengkapnya.

(1) Masa Kenshusei 

Masa kenshusei adalah masa berlatih sambil bekerja. Biasanya ada di periode awal atau bulan pertama seseorang memulai untuk magang. Para peserta masih berlatih penyesuaian di training center. Di masa ini kamu akan mendapatkan gaji sebesar 80.000¥ hingga 120.000¥ atau setara dengan 8-14 juta rupiah per bulan.

(2) Masa Jisshusei

Nah kalau masa jisshusei adalah masa di mana pemagang sudah mulai praktek kerja, biasanya terjadi antara bulan kedua hingga tahun ketiga. Di masa ini, peserta sudah dilindungi oleh Undang-Undang Perburuhan di Jepang. Bahkan mereka sudah diperbolehkan untuk mengambil lembur. Pada masa Jisshuusei, pemagang setidaknya akan menerima tunjangan dan gaji sebesar 90.000¥ hingga 200.000¥ atau setara dengan 9-24 juta rupiah per bulan.

(3) Perpanjang Kontrak Magang

Selanjutnya jika performa kerjamu bagus, dinilai baik, dan lulus ujian magang, kamu dapat memperpanjang masa magang, dari yang tadinya 3 tahun menjadi 5 tahun. Di masa perpanjang kontrak, gaji dan tunjangan yang akan kamu peroleh bisa lebih besar dari sebelumnya (masa jisshusei).

Besaran jumlah gaji dan tunjangan magang di Jepang tersebut belum termasuk potongan pajak dan asuransi. Jika mengikuti aturan pemerintah Jepang, maka beban pajak yang harus dibayar adalah 10% dari gaji, dan belum termasuk potongan asuransi.

Gaji Magang di Jepang Bidang Otomotif

Otomotif menjadi salah satu industri utama yang banyak membuka kesempatan bagi para pemagang. Industri otomotif Jepang dikenal memiliki standar yang berkualitas tinggi, baik dalam teknologi, kecanggihan, maupun inovasinya.

Gaji magang di Jepang untuk bidang otomotif biasanya sekitar 13 jutaan perbulan. Dilansir dari glassdoor, berikut beberapa contoh perusahaan otomotif dan tawaran gaji yang diberikan untuk para peserta magangnya:

  • Mitsubishi Fuso Truck & Bus: menawarkan gaji sejumlah 1.32.604¥ atau dalam kurs rupiah nilainya setara dengan Rp13.782.329 per bulan.
  • Mercedes-Benz Group: menawarkan gaji sejumlah 1.33.072¥ atau dalam kurs rupiah nilainya setara dengan Rp13.830.971 per bulan.

Gaji Magang di Jepang Bidang Konstruksi

Mengambil pilihan magang di bidang konstruksi merupakan hal yang cukup bijak. Nyatanya, sektor ini sangat penting dalam perekonomian Jepang, hingga negara Jepang mengeluarkan banyak investasi untuk sektor konstruksi.

Di sektor ini, kamu bisa magang di berbagai ranah pekerjaan, seperti konstruksi bangunan, pemeliharaan infrastruktur hingga magang sebagai teknik sipil.

Gaji magang di bidang konstruksi juga tidak main-main, setiap bulannya, kamu bisa menghasilkan 13-25 juta dengan jam kerja maksimal 8 jam per hari.

Salah satu contoh perusahaan yang bergerak di industri konstruksi Jepang adalah:

  • Kajima Corporation
  • Obayashi Corporation
  • Shimizu Corporation

Gaji Magang di Jepang Bidang Pertanian

Di Negeri Sakura, bidang pertanian memegang peran penting dalam perekonomian negara. Teknologi yang digunakan di sektor pertaniannya juga sangat maju dan modern. Untuk kamu yang hobi menanam, merawat, dan memanen berbagai jenis tanaman, industri pertanian sangat cocok jadi tempat magangmu.

Jika kamu memilih industri ini, kamu akan ditempatkan untuk bekerja di perkebunan, pertanian, atau pegunungan. Gaji magang di Jepang bidang pertanian biasanya dihitung per jam dengan bayaran sejumlah 750¥. Jika diakumulasikan dalam sebulan, kamu bisa mendapatkan sekitar 150.000¥ atau setara dengan Rp15.590.400 per bulan.

Salah satu contoh perusahaan yang bergerak di industri pertanian Jepang adalah:

  • Nakagomi Fruit Orchard
  • Daio Wasabi Farm
  • Ueno Farm

Gaji Magang di Jepang Bidang Elektronik

Jepang dikenal dengan produk-produk elektronik yang super canggih, maju, dan beragam. Tak tanggung-tanggung, Jepang dikenal sebagai rumah bagi produsen elektronik dunia. Jika kamu tertarik belajar tentang elektronik langsung dari sumbernya. Beberapa perusahaan elektronik terbesar di Jepang juga menawarkan program magang dengan gaji yang cukup tinggi, lho. Dalam satu bulan, kamu bisa mendapatkan sekitar 17 jutaan, belum lagi tunjangan dan gaji lembur yang bisa kamu dapat.

Dilansir dari Glassdoor, berikut beberapa contoh perusahaan elektronik dan tawaran gaji yang diberikan untuk para peserta magangnya:

  • Sony:  menawarkan gaji sejumlah 1.30.883¥ atau dalam kurs rupiah nilainya setara dengan Rp13.561.572 per bulan.
  • NEC Corporation: menawarkan gaji sejumlah 1.67.639¥ atau dalam kurs rupiah nilainya setara dengan Rp17.370.082 per bulan.

Demikianlah paparan gaji magang di Jepang secara umum, lengkap dengan paparan gaji dari beberapa sektor industri yang berbeda. Jika kamu tertarik untuk magang di Jepang, kamu bisa mulai persiapkan dokumen dan syarat-syaratnya dari sekarang!

Selain dokumen dan persyaratan lainnya, kamu juga butuh bekal bahasa untuk bisa magang di Jepang. Biar proses magangmu makin lancar, yuk perdalam kemampuan bahasa Jepangmu dengan mengikuti kelas bahasa Jepang online di Cakap! Dengan bantuan para sensei profesional dan berpengalaman, dijamin deh bahasa Jepangmu makin sat-set dan lancar. Segera booking kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.