Kenapa Dashboard Prakerja Kosong? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya!

kenapa dashboard prakerja kosong
Image by katemangostar on Freepik

Dashboard Prakerja adalah halaman awal yang akan kamu temui setelah melakukan log in kedalam akun Kartu Prakerja milikmu. Pada halaman dashboard ini kamu dapat mengakses berbagai macam layanan mulai dari pendaftaran gelombang pelatihan, mengubah nomor telepon, dan lain sebagainya. 

Namun, ada kalanya halaman dashboard Kartu Prakerja tersebut tidak bisa diakses atau hanya menampilkan halaman putih kosong (blank) dengan tulisan “Mohon Menunggu”. Kira-kira kenapa dashboard Prakerja kosong dan bagaimana cara mengatasinya, ya? Yuk, cari tahu penjelasannya dalam artikel berikut! 

Table of Contents

Penyebab Dashboard Kartu Prakerja Kosong

Perlu diketahui bahwa ada dua hal utama yang menjadi penyebab dashboard Kartu Prakerja kosong, yaitu: 

1. Jaringan Internet Tidak Stabil

Masalah paling umum yang menyebabkan halaman dashboard Prakerja tidak bisa diakses adalah akibat jaringan internet yang tidak stabil. Hal ini bisa terjadi karena adanya kendala jaringan dari koneksi yang kamu gunakan, baik wifi maupun paket data. 

Selain itu, perlu diperhatikan juga apakah paket internet yang sedang kamu gunakan masih aktif dan masih bisa untuk digunakan. Meskipun sepele, hal ini tentunya menjadi salah satu alasan kenapa jaringan internet melambat sehingga dashboard Prakerja tidak bisa diakses. 

2. Masalah Browser

Kendala lainnya yang juga sering terjadi dan mengakibatkan halaman dashboard Kartu Prakerja kosong adalah masalah browser yang digunakan. Terkadang ada bug ataupun cache penuh yang menyebabkan kamu tidak bisa mengakses internet dari browser-mu. 

Pada browser seperti Chrome, cache sendiri berfungsi meningkatkan kecepatan akses internet. Ketika cache penuh, akses akan melambat dan kamu mungkin akan kesulitan mengakses website dengan browser tersebut. 

3. Website Overload/Down

Selain karena jaringan internet yang tidak stabil, halaman dashboard Prakerja juga tidak bisa diakses akibat situs Kartu Prakerja mengalami server down atau overload. Keadaan ini terjadi akibat banyak yang sedang mengakses website Kartu Prakerja dalam waktu bersamaan.

Website down paling sering terjadi saat gelombang pendaftaran Kartu Prakerja dibuka di mana banyak orang mengakses website Prakerja secara bersamaan. Hal tersebut menyebabkan website Kartu Prakerja kelebihan kapasitas sehingga tidak bisa diakses. 

Cara Mengatasi Dashboard Kartu Prakerja Kosong

Setelah mengetahui penyebab-penyebab kenapa dashboard Prakerja kosong, sekarang bahas solusi dan cara mengatasinya, yuk!

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Jika kamu mengalami dashboard Prakerja kosong, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek koneksi internetmu. Pertama, pastikan kamu masih memiliki paket data aktif yang bisa digunakan untuk berselancar. 

Kemudian, sambungkan ulang koneksi internet atau dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane) sementara lalu menonaktifkannya kembali. Selain itu, kamu juga bisa mengganti koneksi yang kamu gunakan misalnya dari paket data ke wifi atau sebaliknya. 

2. Hapus Cache Browser atau Ganti Browser

Cara selanjutnya untuk mengatasi dashboard Prakerja kosong adalah dengan menghapus cache browser pada bagian setting. Pastikan juga kamu sudah mengupdate browser-mu untuk menghindari adalah masalah bug dan lainnya. 

Tidak hanya itu, solusi lainnya adalah dengan menggunakan browser lain, misalnya jika kamu menggunakan Chrome, coba ganti ke Firefox atau sebaliknya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengganti gawai dari handphone ke laptop atau sebaliknya. 

Temukan Pelatihan Kartu Prakerja Terbaik dan Terlengkap Hanya di Cakap!

3. Tunggu Hingga Website Kembali Normal

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya adalah di situs Prakerja itu sendiri yang mengalami overload/server down. Dalam hal ini tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menunggu dan mencoba kembali beberapa waktu kemudian. 

Kamu bisa bisa memantau hal ini di media sosial karena biasanya akan banyak pembicaraan terkait hal ini dari sesama peserta. Selain itu, kamu juga bisa memastikannya dengan memantau perkembangannya melalui media sosial resmi Kartu Prakerja. 

Laporkan Kendala melalui Formulir Pengaduan

Sementara kamu mencoba mencari tahu kenapa dashboard Prakerja kosong, kamu juga bisa melaporkan kendala tersebut melalui Formulir Pengaduan. Caranya adalah dengan mengisi data diri, email, serta kendala yang kamu temui di formulir tersebut. 

Kamu juga bisa menampilkan tangkapan layan (screen capture) dari tampilan dashboard Prakerja yang kosong tersebut. Pastikan kamu memasukkan data diri dengan benar dan alamat email yang aktif pada formulir tersebut, ya! 

Nah, sampai di sini dulu pembahasan mengenai alasan kenapa halaman dashboard Prakerja kosong dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui penyebab kendala tersebut, kamu tentunya akan lebih tahu solusi mana yang tepat untuk mengatasinya. 

Jika kamu sudah berhasil dalam pendaftaran Kartu Prakerja, pastikan kamu mengambil pelatihan di Cakap, ya! Ada banyak pilihan pelatihan dari berbagai bidang yang bisa kamu ambil di Kelas Prakerja Cakap, lho! Peserta untuk setiap kelasnya terbatas, jadi jangan sampai kehabisan, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.