10 Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita SMK dengan Gaji Besar

jurusan smk yang cocok untuk wanita
Image by an adi from Pixabay

Sobat Cakap tentu sudah mengetahui bahwa pendidikan Indonesia memiliki Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK yang lulusannya bisa langsung bekerja. Nah, bagi Sobat Cakap yang ingin segera produktif dan bekerja, melanjutkan studi ke SMK sangat layak dipertimbangkan. 

Meski demikian, tentunya Sobat Cakap perlu mencari tahu terlebih dahulu jurusan SMK yang lulusannya digaji dengan nilai yang lebih besar. Terutama untuk Sobat Cakap yang perempuan, karena tidak semua jurusan cocok untuk wanita. 

Kali ini Cakap ingin mengajak Sobat Cakap untuk mengenal beberapa jurusan SMK untuk perempuan dengan besaran gaji yang lumayan untuk lulusannya. Simak artikel berikut sampai habis, ya!

Table of Contents

Akuntansi

Lulusan akuntansi selalu dicari di berbagai perusahaan, baik itu perusahaan kecil, menengah, maupun perusahaan besar. Seorang akuntan biasanya mendapatkan gaji yang cukup besar, yaitu pada kisaran Rp4.000.000 atau sesuai UMP masing-masing daerah. Perlu diingat gaji ini juga akan tergantung pada pengalaman kerja serta besar-kecilnya perusahaan, ya. 

Administrasi Perkantoran

Selain jurusan akuntansi, administrasi perkantoran juga menjadi salah satu jurusan yang lulusannya paling banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan, Karena itu lulusan Administrasi Perkantoran memiliki prospek yang menjanjikan. Umumnya seorang lulusan SMK Administrasi Perkantoran digaji Rp3.000.000–Rp4.000.000 per bulannya, tergantung lokasi. 

Farmasi

Seorang lulusan SMK Farmasi memiliki kemampuan dalam meracik obat-obatan. Tingginya kebutuhan akan tenaga kerja medis membuat lulusan farmasi termasuk lulusan yang sangat dicari dengan gaji yang lumayan. Beberapa perusahaan menggaji lulusan SMK Farmasi hingga Rp4.000.000 atau sesuai UMP untuk lulusan baru. 

jurusan smk perempuan
Image by jcomp on Freepik

Keperawatan

Seorang lulusan SMK keperawatan memiliki kemampuan dasar seorang perawat. Lulusan jurusan ini bisa menjadi asisten perawat, asisten laboratorium, asisten dental, atau perawat homecare. Jika kamu nantinya menjadi perawat homecare, umumnya akan digaji hingga Rp5.000.000 per bulan. 

Perhotelan

Lulusan SMK perhotelan memiliki prospek kerja yang juga menjanjikan. Jika kamu nantinya lulus dari jurusan perhotelan, kamu bisa menjadi resepsionis, asisten koki, concierge, room service, event planner dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan gaji yang cukup besar jika kamu bekerja di hotel yang dekat dengan tempat wisata. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Tata Boga

Tata boga adalah jurusan yang mempelajari seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Tidak hanya itu, dalam tata boga kamu juga menghitung takaran gizi, cara mengelola bisnis kuliner, dll. Seorang lulusan SMK tata boga bisa bekerja sebagai koki di restoran atau membuka bisnis sendiri. 

Tata Busana

Jurusan tata busana mempelajari dasar-dasar tekstil, komposisi pola pakaian, pembuatan hiasan busana, sejarah mode, analisis tren, serta kewirausahaan. Seorang lulusan SMK tata busana bisa menjadi perancang busana, fashion stylist, dll. Dengan koneksi dan pengalaman, kamu lulusan jurusan tata busana bisa mendapatkan gaji yang lumayan. 

jurusan smk wanita
Photo by Yogendra Singh

Tata Rias dan Kecantikan

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi asisten perawat di klinik kecantikan, terapis, mendirikan salon kecantikan, atau make up artist (MUA). Saat ini bisnis di bidang kecantikan sedang naik daun. Hal ini bisa dilihat dari gaji seorang make up artist yang bisa mencapai belasan juta tiap bulannya, tergantung proyek yang dikerjakan. 

Pariwisata

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi wisata sehingga lulusan pariwisata memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Lulusan SMK pariwisata tidak hanya dibutuhkan di lapangan untuk menjadi tour guide, tetapi juga bisa berada di belakang komputer untuk melakukan pemasaran digital. 

Bisnis dan Pemasaran

Lulusan SMK bisnis dan pemasaran bisa bekerja di mana saja. Dengan ilmu dan kemampuan yang sudah kamu miliki, kamu bisa mengelola bisnis online, penataan produk, perdagangan ritel, inovasi produk, dan administrasi transaksi. Selain itu kamu bisa membuka usaha sendiri dan menjadi seorang pengusaha atau bisa juga bekerja di bidang penjualan dan pemasaran. 

Itulah pembahasan tentang jurusan SMK yang cocok untuk wanita dan memiliki gaji cukup besar. Semoga dapat memberi pencerahan bagi Sobat Cakap yang sedang ingin melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), ya. 

Perlu diketahui, selain keterampilan sesuai bidang ilmu, keterampilan penunjang seperti bahasa Inggris juga akan sangat dipertimbangkan untuk menentukan gaji. Oleh karena itu, Sobat Cakap juga perlu mengasah bahasa Inggris sesuai bidang keterampilan. 

Bagi Sobat Cakap yang sudah lulus dari jurusan-jurusan di atas, bisa banget meningkatkan skill, dengan belajar bahasa Inggris dan juga belajar skill lainnya di Cakap Upskill. Pilih kursus bahasa Inggris yang sesuai bidang keahlianmu, ya! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • idxchannel.com 
  • brainacademy.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.