15 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cepat Panen & Menghasilkan

jenis tanaman hidroponik yang cepat panen
Image by jcomp on Freepik

Sayuran merupakan jenis tanaman hidroponik yang paling sering dipilih untuk dibudidayakan karena dinilai lebih cepat panen. Dari sekian banyak sayuran, sayuran hijau pun lebih disukai karena perawatannya relatif lebih mudah dan tumbuhnya pun lebih cepat. 

Nah, kira-kira tanaman hidroponik apa saja yang mudah dirawat dan cepat panen untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual dan menghasilkan uang? Simak artikel ini sampai habis ya, karena akan ada berbagai jenis sayuran berdaun, sayuran buah, kacang, dan buah-buahan. 

Table of Contents

Sayuran Berdaun

Sayuran berdaun atau sayuran hijau adalah sayuran yang sangat umum dikonsumsi sehari-hari di Indonesia. Sayuran ini biasanya tidak membutuhkan waktu lama sejak ditanam hingga panen sehingga memiliki nilai ekonomi dengan perawatan yang relatif mudah. 

1. Bayam

Bayam dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi seperti zat besi dan magnesium. Sayuran ini merupakan jenis sayuran hijau yang umum dibudidayakan secara hidroponik. Kabar baiknya, bayam yang ditanam secara hidroponik memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada bayam yang ditanam di tanah. 

2. Kangkung

Mirip dengan bayam, sayuran hijau yang satu ini juga termasuk sayuran yang sangat sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dengan kandungan serat, vitamin A dan C, kalsium, hingga zat besi, sayuran ini juga sangat bernutrisi. Kangkung merupakan tanaman semi-akuatik khas Asia Tenggara yang tumbuh lebih baik di air daripada di tanah.

3. Sawi/Pakcoy

Sawi dan saudaranya seperti pakcoy termasuk sayuran berdaun hijau lainnya yang sangat cocok ditanam secara hidroponik. Sayuran ini juga kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin A dan K yang baik untuk kesehatan. Selain itu, sayuran ini juga umum dikonsumsi masyarakat Indonesia sehingga berpotensi menguntungkan jika dijual. 

4. Selada

Tidak hanya di Indonesia, selada bisa dikatakan sebagai sayuran hijau yang paling umum ditanam secara hidroponik di seluruh dunia. Selain perawatannya yang mudah, sayuran ini juga memiliki hasil yang banyak dan panen yang cepat yaitu dalam 3–4 minggu saja. Hampir semua jenis selada mendapatkan hasil yang baik saat ditanam secara hidroponik. 

5. Kol/kubis

Kubis adalah sayuran yang memiliki banyak sekali jenisnya. Meski demikian, hampir semuanya mengandung berbagai nutrisi penting mulai dari vitamin, mineral, dan antioksidan. Tanaman ini juga termasuk yang cepat menghasilkan, terutama ketika dibudidayakan secara hidroponik. Dalam waktu 9–11 minggu kubis sudah siap untuk dipanen dan dijual. 

sayuran berdaun hidroponik
Image by jcomp on Freepik

6. Daun bawang

Daun bawang dikenal dengan kandungan antioksidan sebagai pencegah diabetes, kanker, serta dapat membantu menurunkan berat badan. Penggunaannya cukup sering dalam berbagai masakan sehari-hari. Jika ditanam secara hidroponik, kamu dapat memanen tanaman ini setiap 3–4 minggu sekali. 

7. Cilantro atau daun ketumbar 

Sayuran yang satu ini sering kali susah dibedakan dengan seledri dan parsley karena bentuknya sekilas terlihat sama. Tanaman yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan penting jika kamu ingin memulai hidroponik untuk komersial. Cilantro siap dipanen dalam jangka waktu 3–4 minggu saja dengan hidroponik. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Sayuran buah

Sayuran buah adalah tumbuhan yang secara biologi merupakan buah-buahan tetapi secara kuliner digunakan sebagai sayuran. Jenis tanaman ini tergolong cukup menghasilkan secara ekonomi serta mudah dalam perawatannya. 

8. Tomat

Tomat adalah buah yang secara fungsi lebih sering dianggap sebagai sayuran, termasuk di Indonesia. Buah ini memiliki berbagai kandungan bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin B dan E serta berbagai mineral. Jika ingin menanam tanaman ini secara hidroponik, kamu perlu mengatur sistem hidroponikmu agar mendapat cahaya matahari yang cukup. 

9. Timun

Timun adalah sayuran buah selanjutnya yang juga sangat umum dikonsumsi di Indonesia, sehingga akan menguntungkan jika ditanam. Tanaman yang satu ini tumbuh merambat sehingga agak butuh perlakuan khusus untuk menanamnya secara hidroponik. Sama seperti saat menanam tomat, pastikan sistem hidroponikmu mendapat banyak cahaya matahari. 

10. Paprika

Paprika adalah buah unik dengan rasa manis sekaligus pedas yang sering digunakan sebagai sayuran. Sebagai buah, paprika juga membutuhkan banyak cahaya matahari, sama seperti timun dan tomat. Jika dibudidayakan dengan sistem hidroponik, paprika akan siap dipanen dalam waktu 60–80 hari tergantung jenis yang ditanam. 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah biji dari tumbuhan merambat yang sering kali dijadikan sebagai sayuran. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis kacang-kacangan, mulai dari buncis, kacang panjang, kacang polong, dll. 

11. Kacang-kacangan 

Sebagai tumbuhan yang merambat, menanam kacang membutuhkan teralis untuk tempat menjalar bagi batangnya. Dengan sistem hidroponik kacang seperti buncis atau kacang panjang dapat dipanen dalam 40–55 hari. Angka tersebut sekitar 25% lebih cepat daripada saat ditanam di tanah. 

Buah-buahan

Banyak sekali buah-buahan yang bisa ditanam dengan metode hidroponik, terutama buah-buahan yang ukuran pohonnya relatif kecil. Berikut adalah beberapa buah yang tumbuh baik secara hidroponik dan tergolong menghasilkan secara ekonomi. 

12. Stroberi

Buah yang satu ini termasuk buah yang banyak dikonsumsi dengan rasa yang unik dan kandungan nutrisi yang baik. Stroberi termasuk tanaman hidroponik dengan potensi komersial yang tinggi sehingga cukup populer. Dengan hidroponik, stroberi dapat tumbuh sepanjang tahun, tanpa memandang musim. 

13. Blueberry

Kaya akan vitamin dan antioksidan, blueberry merupakan salah satu buah-buah yang dikenal dengan manfaatnya. Buah yang satu ini membutuhkan perawatan khusus jika ditanam di tanah karena membutuhkan lingkungan yang asam. Jika dibudidayakan secara hidroponik, hal tersebut teratasi dengan baik karena keasaman dapat diatur dan disesuaikan. 

14. Semangka

Buah yang satu ini dikenal dengan kandungan airnya yang manis dan menyegarkan. Secara umum, tumbuhan yang tumbuh baik di air atau memiliki banyak kandungan air, cocok untuk ditanam secara hidroponik. Meski demikian, kamu harus memastikan sistem hidroponikmu akan kuat menahan beratnya buah semangka. 

15. Melon

Sama dengan semangka, melon termasuk buah yang cocok ditanam secara hidroponik. Kelebihan lainnya, kualitasnya seperti rasa juga akan lebih baik daripada melon yang ditanam di tanah. Memang membutuhkan perhatian lebih karena melon adalah buah yang berat, tapi potensi keuntungan dari menanam ini juga cukup besar. 

Nah, itu lah 15 tanaman hidroponik yang tergolong cepat panen, mudah dirawat, serta menghasilkan keuntungan jika dijual. Bagi kamu yang saat ini baru ingin memulai budidaya tanaman secara hidroponik, sayuran hijau sangat disarankan. Semoga bermanfaat! 

Dalam bisnis maupun pekerjaan, sering kali kita membutuhkan upgrade untuk ilmu yang sudah ada. Yuk, upgrade skill-mu dalam berbagai bidang keahlian di Cakap Upskill, biar kamu makin kompetitif dalam bisnis dan pekerjaan! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • homegardenfirst.com
  • trees.com
  • gardeningtips.in
  • floraflex.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.