Awadah Dakwah Festival Sajikan Kajian Online, Berikut Jadwalnya

Jadwal Awadah Dakwah Festival

Pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan tahun ini membuat umat Islam khususnya di Indonesia akan banyak menghabiskan waktu di rumah. Meskipun demikian, segala aktivitas ibadah harus tetap berjalan dengan maksimal ya! Nah, untuk menemani hari-hari selama di rumah saja, Awadah Dakwah Festival 2020 hadir menyajikan kajian islami yang dapat diakses secara online.

Merupakan inisiasi Awadah Group bersama WIR Group dan Cakap, Awadah Dakwah Festival menjadi platform bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mendengarkan siraman qalbu melalui dakwah eksklusif yang disampaikan oleh para Ustadz dan Ulama lewat aplikasi Cakap. 

Program ini ditayangkan dua kali sehari selama 55 menit per sesinya pada pukul 16.00 dan 21.00. Berikut adalah jadwal Awadah Dakwah Festival 2020 dengan berbagai macam tema dakwah yang diisi oleh sederet Ustadz dan Kiai.

5 Amalan Biar Hati Tenang di Tengah Musibah oleh Ustadz Romdhoni Hamzah

Senin, 4 Mei 2020 – Pukul 16:00

Musibah datang silih berganti menimpa manusia tanpa memandang golongan. Segala musibah pada hakikatnya datang dari Allah SWT. sebagai bentuk cobaan untuk menguji keimanan umatnya baik itu dengan keburukan maupun kebaikan. Menyikapi hal tersebut terdapat 5 amalan yang bisa dijalankan agar hati senantiasa tenang.

Islam Berkebudayaan : Jejak Dakwah Ulama Nusantara oleh Ustadz Dr. Zastrow Al-Ngatawi

Senin, 4 Mei 2020 – Pukul 21:00

Islam adalah agama yang membawa perdamaian dan dengan tegas mengharamkan umatnya berbuat zalim. Begitu pula dakwah yang dijalankan ulama nusantara, tidak serta merta langsung menyebarkan agama tanpa memperhatikan kebudayaan sekitar. Ulama nusantara menyebarkan Islam melalui cara yang adaptif dan damai.

Puasa Sebagai Media Pembentuk Pribadi Mulia oleh Ustad Ammar Rulloh

Selasa, 5 Mei 2020 – Pukul 16:00

Terdapat hikmah yang sangat besar dalam ibadah puasa, diantaranya untuk membentuk pribadi muslim yang mulia dan berakhlakul karimah. Puasa adalah sarana pembentukan pribadi manusia. Karena pada bulan ini seorang muslim dihadapkan dengan latihan-latihan spiritual berupa pelaksanaan ibadah puasa dan amalan sunnah.

Hikmah Dahsyatnya Bersedekah di bulan Ramadhan oleh KH. M. Luqman Hakim

Selasa, 5 Mei 2020 – Pukul 21:00

Bulan Ramadhan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya sebab begitu mulia dan istimewanya bulan ini. Pahala setiap amalan akan dilipat gandakan dan pintu ampunan terbuka lebar. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah sedekah. Allah SWT. memuliakan orang-orang yang bersedekah dan menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang dahsyat.

Tarawih di Rumah, Samakah Fadhilahnya? oleh K.H. Syaifullah Amin

Rabu, 6 Mei 2020 – Pukul 16:00

Tarawih adalah shalat sunnah di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan karena keutamaannya. Di tengah pandemi Corona masyarakat dihimbau untuk melaksanakan tarawih di rumah. Lantas muncul pertanyaan mengenai beda fadhilah tarawih di rumah dan masjid. Tentu terdapat perbedaan, namun keduanya sama-sama memiliki keutamaan.

Manusia Wajib Berusaha, Janganlah Berputus Asa oleh K.H. Ishomudin

Rabu, 6 Mei 2020 – Pukul 21:00

Allah melarang kita berputus asa, mengapa? Allah menjamin adanya harapan dan jalan keluar yang bisa ditempuh. Manusia diberi kemampuan untuk berusaha, maka sejatinya berputus asa bukanlah sebuah pilihan, terlebih Allah yang menentukan hasilnya. Perlu kita ingat bahwa Allah hanya memberi beban kepada hamba yang sanggup menanggungnya.

Supaya Puasa Kita Husnul Khatimah oleh K.H. Fathir Hambali

Kamis, 7 Mei 2020 – Pukul 16:00

Setiap umat muslim pasti tidak ingin ibadah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan berakhir sia-sia. Puasa bukan hanya perihal menahan lapar dan haus, melainkan juga berhati-hati terhadap perkara yang dapat membatalkan puasa. Untuk itu puasa Ramadhan harus dijalani dengan sungguh-sungguh agar kita mendapatkan kesempurnaannya.

Cara Terbaik Membangun Persaudaraan oleh Gus Dian Nafiq

Kamis, 7 Mei 2020 – Pukul 21:00

Dalam Islam rasa persaudaraan sangat ditekankan. Tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT., Islam juga membina hubungan  sesama manusia. Terdapat banyak firman Allah yang memerintahkan kita untuk menjalin ukhuwah. Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita menjaga keseimbangan habluminallah dan habluminannas.

Puasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui oleh Ustad Masruhin

Jumat, 8 Mei 2020 – Pukul 16:00

Selama bulan Ramadhan, wanita hamil dan menyusui mendapat keringanan untuk tidak berpuasa, jika khawatir akan dampak negatif terhadap kesehatan dirinya dan kandungan atau anaknya. Dengan ketentuan mengqadha atau membayar fidyah tergantung kondisi. 

Islam Damai Sebagai Lifestyle oleh Ustadz Zainul Hamdi

Jumat, 8 Mei 2020 – Pukul 21:00

Islam adalah agama yang mengajarkan perdamaian. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, senantiasa kita mengucapkan salam “assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” kepada sesama muslim ketika bertemu atau saling berpapasan. Dimana ucapan salam ini mengandung doa akan keselamatan dan kedamaian.

Cara Islam Memuliakan Orang Tua oleh Ustadz Romdhoni

Sabtu, 9 Mei 2020 – Pukul 16:00

Memuliakan orang tua sudah semestinya dilakukan anak, sebab karena kedua orang tua lah anak terlahir di dunia. Bertutur kata yang sopan, taati apa yang diperintahkan (selama sejalan dengan ketentuan Allah SWT.), dan berikan doa yang berlimpah.

Supaya “Hijrah” Kita Husnul Khatimah oleh Ustadzah Izza Farhatin Ilmi

Sabtu, 9 Mei 2020 – Pukul 21:00

Hijrah disini berarti mulai kembali menaati perintah Allah dan menjauhi larangannya serta berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Istilah “hijrah” populer di jaman ini dengan artian seseorang yang sebelumnya tidak begitu peduli terhadap ketentuan agama. Agar hijrah dapat berjalan dengan baik, tentu perlu dijalani dengan niat yang ikhlas dan sungguh-sungguh.

Happy Nuzul Quran oleh Ustadz Al-Hafidz Kurniawan

Minggu, 10 Mei 2020 – Pukul 16:00

Bulan Ramadhan penuh dengan kemuliaan. Salah satunya terdapat peristiwa Nuzulul Qur’an, yaitu hari dimana Al-Qur’an diturunkan ke bumi. Di Indonesia lazim diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, biasanya diadakan malam hari. Peringatan Nuzulul Qur’an diwujudkan dalam berbagai acara, salah satunya dengan menghadirkan pengajian umum.

Gaul Bersama Al Quran oleh Ustadz Khairi Fuadi

Minggu, 10 Mei 2020 – Pukul 21:00

Kegiatan yang paling mulia untuk menghabiskan waktu senggang adalah mempelajari Al-Qur’an. Begitu banyak kebaikan mempelajari Al-Qur’an, antara lain memberikan ketenangan hati, pahala yang berlimpah, petunjuk menuju jalan yang benar, syafaat di hari kiamat, dan menjadi kemuliaan bagi orang tuanya di surga. Masya Allah!

Hikmah Dibalik Musibah oleh Ustad Ammar Rulloh

Senin, 11 Mei 2020 – Pukul 16:00

Musibah adalah salah satu bentuk cobaan yang Allah berikan kepada umat manusia. Tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang lalai, namun juga menimpa orang yang beriman. Tinggal bagaimana menyikapi hal tersebut dengan penuh keimanan. Sesungguhnya terdapat hikmah yang dapat diambil bagi mereka yang berserah diri kepada Allah SWT.

Budaya Strategi Kebudayaan Wali Songo di Era Milenial oleh Ustadz Dr. Zatrow Al Ngatawi

Senin, 11 Mei 2020 – Pukul 21:00

Penyebaran agama Islam di Indonesia tidak luput dari peran Wali Songo. 9 wali ini menyiarkan agama Islam dengan metode yang bijak dan langkah strategis. Wali songo senantiasa menyampaikan dakwah Islam dengan membangun perdamaian melalui tutur bahasa dan cara yang dikemas sesuai dengan pemahaman masyarakat setempat.

Ukhuwah Insaniyah di Tengah Pandemi oleh K.H. Syaifullah Amin

Selasa, 12 Mei 2020 – Pukul 16:00

Sejatinya, menunaikan ibadah puasa di tengah pandemi Corona tidak berarti merenggangkan jalinan ukhuwah. Walaupun melalui sosial media setidaknya silaturahmi masih bisa dilakukan. Sebagai wujud ukhuwah insaniyah, pribadi yang memiliki rezeki lebih baik bisa menyumbangkan hartanya demi membantu masyarakat yang terdampak.

The Miracle of Zakat Fitrah oleh K.H. Ishomudin

Selasa, 12 Mei 2020 – Pukul 21:00

Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim dalam rangka menegakkan syariat Islam. Menunaikan zakat wajib hukumnya bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat. Dengan membayar zakat senantiasa kita mendapatkan pahala yang besar, meningkatkan kadar keimanan, menghapus dosa, dan memberikan hidayah dalam segala urusan.

Perempuan dalam Al Quran oleh K.H. Fathir Hambali

Rabu, 13 Mei 2020 – Pukul 16:00

Dalam berbagai sabdanya, Rasulullah SAW. selalu mengingatkan kita agar memuliakan kaum wanita. Begitu pula dalam Al-Qur’an, keberadaan kaum wanita sangat dihormati dan dijaga. Di samping itu perempuan diperintahkan Allah untuk menjaga kehormatan mereka di hadapan para lelaki yang bukan mahramnya.

Belajar Leadership kepada Rasulullah oleh Kiai Mukti Ali

Rabu, 13 Mei 2020 – Pukul 21:00

Leadership yang dilakukan Rasulullah meliputi berbagai bidang, yakni kepemimpinan agama dan negara. Rasulullah memimpin umat Islam sekaligus bertanggung jawab atas akhlak umatnya. Beliau adalah seorang cerminan pembina akhlak dan moral. Perintahnya meliputi semua bidang kehidupan. Kelembutan dan kasih sayang tak luput dari kepemimpinannya.

Rendah Hati Itu Keren! oleh Ustadz Romdhoni

Kamis, 14 Mei 2020 – Pukul 16:00

Rendah hati adalah sikap seseorang yang senantiasa tidak menyombongkan diri atas kemampuan yang dimiliki. Dengan rendah hati, seseorang akan terhindar dari sifat angkuh dan tidak serta merta mencampuri urusan orang lain yang tak dipahami (Sok tahu). Sikap rendah hati juga membuat seseorang berperilaku bijaksana kala diminta pendapatnya.

Belajar Agama Kepada Sumber yang Tepat, Kenapa Tidak? oleh K.H. Ma’ruf Khozin

Kamis, 14 Mei 2020 – Pukul 21:00

Menuntut ilmu agama adalah ibadah yang mulia. Namun menuntut ilmu agama tidak bisa dilakukan sembarang. Hendaknya menggunakan metode yang benar agar membuahkan hasil. Ada baiknya mendapat bimbingan dari guru atau ustadz sehingga ilmu yang didapat kebenarannya mutlak. Jika belajar seorang diri dikhawatirkan bias kebenaran.

Feeling Good di Hari Jumat (Amalan dan Keutamaan Hari Jumat) oleh Ustadz Al-Hafidz Kurniawan

Jumat, 15 Mei 2020 – Pukul 16:00

Hari Jumat memiliki sejumlah keistimewaan yang dapat kita manfaatkan untuk meraih pahala melimpah dengan memperbanyak ibadah. Di samping ibadah shalat Jumat, terdapat amalan yang dianjurkan antara lain membersihkan diri, membaca surat Al-Kahfi, perbanyak shalawat dan dzikir serta bersedekah.

Mengenal Khalifah dan Khilafah oleh Gus Dian Nafiq

Jumat, 15 Mei 2020 – Pukul 21.00

Pada dasarnya Khilafah adalah sebuah sistem pemerintahan yang mengusung ideologi Islam, syariat sebagai dasar hukum, dan Nabi Muhammad SAW. serta Khulafaur Rasyidin menjadi figur kepemimpinan Khilafah. Sedangkan Khalifah adalah pemimpin dari sistem pemerintahan Khilafah, atau biasa dipanggil dengan gelar Amirul Mukminin.

Belajar Perbedaan Pendapat Ulama (Biar Gak Bingung) oleh Ustadz Ramdani 

Sabtu, 16 Mei 2020 – Pukul 16:00

Perbedaan pendapat ulama bukan lagi hal yang dianggap tabu. Walaupun demikian para ulama tetap menunjukkan sikap kedewasaan dengan tidak memaksakan pendapat dan senantiasa toleran terhadap perbedaan pendapat. Sekarang tinggal tugas kita sebagai umat untuk mencontoh hal yang serupa dengan tidak saling mencap atau merasa diri paling benar.

Teladan Toleransi dari Sahabat Nabi oleh Gus Dian Nafiq

Sabtu, 16 Mei 2020 – Pukul 21:00

Rasululullah SAW. sangat menekankan umat muslim untuk menghormati dan menghargai siapapun. Rasulullah menggarisbawahi toleransi antar umat beragama selama mereka tidak mengancam keberadaan umat Islam. Para sahabat pun meneladani sikap toleransi Rasul dengan mengimplementasikannya dalam berbagai sisi kehidupan.

Menjadi Muslim Santun di Media Sosial oleh K.H. Syaifullah Amin

Minggu, 17 Mei 2020 – Pukul 16:00

Selain sebagai media komunikasi, social media menjadi wadah bagi setiap orang untuk mencurahkan segala isi hati hingga pendapat. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa segala yang diungkapkan lewat sosmed merupakan cerminan diri di kehidupan nyata. Jangan pernah beranggapan di dunia maya kita bisa semena-mena, jadilah pribadi yang santun.

Syarat dan Etika dalam Berdakwah oleh K.H. Fathir Hambali

Senin, 18 Mei 2020 – Pukul 16:00

Seorang pendakwah hendaknya mengilmui apa yang didakwahkan. Dalam berdakwah, seorang da’i harus menguasai sepenuhnya materi yang akan disiarkan. Tidak hanya soal materi dakwah, seorang da’i juga harus mencerminkan pribadi yang berakhlak mulia, mulai dari tutur bahasa hingga penampilan tidak boleh diabaikan.

Taubat dan Amalan Penggugur Dosa oleh Kiai Abdul Moqsith Ghazali 

Senin, 18 Mei 2020 – Pukul 21:00

Hati tidak akan tenang dikala hidup penuh dengan dosa. Tidak ada yang bisa dilakukan selain kembali kepada Allah SWT. dan bertaubat dengan sungguh-sungguh. Rasulullah SAW. bersabda: “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama (ruh) belum sampai di tenggorokan” (HR. Tirmidzi, dari Ibnu Umar Radhiyallahu’anhuma).

Itulah jadwal kajian islam Awadah Dakwah Festival 2020. Mari hidupkan rumah dengan memperbanyak amalan seperti dzikir, shalawat, membaca Al-Qur’an, dan mendengarkan dakwah. Jangan lupa saksikan Awadah Dakwah Festival 2020 setiap pukul 16.00 dan 21.00 lewat Aplikasi Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google