15 Ucapan Hari Raya Nyepi dalam Bahasa Inggris dan Artinya

nyepi dalam bahasa inggris
Image by tawatchai07 on Freepik

Nyepi atau “Hari Raya Nyepi” adalah sebuah perayaan budaya yang unik dan penting yang diperingati oleh komunitas Hindu di Bali. Berbeda dengan hari raya lainnya yang cenderung semarak, Nyepi adalah waktu untuk merenung, memurnikan diri, dan memperbaharui spiritualitas. Nah, kira-kira bagaimana menyebut hari raya nyepi dalam bahasa Inggris, ya? Gulir terus untuk mengetahui nyepi dalam bahasa Inggris dan ucapan yang bisa kamu berikan untuk yang merayakan. 

Table of Contents

Nyepi dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Bali, Hari Nyepi disebut “Rahina Nyepi”, orang-orang biasanya akan memberi ucapan yang sangat populer, yaitu “Rahajeng Rahina Nyepi”. Sedangkan dalam bahasa Inggris, Nyepi dapat disebut sebagai “Nyepi Day” atau yang juga dikenal sebagai “Balinese Day of Silence”. Penyebutan hari raya Nyepi dalam bahasa Inggris dapat disebut dengan istilah atau nama aslinya karena identik dengan unsur keagamaan dan budaya yang khas. 

Oleh karena itu, kamu bisa tetap menggunakan istilah “Nyepi” meskipun sedang berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Penyebutan Nyepi ini juga sudah cukup umum baik di kalangan turis yang berkunjung ke Bali maupun secara internasional. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Ucapan Nyepi dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa ucapan Nyepi dalam bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menulis ucapanmu sendiri: 

1. “Wishing you a peaceful and reflective Nyepi Day.”

Artinya: Semoga hari Nyepi damai dan penuh perenungan untukmu. 

2. “May this Nyepi Day bring you inner peace and spiritual growth.”

Artinya: Semoga Hari Nyepi memberimu ketenangan jiwa dan pertumbuhan spiritual

3. Happy Nyepi Day! May this day be a time of rest, reflection, and renewal for you.

Artinya: Selamat Hari Nyepi! Semoga di hari ini menjadi istirahat, refleksi, dan pembaruan bagimu.

4. On this Nyepi Day, may you find the clarity and strength to overcome any challenges that come your way.

Artinya: Di Hari Raya Nyepi ini, semoga kamu menemukan kejelasan dan kekuatan untuk mengatasi setiap tantangan yang menghalangimu. 

5. “May the new year ahead be filled with blessings, happiness, and prosperity for you. Happy Nyepi Day!”

Artinya: Semoga tahun baru ke depan dipenuhi dengan keberkahan, kebahagiaan, dan kemakmuran untukmu. Selamat Hari Raya Nyepi!

6. “Wishing you a quiet and serene Nyepi Day, as you take time to connect with your inner self and the divine.”

Artinya: Semoga kamu mendapatkan Hari Raya Nyepi yang tenang dan tentram, sebagaimana kamu meluangkan waktu untuk terhubung dengan batin dan yang Ilahi

7. “Happy Nyepi Day and Saka New Year! May Catur Brata Penyepian bring us to the nature of peace in finding the meaning of life.”

Artinya: Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka! Semoga Catur Brata Penyepian membawa kita pada alam kedamaian dalam menemukan makna hidup.

8. “May our introspection and retrospection bring us to a meaningful life ahead. Happy Nyepi and Saka New Year!”

Artinya: Semoga introspeksi dan retrospeksi membawa kita pada kehidupan yang bermakna di masa depan. Selamat Nyepi dan Tahun Baru Saka!

9. “The day to celebrate Melasti ritual and welcome Nyepi Day has arrived! Here’s to hoping in this New Saka Year, you’ll become a more serene and classy individual.”

Artinya: Hari merayakan ritual Melasti dan menyambut Hari Raya Nyepi telah tiba! Semoga di Tahun Baru Saka ini kamu menjadi pribadi yang lebih tenang dan elegan.

10. “Happy Nyepi Day! Peace and joyfulness are remedies for troubled souls.”

Artinya: Selamat Hari Raya Nyepi! Ketenangan dan hati yang gembira adalah obat bagi jiwa yang gundah.

11. “Today, the world and the universe are quiet. They lull restless souls to sleep and awaken new ones filled with tranquility. Happy Nyepi Day!”

Artinya: Hari ini alam dan semesta hening. Menidurkan jiwa yang gelisah dan membangunkan jiwa baru yang penuh ketenangan. Selamat Hari Raya Nyepi!

12. “Happy Nyepi Day! I hope your life and future are as peaceful as the current state of nature.”

Selamat Hari Raya Nyepi! Aku harap hidup dan masa depanmu setenang keadaan alam saat ini.

13. “Happy Nyepi Day to all my friends who celebrate! May Ida Sang Hyang Widhi help you find a prosperous and peaceful path in life.”

Selamat Hari Raya Nyepi untuk semua teman-teman yang merayakan! Semoga Ida Sang Hyang Widhi membantumu menemukan jalan hidup yang sejahtera dan penuh kedamaian.

14. “Start your day with a smile and a calm mind today because it’s Nyepi Day!”

Mulailah harimu dengan senyuman dan pikiran yang tenang hari ini karena ini adalah Hari Raya Nyepi!

15. “Happy Nyepi Day! It’s time to chill out and find joy because it’s good for your well-being, both physically and mentally.”

Selamat Hari Raya Nyepi! Saatnya bersantai dan mencari kegembiraan karena itu baik untuk kesehatanmu, baik fisik maupun mental.

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Waktu Terbaik Mengucapkan Selamat Nyepi

Nyepi adalah peringatan Tahun Baru Saka yang diperingati secara tenang dan jauh dari hiruk-pikuk duniawi. Selama 24 jam, sejak jam 6 pagi, hingga jam 6 pagi berikutnya, segala aktivitas di luar ruangan ditiadakan, tidak hanya untuk masyarakat Hindu Bali, tetapi bagi semua orang yang ada di Bali. 

Dalam hari tersebut, tidak ada penerangan maupun penggunaan peralatan elektronik, termasuk telepon genggam. Oleh karena itu, untuk memberi ucapan selamat, dianjurkan dilakukan sebelum Nyepi atau setelah hari raya Nyepi itu sendiri. 

Demikianlah pembahasan mengenai Nyepi dalam bahasa Inggris, serta beberapa contoh ucapan dan penjelasan waktu terbaik untuk mengucapkannya. Semoga bermanfaat bagi Sobat Cakap yang ingin memberi ucapan untuk teman-teman yang memperingatinya, ya! 

Mau bisa bikin berbagai ucapan dalam bahasa Inggris? Kamu harus upgrade kemampuan bahasa Inggrismu dulu! Salah satu caranya adalah dengan mengambil kelas bahasa Inggris di Cakap. Kamu bisa atur sendiri jadwal belajarmu dan juga memilih sendiri pengajar yang kamu sukai. Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • voi.id

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat