Gaji Digital Marketing di Indonesia sampai Dua Digit? Ini Faktanya!

gaji digital marketing
Image by wavebreakmedia_micro on Freepik

Digital Marketing adalah sebuah metode pemasaran yang muncul seiring dengan meningkatnya penggunaan internet. Saat ini, pemasaran dengan Digital Marketing jauh lebih efektif karena memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan pemasaran konvensional. 

Oleh karena itu, seiring dengan bertambahnya kebutuhan perusahaan terhadap Digital Marketing, peluang karier di bidang ini pun semakin terbuka. Bagi Sobat Cakap yang tertarik, cari tahu penjelasan mengenai karier dan gaji di bidang Digital Marketing dalam artikel ini, yuk! 

Table of Contents

Mengenal Profesi Digital Marketer

Orang yang melakukan pemasaran digital atau Digital Marketing disebut sebagai Digital Marketer. Mereka bertugas untuk menjalankan strategi pemasaran berbasis internet untuk sebuah bisnis atau perusahaan. 

Tujuan dari Digital Marketing adalah untuk memengaruhi calon konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan baik berupa barang maupun jasa. Meski demikian, pekerjaan Digital Marketing tidak terbatas hanya untuk meningkatkan penjualan semata. 

Digital Marketing juga termasuk mengenalkan perusahaan kepada masyarakat, meningkatkan brand awareness, dan menjaga reputasi perusahaan. Platform dan tools yang digunakan juga disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari email, website, sosial media, dan lain-lain. 

digital marketing gaji
Image by jcomp on Freepik

Ruang Lingkup Kerja Digital Marketing

Pekerjaan Digital Marketing meliputi segala bentuk pemasaran lewat internet, berikut beberapa ruang lingkup pekerjaan Digital Marketing. 

1. Search Engine Optimization (SEO)

Selain membuat konten-konten yang relevan, seorang Digital Marketer juga bertugas mencari kata kunci serta mengoptimasi kinerja website. Tujuannya adalah untuk membangun brand awareness lewat konten-konten yang dipublikasikan di website perusahaan. 

2. Content Marketing

Mempersiapkan berbagai konten yang menarik dan berkualitas bagi masyarakat yang menjadi target market-nya. Konten-konten tersebut nantinya akan muncul di berbagai platform seperti media sosial, email marketing, ads, dan lain sebagainya. 

3. Social Media Marketing

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube atau bahkan Tiktok memiliki basis pengguna yang amat besar. Oleh karena itu, media sosial pun menjadi bagian yang sangat penting dari strategi Digital Marketing. 

4. Online Ads

Online ads bertujuan untuk menjangkau target konsumen yang lebih tepat maka dari itu sebelum dibuat perlu diadakan sejumlah tes agar produk yang dipromosikan tepat sasaran dan sesuai dengan target pasarnya. 

Jenjang Karier dan Rata-Rata Gaji Digital Marketing

Kamu mungkin bertanya-tanya tentang berapa gaji Digital Marketing pemula? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa berbeda-beda tergantung perusahaan, jenis pekerjaan hingga UMR daerah tempatmu bekerja. Namun demikian umumnya gaji Digital Marketing pemula berkisar antara 3-6 juta rupiah perbulannya. 

Sobat Cakap mungkin bertanya-tanya tentang berapa gaji Digital Marketing pemula? Nah, hal ini bisa sangat tergantung dengan perusahaan, lokasi kerja, serta UMR daerah tempat bekerja. Meski demikian, umumnya gaji Digital Marketing pemula berkisar antara 3–6 juta rupiah. 

Dunia Digital Marketing memiliki cakupan yang amat luas sehingga ada banyak jenis pekerjaan yang digolongkan sebagai bagian dari Digital Marketing. Jenjang karier Digital Marketing dapat dibedakan menjadi beberapa level mulai dari level entry, mid, hingga senior

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

1. Digital Marketing Junior/Staff (Entry)

Pada posisi ini seorang Digital Marketer setidaknya harus memiliki satu atau dua keterampilan yang diperlukan dalam dunia Digital Marketing. Misalnya kemampuan menulis, desain grafis, pengeditan, hingga manajemen media sosial. 

Umumnya level ini bisa dilalui dalam waktu satu atau dua tahun sebelum naik ke level berikutnya. Adapun rata-rata gaji Digital Marketing profesional junior adalah 5-8 juta rupiah perbulannya. 

Beberapa jenis pekerjaan yang dapat digolongkan sebagai bagian dari Digital Marketing junior misalnya Content Strategist Staff, Social Media Staff, Content Writer, Copywriter, dan lain-lain. 

2. Digital Marketing Specialist (Mid)

Pada posisi ini seorang Digital Marketer akan menjadi seorang pemimpin kecil yang membawahi para entry level. Dengan demikian mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar serta diharapkan menghasilkan kinerja yang baik bagi perusahaan. 

Lantas berapa gaji Digital Marketing specialist? Gaji Digital Marketing pada level ini berkisar antara 8–11 juta rupiah per bulan. Namun jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung berbagai macam faktor seperti pengalaman ataupun perusahaan tempat bekerja. 

Adapun beberapa jenis pekerjaan yang dapat digolongkan pada level ini misalnya seperti SEO Specialist, Content Specialist, E-commerce Specialist, Social Media Specialist, dan lain sebagainya. 

Image by Freepik

3. Digital Marketing Manager (Senior)

Digital Marketing Manager merupakan level tertinggi yang dapat dicapai seseorang dalam jenjang karier Digital Marketing di suatu perusahaan. Untuk mencapai posisi ini kamu setidaknya harus memiliki pengalaman kerja mulai dari lima hingga tujuh tahun. 

Seseorang yang berada di level ini juga harus menguasai hampir seluruh keahlian Digital Marketing. Sebab dia nantinya akan bertanggung jawab dalam mengawasi seluruh kegiatan Digital Marketing perusahaan. 

Gaji Digital Marketing manager berkisar antara 12–18 juta perbulan. Beberapa jenis pekerjaan yang termasuk kedalam level antara lain; Social Media Manager, Content Manager, Content Marketing Manager, dan lain-lain. 

Freelance Digital Marketing

Selain bekerja di suatu perusahaan, seorang Digital Marketer juga bisa menjadi pekerja lepas atau freelance. Adapun besaran gaji yang akan didapat sekitar 2,5 juta rupiah untuk setiap project yang dikerjakan. 

Jika sudah mencapai level senior gaji yang didapat bisa jadi lebih tinggi hingga mencapai 6 juta rupiah untuk satu project-nya. Lowongan freelance Digital Marketing saat ini bisa kamu temukan di berbagai website freelance terkenal. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai jenjang karier dan rata-rata gaji Digital Marketing di Indonesia. Perlu diingat bahwa besaran gaji Digital Marketing yang disebutkan dalam artikel ini hanyalah gambaran saja sebab bisa berbeda-beda tergantung berbagai macam faktor. 

Bagi Sobat Cakap yang sedang mencari pekerjaan di bidang Digital Marketing dan berbagai bidang terkait, kamu bisa kunjungi Cakap Careers, lho. Temukan berbagai pilihan lowongan kerja di Cakap dan banyak perusahaan lainnya sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.