Frontliner: Pengertian, Tugas, Skill, Jenis, dan Rentang Gaji

frontliner-adalah

Tertarik dengan jenis pekerjaan yang menangani pelayanan customer dan membantu orang lain? Kalau iya, pekerjaan sebagai frontliner cocok untukmu! Frontliner adalah pekerjaan yang bisa dibilang sebagai wajah dan perwakilan dari perusahaan bagi para pelanggannya. Itulah salah satu hal yang menjadi alasan mengapa frontliner penting bagi perusahaan.

Ketika memutuskan menjadi seorang frontliner, kalian bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis posisi frontliner yang paling kalian minati. Untuk itu, yuk cari tahu pengertian frontliner, tugas frontliner, skill yang harus dimiliki, dan jenjang karier apa saja yang bisa diambil.

Table of Contents

Pengertian Frontliner

Frontliner adalah istilah dalam bidang pekerjaan yang digunakan untuk seorang profesional yang bertugas untuk memberikan pelayanan bagi pelanggan. Frontline bergerak di bidang pelayanan dan menjadi garda terdepan dalam operasi bisnis, yang nantinya menjadi orang pertama yang berinteraksi dengan pelanggan.

Untuk dapat menjadi frontliner profesional, dibutuhkan keterampilan yang cukup kompleks, mulai dari komunikasi verbal hingga keramahtamahan dan ketenangan.

Tugas Frontliner

Peran dan tanggung jawab frontliner bervariasi bergantung dengan beberapa faktor, seperti industri, posisi pekerjaan, dll. Para frontliner yang bekerja di bidang perbankan atau keuangan tentu memiliki tugas yang berbeda dengan mereka para frontliner yang bekerja di bidang pendidikan.

Kendati demikian, berikut ini beberapa tugas umum yang biasanya diemban oleh frontliner dari berbagai macam latar belakang industri.

  • Melayani dan berinteraksi langsung dengan pelanggan/klien
  • Menjawab telepon dan membalas email/pesan
  • Mencatat pemesanan, pembatalan, penukaran, dan pengembalian barang 
  • Membantu mencarikan solusi atas permasalahan para pelanggan
  • Memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik
  • Memelihara catatan bisnis
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan
  • Memproses pembayaran 


Skill yang Dibutuhkan Frontliner

Skill atau keahlian adalah bekal yang harus dimiliki seseorang yang ingin bekerja di posisi tertentu. Selain harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer, ada banyak lagi skill yang harus dimiliki frontliner.

So, setelah sebelumnya mengetahui cara kerja dan tugas frontliner, yuk cari tahu apa saja skill yang waijb dimiliki oleh para frontliner!

(1) Skill Komunikasi yang Dibarengi dengan Kemampuan Mendengarkan

Skill berkomunikasi menjadi skill yang selalu dibutuhkan di setiap posisi pekerjaan, terlebih pekerjaan frontliner. Keterampilan komunikasi sangat penting dalam berinteraksi dan menyampaikan informasi yang jelas dan sopan kepada pelanggan. Baik lewat komunikasi secara langsung, maupun komunikasi lewat pintu media seperti telepon, email, dll.

Tentunya, kemampuan berkomunikasi yang harus dimiliki frontliner juga harus dibarengi dengan keterampilan mendengarkan secara aktif. Jadi, ketika berkomunikasi dengan klien, nantinya mereka akan mudah memahami situasi dan kebutuhan klien secara akurat.

(2) Berpikir Kritis

Pekerjaan frontliner menuntut mereka yang ada di dalamnya untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Mampu membantu pelanggan/klien menyelesaikan masalah dan mencari solusi yang paling tepat. Kemampuan berpikir kritis juga akan membantu frontliner memikirkan rencana proaktif dalam memecahkan masalah kecil sebelum menjadi masalah yang jauh lebih kompleks. 

(3) Fleksibilitas

Cara kerja frontliner yang berhubungan dengan kebutuhan dan pelayanan customer mengharuskan para frontliner untuk melakukan penyesuaian diri secara mudah, cepat, dan fleksibel. Terlebih, setiap hari para frontliner pastinya akan menemukan pelanggan yang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga, perlu adanya fleksibilitas dalam beradaptasi dan menghadapi hal-hal yang tak terduga. Fleksibilitas juga dapat membantu frontliner untuk memiliki pengalaman interaksi yang positif dengan para customer-nya.

(4) Empati

Empati adalah keadaan di mana seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan dan pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Skill berempati ini sangat berguna terutama dalam hal membuat para pelanggan lebih nyaman dan dapat membangun hubungan saling percaya antara frontliner dan pelanggan.

(5) Tetap Tenang meski di Bawah Tekanan

Jobdesk frontliner terkadang berada di bawah lingkup yang mengharuskan mereka bekerja dengan serba cepat dan menantang. Maka dari itu perlu adanya kemampuan untuk tetap tenang meskipun bekerja di bawah tekanan. Kemampuan ini dapat membantu para frontliner untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bahkan di waktu-waktu sulit.

Jenis-Jenis Frontliner

Pekerjaan sebagai frontliner juga menawarkan jenjang karier yang cukup menggiurkan, lho. Kalian bisa menaiki tangga jabatan dari mulai tim leader, superviser, manager, hingga direktur. Tentunya jabatan tersebut menyesuaikan dengan jenis pekerjaan frontliner yang masing-masing. Lantas, apa saja sih jenis-jenis pekerjaan frontliner? Berikut ini beberapa jenis posisi pekerjaan frontliner yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan keahlian yang dimiliki. 

(1) Customer Service

Customer service merupakan jenis pekerjaan frontliner yang berhubungan langsung untuk menangani pesanan, keluhan, dan pertanyaan para pelanggan. Selain itu, customer service juga memiliki tugas lain, seperti memasukkan data entry pelanggan, membantu penjualan, dan membangun hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan.

Jika kalian tertarik dengan posisi pekerjaan sebagai customer service atau customer support, maka wajib hukumnya untuk memiliki skill komunikasi, product knowledge, dan time management yang baik.

(2) Teller

Teller atau frontliner bank adalah salah satu pekerjaan yang sudah tidak asing lagi. Banyaknya industri perbankan di Indonesia, menjadikan posisi pekerjaan ini cukup populer di kalangan masyarakat. Teller memiliki tugas utama untuk membantu nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi.

(3) Petugas Kasir

Jangan salah, bukan hanya customer service dan teller saja yang termasuk ke dalam jenis pekerjaan frontliner. Petugas kasir juga menjadi salah satu jenis pekerjaan frontliner yang berhubungan langsung dengan proses pembelian dan pembayaran produk. Seperti diketahui, kasir membantu melayani transaksi pembayaran para pelanggan. Pelayanan yang baik, keramahtamahan, dan ketelitian menjadi bagian penting dari tugas dan tanggung jawab kasir.

(4) Front Desk Agent

Siapa saja sih yang termasuk dalam front desk agent? Para frontline ini adalah mereka yang bekerja di konter utama, seperti hotel, resor, atau penginapan lainnya. Tugas utama front desk agent adalah membantu pengunjung melakukan check in atau check out, mencatat reservasi, dan mengurus pesanan para pelanggan.

Rata-Rata Gaji Frontliner

Berbicara mengenai gaji frontliner, pastinya kembali lagi dengan jenis pekerjaan frontliner itu sendiri. Di samping itu, gaji setiap frontliner juga ditentukan dari berbagai faktor dan kriteria, mulai dari jabatan, pengalaman, tugas dan tanggung jawab, domisili kantor, serta banyak hal lainnya.

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji frontliner biasanya berada pada kisaran angka 3 hingga 4 juta untuk para pegawai frontliner pada umumnya. Atau biasanya gaji frontliner juga berpatok pada gaji UMR yang ditetapkan masing-masing daerah.

Contoh Surat Lamaran Frontliner

Untuk melamar posisi pekerjaan sebagai frontliner, kalian tentu harus memasukkan surat lamaran kerja. Berikut ini contoh surat lamaran kerja frontliner bank (teller) yang bisa menjadi referensi bagi kalian.

frontliner
Template from Canva


Demikianlah penjelasan lengkap seputar pengertian frontliner, tugas frontliner, jenis-jenis, dan contoh surat lamaran kerja frontliner. Buat kalian yang tertarik bekerja sebagai frontliner, khususnya di bagian customer service, yuk ikutan
kelas belajar customer service bagi pemula!

Referensi:
-indeed.com
-saintif.com
-gramedia.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.