5 Tips & Cara Follow Up Customer dan Contoh Percakapannya

Apa Itu Follow Up

Foll up atau follow up adalah salah satu cara yang cukup banyak digunakan pemilik bisnis dalam berbagai kondisi. Mulai untuk menjaga engagement dengan konsumen hingga memajukan bisnis dari masukan yang diterima. 

Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk follow up sesuatu di perusahaan? Nah, kali ini kita akan memberikan tips yang bisa kamu pelajari. Yuk, intip selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Table of Contents

Apa Itu Follow Up?

Follow up artinya dalam bahasa Indonesia adalah menindaklanjuti. Namun, dalam konteks pekerjaan dan dunia bisnis, arti follow up dalam pekerjaan adalah kegiatan untuk menindaklanjuti customer terkait aktivitas-aktivitas yang belum selesai.

Misalnya, kamu adalah seorang customer service atau marketing. Kemudian, kamu memiliki customer yang memesan produk namun belum melakukan pembayaran, di situlah kamu wajib untuk melakukan follow up

Nggak hanya soal pembayaran saja, ketika customer sudah selesai membeli produk yang kamu jual, meminta feedback atau testimoni produk kepada customer juga merupakan bentuk follow up dalam dunia bisnis.

Pentingnya Melakukan Follow Up pada Customer

Bukan sekedar aktivitas basa basi semata, follow up adalah aktivitas yang memiliki tujuan penting, lho. Dengan melakukan follow up kepada customer, itu berarti kamu sedang berupaya untuk mempertahankan performa sekaligus mencoba agar mendapatkan kesetiaan pelanggan. 

Seorang customer service atau marketing yang melakukan follow up dituntut untuk selalu beramah tamah, serta menggunakan bahasa yang baik saat melakukan follow up kepada customer. 

Kebanyakan perusahaan-perusahaan di Indonesia mendapatkan keuntungan lebih banyak dari pelanggan yang sudah setia membeli dan langganan produk, ketimbang pelanggan yang baru sekali atau dua kali membeli produk. 

Dan kesetiaan pelanggan selalu identik dengan pelayanan yang baik. Sebaliknya, konsumen akan meninggalkan suatu produk atau perusahaan tertentu jika customer service-nya memberikan pelayanan yang kurang bagus. 

Maka dari itu, nggak bisa dipungkiri bahwa follow up memang memiliki dua tujuan penting, yakni mendapatkan keuntungan yang lebih besar, serta mempertahankan performa dan eksistensi sebuah perusahaan dari perspektif customer.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

5 Tips & Cara Follow Up Customer

Meskipun terdengar simpel, namun sebenarnya follow up adalah kegiatan yang nggak boleh dilakukan dengan sembarangan, lho. Bukan tanpa alasan, sebab jika kamu follow up dengan asal-asalan, hal ini bakal mempengaruhi perspektif customer terhadap produk, atau bahkan kepada perusahaan kamu. 

Berikut ini ada beberapa tips dan cara follow up customer yang wajib banget kamu ketahui. Langsung cek penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Ungkapkan Rasa Terima Kasih pada Customer

Sederhana namun berharga, jangan lupa ungkapkan rasa terima kasihmu kepada customer yang telah memilih dan mempercayai produk yang kamu tawarkan. 

Kalaupun pada akhirnya sang customer memutuskan untuk tidak jadi membeli produk yang kamu tawarkan, setidaknya customer tersebut telah pay attention terhadap tawaranmu, maka dari itu ucapkanlah terima kasih karenanya.

2. Berikan Penawaran Khusus

Memberikan penawaran khusus merupakan hal yang bisa menarik perhatian si customer. Jika customer sudah tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, buatlah mereka semakin tertarik dengan memberikannya penawaran khusus. Penawaran yang diberikan pun bisa bermacam-macam, mulai dari diskon, hingga harga promo. 

Meskipun sang customer sudah melakukan pembayaran, kamu bisa tetap menawarkan hal-hal lain, seperti add on, upgrade produk, atau penawaran lain yang berkaitan dengan kebutuhan customer.

3. Tawarkan Bantuan pada Customer

Tidak semua orang yang membeli sebuah produk akan langsung bisa mengoperasikannya dengan baik, apalagi bila produk yang dibeli membutuhkan lebih banyak proses teknis, seperti komputer atau barang-barang elektronik lainnya. 

Ketika customer sudah selesai melakukan transaksi, lakukanlah follow up dengan tujuan untuk memberikan bantuan untuk meminimalisir terjadinya slip and mistake selama customer menggunakan produkmu. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan customer, supaya mereka tidak khawatir akan kesulitan dalam mengoperasikan produk yang baru dibelinya.

4. Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kebanyakan konsumen memiliki kesetiaan kepada produk dari perusahaan yang memiliki layanan baik. Sebaliknya, konsumen akan meninggalkan produk dari perusahaan yang memberikan layanan nggak bagus. 

Meskipun terdengar mudah, follow up adalah hal yang harus kamu lakukan dengan hati-hati. Selalu gunakan bahasa yang baik dan sopan saat berkomunikasi dengan customer. Secara nggak langsung, hal ini bisa membuat akan customer merasa lebih dihargai.

5. Tanyakan Feedback Customer Terhadap Produk

Follow up adalah suatu hal yang nggak hanya berkaitan dengan transaksi jual beli. Namun, setelah customer membeli produk yang kamu jual, kamu hendaknya menanyakan feedback atau sekedar meminta testimoni dari pelanggan, mengenai produk atau layanan yang kamu sajikan. Dari feedback ini, kamu bisa mengevaluasi dan meningkatkan kualitas bisnis dari segi produk atau layanan di kemudian hari. 

Contoh Percakapan Follow Up

Pexels

Agar kamu tidak bingung dalam memulai percakapan, berikut ini adalah contoh percakapan dan kata kata follow up customer lewat WhatsApp. Catat baik-baik, ya!

Contoh Follow Up 1

Bahasa Indonesia

“Selamat siang, Ibu Mustika. 

Terima kasih telah memesan produk dari Maju Elektronik, dan semoga Anda sehat selalu. 

Saya Randi, Customer Service dari Maju Elektronik. Kami menerima pesanan mesin cuci 2 tabung yang telah Anda beli. Berkaitan dengan pemesanan tersebut, saya ingin mengingatkan bahwa Ibu Mustika belum melakukan pembayaran atas pesanan mesin cucinya.

Untuk pembayaran bisa dilakukan melalui direct transfer ke rekening Maju Elektronik.

Jika ada kendala, Anda bisa menghubungi tim kami untuk memberikan bantuan. Terima kasih.”

Bahasa Inggris

“Good afternoon, Ms. Mustika.

Thank you for ordering products from Maju Elektronik, and I hope you are always healthy.

I’m Randi, Customer Service from Maju Elektronik. We confirmed your orders for a 2 tube washing machine. About the transaction, I would like to remind you that Ms. Mustika has not paid for the order..

Payments can be paid via transfer to the Maju Elektronik account.

If there are problems, you can contact our team to provide assistance. Thank you”

Contoh Follow Up 2

Bahasa Indonesia

“Halo, Pak Bayu 

Karena Bapak merupakan pelanggan ke 100 yang telah membeli laptop dari toko Sentral Komputer, dengan ini Bapak berhak untuk mendapatkan promo tebus murah. Dengan tambah biaya Rp 20.000 saja, Bapak bisa mendapatkan mouse dengan kualitas bagus untuk melengkapi laptop spek gahar yang Bapak beli. 

Jika Bapak berminat untuk ambil tebus murahnya, silahkan balas pesan ini. 

Terima kasih telah memilih produk dari Sentral Komputer”

Bahasa Inggris

“Hello, Mr. Bayu

Because you are the 100th customer who has bought a laptop from the Sentral Computer, we’ll give you a special promo. If you pay Rp. 20,000 for the additional fee, you can get a mouse with good quality to complement the high-spec laptop that you bought.

If you are interested in the offering, please reply to this message.

Thank you”

Contoh Follow Up 3

Bahasa Indonesia

“Dear Ibu Ratna, 

Terima kasih telah melakukan pembelian satu lusin piring motif antik dari Toko Pecah Belah. Berdasarkan transaksi pembelian piring tadi, seberapa puas Anda dengan produk dan layanan yang diberikan oleh toko kami? 

Saran dari Anda akan membantu kami agar lebih baik lagi. Kami tunggu feedback dari Anda, terima kasih.”

Bahasa Inggris

“Dear Mrs. Ratna,

Thank you for purchasing a dozen antique plate plates at Toko Pecah Belah. Based on your latest transaction, how satisfied are you with the products and our services?

Your suggestions will help us to improve. We are waiting for your feedback, thank you.”

Nah, Sobat Cakap, itulah tadi beberapa penjelasan tentang follow up yang bisa kamu terapkan. Agar bisnis kamu semakin berkembang, mulailah memperhatikan kepuasan pelanggan menggunakan metode follow up satu ini. Kalau kamu ingin mempelajari segala tentang bisnis, yuk ikuti kelas pengelolaan bisnis bersama profesional di Cakap Upskill. Jangan sampai terlewat!

Referensi : 

  • getcloudapp.com 
  • indeed.com

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.