Arti Kata Effort dalam Bahasa Gaul dan Contoh Penggunaannya!

effort-dalam-bahasa-gaul

“Semua ini butuh effort lebih!” Kamu pasti sering banget kan denger kata effort atau bahkan sering menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Kata yang sedang viral digunakan di berbagai platform ini memiliki sisi unik yang bisa diulik lebih jauh. So, yuk telaah lebih dalam arti effort dalam bahasa gaul!

Table of Contents

Pengertian Effort

Effort adalah kata gaul bahasa Inggris yang dilafalkan dengan /ˈef.ərt/. Secara etimologi kata effort berasal dari Prancis Tengah, dari kata esforz dan esfort, yang mana merupakan bahasa Prancis Lama. 

Kata ini memiliki arti “upaya” dan “usaha”. Secara lebih dalam, effort diartikan sebagai aktivitas fisik atau mental yang diperlukan untuk melakukan atau mencapai sesuatu. Effort sendiri tergolong dalam kelas kata benda atau noun. Tiga di antara kata turunan dari effort yang juga nggak kalah terkenal adalah efforts, effortless, dan effortlessly.

Selain itu, ada juga beberapa sinonim atau persamaan arti dari kata effort yang bisa kamu gunakan, yaitu attempt, endeavor, strive, dan striving. 

Penggunaan Kata Effort

Seperti yang kita tahu bahwa akhir-akhir ini kata effort viral dan menjadi kata gaul dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam beberapa situasi, salah satunya adalah dalam relationship atau hubungan. Di bawah ini ada beberapa penggunaan kata effort dalam bahasa gaul yang perlu kamu ketahui!

(1) Arti Kata Effort dalam Hubungan

Kata effort dalam bahasa gaul juga seringkali dikaitkan dengan hubungan dan percintaan. Para couple atau pasangan kerap beranggapan bahwa kualitas hubungan yang dijalani bergantung pada effort dari pasangan masing-masing. Bentuk effort yang biasanya dibutuhkan dalam hubungan adalah memberikan waktu, hadiah, pujian, hingga memberikan prioritas lebih terhadap pasangan.

Contoh kalimat:

  • My boyfriend made a special effort to celebrate my birthday.
    (Pacarku melakukan upaya/usaha khusus untuk merayakan ulang tahunku).

(2) Effort ketika Disandingkan dengan Kata Lain

Ada beberapa kata yang sering digunakan dan dikombinasikan dengan kata effort. Kira-kira jika kata effort disandingkan dengan kata lain akan memiliki arti apa saja ya? Let’s check it out!

  • All-out effort: upaya habis-habisan
  • Ambitious effort: usaha yang ambisius
  • Best effort: usaha terbaik
  • Conscious effort: upaya sadar
  • Considerable effort: usaha cukup/banyak usaha

Contoh kalimat:

It is an all-out effort by employees and the company, in order to stay afloat through tough times and recover from them.
(Ini adalah upaya habis-habisan oleh karyawan dan perusahaan, untuk tetap bertahan melalui masa-masa sulit dan pulih darinya).

Baca juga: Arti Tho (Though) serta Contoh dan Cara Menggunakannya

Contoh Kalimat “Effort” dalam Bahasa Inggris

Agar kamu semakin memahami penggunaan kata effort dalam bahasa Inggris, simak dan perhatikan contoh kalimat berikut:

  • I imagine myself in the coming decade celebrating and supporting others’ efforts to do such things.
    (Saya membayangkan diri saya dalam dekade mendatang merayakan dan mendukung upaya orang lain untuk melakukan hal-hal seperti itu).
  • He put a lot of effort into finishing the project on time.
    (Dia berusaha keras untuk menyelesaikan proyek tepat waktu).
  • We need to expend more effort.
    (Kita perlu mengeluarkan lebih banyak upaya).
  • I hope you are not wasting your effort for her.
    (Aku harap kamu tidak menyia-nyiakan usahamu untuk dia).
  • This relationship depends on how much effort you put in.
    (Hubungan ini tergantung pada seberapa banyak usaha yang Anda lakukan).

Demikianlah arti effort dalam bahasa gaul lengkap dengan penggunaan dan contoh dalam sebuah kalimat yang utuh. So, sekarang kamu bisa menggunakan kata effort tanpa ragu karena sudah mengetahui arti yang sebenarnya.

Biar makin gaul dan lancar berbahasa Inggris, yuk daftar kursus bahasa Inggris online di Cakap! Belajar di Cakap sangat cocok buat kamu ingin belajar secara fleksibel dan bebas mengatur jadwal belajar sendiri. Tunggu apa lagi, cek kelasnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat.

Referensi:
-dictionary.cambridge.org
-britannica.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat