Daily Expression in English Lengkap Contoh dengan Artinya

daily-expression

Salah satu langkah awal yang bisa dipelajari saat baru belajar bahasa Inggris adalah menghafal daily expression dan artinya. Nah, sejauh ini sudah berapa daily expression yang sudah kamu hafalkan? Puluhan kalimat? Atau bahkan hanya berjumlah hitungan jari?

Kalau daftar daily expression yang sudah kamu kuasai belum cukup banyak, sekarang saatnya untuk menambah lagi jumlah daily expression-mu! Yuk, cek daftar daily expression berikut!

Table of Contents

Daily Expression

Sebagian dari kamu mungkin sudah paham betul pengertian dari daily expression. Bahkan sudah sangat akrab dengan beberapa daily expression, seperti kata-kata “How are you?” dan “I’m fine/ I’m good”.

Arti dari frasa ini bisa dicari tahu dari kata perkatanya. Daily sendiri berarti sehari-hari/harian, sedangkan expression berarti ekspresi. Jika keduanya digabungkan maka daily expression adalah ekspresi atau ungkapan yang biasa digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari.

Keintensitasan dalam penggunaanya menjadi salah satu alasan kenapa daily expression begitu penting untuk diketahui dan dihafalkan.

Manfaat Mempelajari Daily Expression

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat ketika kamu mempelajari daily expression. Beberapa di antaranya, yaitu efektifitas dalam belajar Bahasa Inggris, dengan belajar daily expression, berarti kamu tidak lagi hanya belajar bahasa Inggris secara word by word, tetapi langsung pada frasa.

Mempelajari daily expression juga semakin memperkuat hafalan kosakata bahasa Inggris kamu. Tidak hanya sampai di situ, tentunya kosakata yang kamu hafal akan semakin bertambah banyak. So, proses belajar bahasa Inggrismu tentu akan jadi lebih cepat.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Contoh Kalimat Daily Expression

Berikut ini adalah kumpulan contoh kalimat daily expression dan artinya yang sangat sering ditemukan dan digunakan dalam setiap percakapan.

1. What’s your name? → (Siapa namamu?)

Digunakan untuk menanyakan nama dan berkenalan dengan seseorang yang baru kamu kenal.

2. Nice to meet you → (Senang berkenalan denganmu)

Jika kamu merasa senang saat berkenalan dan bertemu dengan seseorang, kamu bisa menggunakan daily expression tersebut.

3. What a small world → (Betapa kecilnya dunia)

Daily expression ini bisa kamu ucapkan ketika merasa dunia begitu kecil, sehingga kamu selalu bertemu atau berurusan dengan orang yang sama.

4. Twenty four seven → (Dua puluh empat per tujuh)

24/7 menjadi salah satu daily expression yang lagi hype nih. Ungkapan ini bisa digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang terjadi terus menerus, sepanjang waktu atau setiap hari.

5. Here we go again → (Aduh, terjadi lagi)

Dan terjadi lagi…. Yap! Jika kamu merasa sesuatu yang bisa dikatakan “kurang mengenakkan” terjadi lagi, kamu bisa menggunakan daily expression ini.

6. Good job! → (Kerja bagus)

Ketika ingin memuji seseorang atas kerja kerasnya, kamu bisa mengatakan good job. Atau untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengatakan you really did a great job!

7. I’m sorry to hear that → (Saya turut berduka mendengarnya)

Kalau kamu mendengar ada yang sedang terkena musibah. Kamu bisa menggunakan daily expression ini sebagai ungkapan duka.

8. Excuse me! → (Permisi)

Saat akan menyapa atau memulai obrolan dengan orang yang tidak dikenal atau saat akan masuk ke rumah seseorang, kamu bisa menggunakan daily expression ini.

9. Wish Me Luck! → (Doakan saya/ Semoga saya beruntung)

Wish me luck, salah satu daily expression yang bisa digunakan kalau kamu ingin minta doa dan dilancarkan dalam menghadapi sesuatu.

10. Take it easy → (Santai saja)

Beberapa hal mungkin ada yang sulit dilalui atau dilakukan, tetapi ketika kamu ingin menjalaninya dengan santai dan ambil cara mudanya, kamu bisa menggunakan ungkapan take it easy!

11. Could you take a photo for …., please? → (Bisakah kamu mengambil foto … kami/aku?)

Siapa nih yang hobi foto-foto? Kalau kamu salah satunya, wajib banget hafalin kalimat daily expression ini, ya!

12. Take it or leave it! → (Ambil atau tinggalkan)

Kamu bisa menggunakan ungkapan take it or leave it saat akan memilih sesuatu, dan hanya ada dua opsi pilihan, ambil atau tinggalkan.

13. Long time no see → (Lama tidak berjumpa)

Kalau daily expression yang satu ini kayaknya udah nggak asing banget ya. Long time no see biasanya digunakan untuk menyapa seseorang yang sudah lama tidak dijumpai.

14. It’s a brand new day → (Ini adalah hari yang baru)

Ungkapan ini sebenarnya memiliki arti yang cukup dalam, ketika kamu mengungkapkannya, berarti kamu ingin mengatakan bahwa “ini hari yang baru, kesempatan yang baru, dan kamu bisa memulainya dengan baik”.

15. Give me a hand → (Bantu aku)

Daily expression ini berarti “bantu aku”. So, kalau ada yang bilang give me a hand, dia tidak ingin kamu mengulurkan tangan, tetapi dia membutuhkan bantuanmu.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Percakapan Daily Expression

Setelah sebelumnya membaca beberapa contoh kalimat daily expression, yuk mengenal lebih jauh tentang daily expression melalui contoh percakapan bahasa Inggris daily expression berikut ini!

Rania: Hi! Andra right?
(Hai! Andra kan?)

Andra: Wah, who is this? Rania OMG! Long time no see!
(Wah, siapa ini? Ya ampun Rania! Lama tidak bertemu)

Rania: Ya, long time no see! How are you?
(Ya, sudah lama tidak bertemu. Kamu apa kabar?)

Andra: I’m good. What are you doing here? Isn’t it that you’ve moved to Surabaya?
(Kabar baik. Apa yang kamu lakukan di sini? Bukankah kamu sudah pindah ke Surabaya?)

Rania: Ya, I’m on vacation in Bali, visiting my friends.
(Ya, aku sedang liburan di Bali, mengunjungi teman-temanku).

Andra: It’s good to see you here. Let’s hang out together before you go back to Surabaya!
(Senang bertemu kamu di sini. Ayo nanti kita nongkrong sebelum kamu balik ke Surabaya!)

Rania: Sure! I’ll call you soon.
(Tentu! Aku akan menghubungimu segera).

So, itulah beberapa contoh daily expression lengkap dengan artinya. Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak daily expression dan materi bahasa Inggris lainnya, yuk gabung di kelas bahasa Inggris online Cakap! Di sana kamu akan belajar langsung secara dua arah bersama para teachers professional. Tunggu apa lagi? Daftar Cakap sekarang, yuk!

Referensi:
-grammarly.com
-ejoy-english.com
-learnenglishfunway.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat