35 Contoh Soal HSK 5 dan Jawabannya Lengkap Terbaru!

contoh-soal-hsk-5

Sudah menyelesaikan tes HSK dari level 1-4? Ingin ambil ujian di level yang lebih tinggi lagi? Yuk, beranikan diri mengikuti HSK 5! Tes kemahiran berbahasa Mandarin ini biasanya cocok untuk para mahasiswa dan pekerja internasional yang ingin melanjutkan kuliah dan kerja di Tiongkok. Nah, sebelum mengambil tes HSK, ada baiknya untuk berlatih contoh soal HSK 5 terlebih dahulu!

Table of Contents

Mengenal HSK 5

hsk-5
Photo from Istock

HSK 5 adalah salah satu level ujian yang masuk ke dalam dua level tertinggi dari tes ini. Biasanya, ditujukan untuk mereka yang ingin melanjutkan studi ke Tiongkok, mendapatkan beasiswa, atau melamar kerja di wilayah Tiongkok.  Pada level ini, peserta ujian diharapkan sudah mampu membaca, menulis, berpidato, dan menonton film berbahasa Mandarin tanpa takarir atau subtitle.

Jumlah kosakata yang harus dikuasai untuk lulus ujian HSK 5 cukup banyak, yaitu setara dengan 2.500 kosakata bahasa Mandarin. Tidak selesai di situ, kamu juga perlu mengenal dan memahami paling tidak 1.500 karakter/huruf bahasa Mandarin.

Format tes HSK ini ada 3, yaitu speaking, reading, dan writing. Untuk soal listening ada 45 soal, reading 45 soal, dan writing 10 soal. Jadi, soalnya ada 100 soal. Nilai minimal untuk kamu bisa lulus ujian HSK 5 adalah 180 dari 300 poin.

Contoh Soal HSK 5

Di bawah ini ada 35 contoh soal HSK 5 yang terbagi atas 15 contoh soal listening, 15 contoh reading, dan 10 contoh writing. Yuk, langsung saja cek contoh-contoh soal HSK 5 di bawah ini!

(1) Contoh Soal HSK 5 Tipe Soal Listening

contoh-soal-hsk-5-speaking
Photo from Istock

第 1-10 题

Perhatikan percakapan dua arah di setiap pertanyaan agar bisa menjawab pertanyaan dalam soal listening:

1. 女: 最近隔壁好像在装修,是搬来新邻居了吗?
    男: 对,搬来一个小伙子,是建筑工程师,人看起来不错。

Pertanyaan:
新邻居是做什么的?

A. 会计
B. 工程师
C. 主持人
D. 电台记者 

Jawaban: B

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang dua orang yang membicarakan tentang gedung yang direnovasi dan kepindahan tetangga barunya. Dalam percakapan tersebut dikatakan bahwa tetangga baru itu adalah seorang pemuda yang berprofesi sebagai insinyur. Sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Apa profesi yang dilakukan tetangga baru?” adalah B, insinyur.

2. 男: 明天下午有个车展,我们去看,你呢?
     女: 我还在犹豫,下午有个讲座,我很想去听听。

Pertanyaan:
问:男的明天要去哪儿?

A. 车展会
B. 图书馆
C. 博物馆
D. 动物园

Jawaban: A

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seseorang yang mengajak temannya ke pameran mobil yang akan diadakan besok siang. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Kemana orang itu akan pergi besok?” adalah A, pameran mobil.

3. 女: 儿子对象棋很感兴趣,要不我们给他报个辅导班?
    男: 可以啊,但你还是先征求一下他的意见吧。

Pertanyaan:

问:女的为什么要给儿子报辅导班?

A. 放暑假了
B. 儿子太调皮
C. 儿子不善交际
D. 儿子对象棋感兴趣

Jawaban: D

Pembahasan → Percakapan di atas berisi tentang seorang ibu yang mengatakan bahwa anaknya sangat tertarik dengan catur dan ia ingin mendaftarkannya ke tempat les catur. Sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Mengapa sang ibu mendaftarkan anaknya di kelas belajar catur” adalah D, anaknya tertarik pada catur

4. 男: 已经一个多小时了,我们还要等多久?  
    女: 因为有大雾,所有航班目前都不能起飞。耽误了您宝贵的时间,非常抱歉!

Pertanyaan:

问:女的为什么要表示抱歉?

A. 迷路了
B. 迟到了
C. 交通拥挤
D. 飞机没按时起飞

Jawaban: D

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang wanita yang meminta maaf pada pria karena pesawat saat ini tidak dapat lepas landas dikarenakan kabut tebal. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Mengapa wanita tersebut meminta maaf” adalah D, karena pesawat tidak dapat lepas landas tepat waktu.

5. 女: 先生,您的入住手续办好了,押金会在退房时退给您。
   男 :好的。请问你们提供早餐吗?

Pertanyaan:

问:对话最可能发生在哪儿?

A. 宾馆
B. 餐厅
C. 酒吧
D. 车厢

Jawaban: A

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang dua orang yang sedang membicarakan prosedur check-in dan check-out, serta deposit yang akan dikembalikan nanti. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Di mana percakapan tersebut akan terjadi?” adalah A, di hotel.

6. 男: 你也认识谢教练?
    女: 是啊,他以前是我们学校的体育老师,我还跟他学过武术和太极拳呢。

Pertanyaan:

问:关于谢教练,下列哪项正确?

A. 十分谦虚
B. 会教太极拳
C. 得过武术冠军
D. 打排球很厉害

Jawaban: B

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang dua orang yang sedang membicarakan pelatih Xie, seseorang yang pernah mengajar pendidikan jasmani, seni bela diri, dan Tai Chi. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Pernyataan yang benar tentang pelatih Xie” adalah B, bisa mengajar Tai Chi.

7. 女: 感谢您出席今天的宴会,希望今后我们能加强合作。
    男: 谢谢你们的招待,相信我们的合作会更愉快。

Pertanyaan:
问:对话最可能发生在什么时候?

A. 宴会结束
B. 庆祝生日
C. 商业谈判
D. 机场送行

Jawaban: A

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang yang telah menghadiri jamuan makan dan sedang membicarakan tentang harapan kerja sama ke depannya. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Kapan percakapan tersebut terjadi?” adalah A, setelah perjamuan makan selesai.

8. 男: 孩子这么小就送去上幼儿园,她能适应吗? 
    女: 还行,去一个礼拜了,老师都夸她好几次了。

Pertanyaan:

问:孩子在幼儿园表现怎么样?

A. 不太适应
B. 非常调皮
C. 不喜欢说话
D. 常被老师表扬

Jawaban: D

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang wanita yang mengatakan bahwa anaknya sudah didaftarkan di TK selama seminggu. Anaknya mampu beradaptasi dan guru sudah memujinya beberapa kali. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Bagaimana kabar anak di TK?” adalah D, sering dipuji oleh guru.

9. 女: 我在网上买了一个衣柜,可是怎么都装不好。
    男: 再看看说明书,按照上面的步骤来,不行的话我明天去帮你。

Pertanyaan:
问:女的遇到了什么问题?

A. 不能上网
B. 成绩退步了
C. 不会安装衣柜
D. 找不到说明书了

Jawaban: C

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang wanita yang membeli lemari pakaian namun dia tidak dapat memasangnya dengan benar. Sehingga, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan “Masalah apa yang dialami wanita tersebut?” adalah C, tidak dapat memasang lemari pakaian.

10. 男: 你先把手表摘了再游,进了水就麻烦了。
      女: 放心,我的这块儿表是防水的。

Pertanyaan:
问:这块手表怎么样?

A. 可以防水
B. 价格便宜
C. 不需要电池
D. 是手工制作的

Jawaban: A

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang pria yang menyuruh wanita untuk melepas jam tangan sebelum berenang. Sedangkan wanita mengatakan tidak perlu khawatir karena jam tangannya anti air. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Bagaimana dengan jam tangannya?” adalah A, bisa tahan air.

第 11-15 题

11. 女: 怎么样?数据统计上来了吗?
      男: 统计出来了,销售量不太理想。
      女: 是不是宣传做得不好?
      男: 有这方面的原因,还要具体分析一下。

Pertanyaan:
问:销售情况怎么样?

A. 让人满意
B. 不太清楚
C. 不是很好
D. 非常糟糕

Jawaban: C

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang pembahasan statistik penjualan yang menunjukkan volume penjualan tidak ideal. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Bagaimana situasi penjualannya?” adalah C, tidak terlalu bagus.

12. 男: 你的相机看起来挺不错,新买的?
      女: 是,我喜欢摄影,买个好相机,照出来的效果就是不一样。
      男: 那是,一分价钱一分货。
      女: 我看你的也该换换了,推荐你也买这个牌子的吧。

Pertanyaan:
问:他们在谈论什么?

A. 摄影展
B. 照相机
C. 录音笔
D. 麦克风

Jawaban: B

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang dua orang yang sedang membicarakan kamera, efek foto, dan merek kamera. Sehingga, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan “Apa yang mereka bicarakan” adalah B, kamera.

13. 女: 你现在在做室内设计?
      男: 是,我本科的专业就是室内设计。
      女: 不错,以后我家要是装修房子,一定请你来设计。
      男: 没问题。

Pertanyaan:
问:男的是做什么的?

A. 秘书
B. 律师
C. 设计师
D. 摄影师

Jawaban: C

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang laki-laki yang berprofesi sebagai desain interior dan dimintai tolong untuk merenovasi rumah seorang wanita suatu hari nanti. Sehingga, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan “Apa yang dilakukan laki-laki?” adalah C, desainer.

14. 男: 喂,是物业公司吗?
      女: 是,请问您有什么事?
      男: 我是四号楼三单元六零七的,我想问问还有没有车位?
      女: 地上车位目前已经没有了,地下车库里还有。
      问: 男的在咨询什么?

A. 车位
B. 课程安排
C. 银行汇率
D. 贷款手续

Jawaban: A

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang seorang laki-laki yang bertanya tempat parkir di agen pengelola propertinya. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Apa yang dikonsultasikan oleh pria itu?” adalah A, tempat parkir.

15. 女: 你看,马路对面那个人是在跟你打招呼吧?  
      男: 离得太远了,我看不清楚。
      女: 好像是你们公司的会计小赵。
      男: 不可能,她昨天去外地出差了。

Pertanyaan:
问:他们最可能在哪儿?

A. 街上
B. 公司里
C. 滑冰场
D. 实验室

Jawaban: A

Pembahasan → percakapan di atas berisi tentang dua orang yang melihat temannya di seberang jalan sedang melambai dan menyapa. Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Di mana lokasi mereka berada?” adalah A, di jalan.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

(2) Contoh Soal HSK 5 Tipe Soal Reading

contoh-soal-hsk-5-reading
Photo from Istock

第 16 – 18 题 

Perhatikan teks singkat di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 16-18!

有个楚国人乘船渡江,一不小心,把自己的剑掉进了江里。 他 …..16 在船上刻了一个记号,说:“我的剑就是从这儿掉下去的。”船靠 ….17 后,这个人顺着船上 的记号下水去找剑,但找了半天也没有找到。船已经走了很远,而剑却还在原来 的地方,根据那个记号怎么能找回丢失的剑呢。这个故事告诉我们,世界上的 …..18 总是在不断地发展变化,人们想问题、办事情,都应当考虑到这种变化,

适应这种变化。

16. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 16 adalah….

A. 始终
B. 陆续
C. 未必
D. 急忙

Jawaban: D

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 16 adalah kata 急忙, yang berarti “buru-buru/cepat-cepat”.

17. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 17 adalah….
A. 弯
B. 岸
C. 田野
D. 池子

Jawaban: B

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 17 adalah kata 岸, yang berarti “pantai”.

18. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 18 adalah….

A. 事物
B. 状況
C. 精力
D. 业务

Jawaban: A

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 18 adalah kata 事物, yang berarti “hal-hal/something”.

第 19 – 22 题

Perhatikan teks berikut dan isilah titik-titik dengan jawaban yang paling tepat! 

春秋时期,晋平公有一次对他的大臣师旷说:“我的 …..19 大了,已经70岁了。虽然很想读些书,学些知识,但是总觉得时间太晚了。”师旷就说:“时间太晚了吗?为什么不把蜡烛点起来呢?”晋平公说: “我和你说我的想法, ….. 20 ? “师旷说:“我是您的大臣,哪里敢和您开玩笑。我说的是实话,一个人在少年时候好学, 他的…… 21 正像早晨的太阳,辉煌而灿烂; 壮年时候好学,正像中午的太阳:老年时候呢,就只能像蜡烛的火焰了。虽然 ……22 怎样明亮,但是有了它,总比在黑暗中摸索要好啊!

19. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 19 adalah….

A. 时期
B. 时代
C. 年纪
D. 年代

Jawaban: C

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 19 adalah kata 年纪 , yang berarti “usia”.

20. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 20 adalah….

A. 你为什么不点烛呢
B. 难道我说得没有道理吗
C. 你说这到底是怎么回事呢
D. 你怎么竟然和我开起玩笑来了

Jawaban: D

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 20 adalah kata 你怎么竟然和我开起玩笑来了, yang berarti “mengapa kamu bercanda denganku?”

21. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 21 adalah….

A. 前途
B. 表情
C. 背景
D. 程度

Jawaban: A

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 21 adalah kata 前途, yang berarti “masa depan”. 

22. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 22 adalah….

A. 不见得
B. 不耐烦
C. 不得了
D. 怪不得

Jawaban: A

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 22 adalah kata 不见得, yang berarti “masa depan”. 

第 23 – 26 题

Perhatikan teks berikut dan isilah titik-titik dengan jawaban yang paling tepat! 

你是否也遇到过这样的情况:买了一件很喜欢的衣服却舍不得穿,把它放在 衣柜里,很久以后,当你再看见它的时候,却发现它已经过时了;又或者你 …..23了一块儿精致的蛋糕却不忍心吃,把宅放在冰箱里,当你想吃的时候,却发现它 已经过期了。没有在自己最想做的时候去做的事情,就像没有在最喜欢的时候穿上的衣 服、没有在最可口的时候去品尝的蛋糕一样,都是 …..24。生命也有保存期限, …..25  如果只是把心愿 …..26 在心里,却不去实现,那么唯一的结果,就是写它销过,规 像过时的衣服和过期的蛋糕一样。

23. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 23 adalah….

A. 立刻
B. 曾经
C. 随时
D. 至今

Jawaban: B

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 23 adalah kata 曾经, yang berarti “pernah sekali”.

24. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 24 adalah….

A. 幻想
B. 遗憾
C. 无奈
D. 矛盾

Jawaban: B

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 24 adalah kata 遗憾, yang berarti “sayang sekali”.

25. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 25 adalah….

A. 千万不要灰心
B. 虚心使人进步
C. 逃避解决不了任何问题
D. 想做的事应该趁早去做

Jawaban: D

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 25 adalah kata 想做的事应该趁早去做, yang berarti “apa yang ingin kamu lakukan, harus dilakukan sedini mungkin”.

26. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 26 adalah….

A. 拦
B. 藏
C. 躲
D. 漏

Jawaban: B

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 26 adalah kata 藏, yang berarti “menyembunyikan keinginan kamu”.

第 27 – 30 题

Perhatikan teks berikut dan isilah titik-titik dengan jawaban yang paling tepat! 

许多人都有环游世界的梦想,但是昂贵的住宿费、语言不通、对 …..27 环境的 畏惧等原因,让很多人美梦难圆。现在,越来越多的年轻人开始关注“跨国沙发 客”这种旅游 …..28。所谓的“跨国沙发客”就是指你和另一个国家的人,通过“沙 发客俱乐部”这一网络平台取得联系,你到对方所在的城市旅游时睡他家的沙发, 免费 …..29 最贴心的导游服务,吃地道的当地美食,甚至可以像老朋友一样开他 的车子:而对方到你所在的城市旅行时, …..30。当然,“沙发”在这里只是一个符号,大洋彼岸等待你的还可能是一张舒适的大床呢。最棒的是,对方不仅是旅 游活地图和当地文化的介绍者,更有可能成为你的一个知音。

27. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 27 adalah….

A. 神秘
B. 陌生
C. 艰巨
D. 尖锐

Jawaban: B

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 27 adalah kata 陌生 , yang berarti “tidak dikenal”.

28. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 28 adalah….

A. 方式
B. 政策
C. 优势
D. 制度

Jawaban: A

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 28 adalah kata 方式, yang berarti “cara/metode”.

29. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 29 adalah….

A. 承担
B. 出席
C. 体现
D. 享受

Jawaban: D

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 29 adalah kata 享受, yang berarti “menikmati”.

30. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 30 adalah….

A. 未必会提前通知你
B. 你也许会感到惭愧
C. 也会接受当地的采访
D. 你也要同样认真地招待他

Jawaban: D

Pembahasan → kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada soal nomor 30 adalah kata 你也要同样认真地招待他, yang berarti “kamu juga harus melayaninya dengan serius”.

(3) Contoh Soal HSK 5 Tipe Soal Writing

contoh-soal-hsk-5-writing
Photo from Istock

第31-35题

Susunlah penggalan-penggalan kata di bawah ini menjadi sebuah kalimat yang padu dan benar menurut tata bahasa.

  1. 七大奇迹  /  长城  /  是  /  世界  /  之一

Jawaban: 长城是世界七大奇迹之一。

  1. 预订  /  3号桌  /  已经  /  了  /  被别  /  人

Jawaban: 3 号桌已经被别人预订了。

  1. 令人佩服  /  她  /  把握  /  对  /  角色  /  的

Jawaban: 她对角色的把握令人佩服。

  1. 新的调整  /  股票市场  /  面临  /  着

Jawaban:  股票市场面临着新的调整。

  1. 紫色的花  /  有  / 一盆  /  窗台上

Jawaban: 窗台上有一盆紫色的花。 

Itulah 35 contoh soal HSK 5 bahasa Mandarin. Untuk kamu yang ingin mengambil tes level ini, yuk mulai persiapanmu dari sekarang dengan mengikuti kursus bahasa Mandarin online di Cakap. Atau kamu juga dapat mengikuti tes simulasi HSK di Cakap! Tes simulasi bisa diikuti secara gratis dan bisa diakses secara online. So, tunggu apa lagi ikuti tesnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.