Cakap Upskill x Kinobi: Mengenal Management Trainee

cakap-x-kinobi-management-trainee

Halo Sobat Cakap! Artikel webinar Cakap Upskill edisi minggu ini sudah siap menemanimu menambah skill dan ilmu pengetahuan baru. Kali ini Cakap bersama Kinobi mengadakan kelas webinar yang berjudul “An Introduction to Management Trainees”. Bersama dengan narasumber professional dan berpengalaman Nadia Nur Amalina, Junior Analyst di Bank Indonesia yang siap mengawal kamu mendapatkan pengetahuan baru seputar Management Trainee. Yuk, kepoin isi webinarnya!

Apa Itu Management Trainee?

Management Trainee atau biasa juga disingkat menjadi MT merupakan salah satu program perekrutan karyawan baru yang biasanya fresh graduate yang nantinya akan menjadi trainee pada periode tertentu di bawah pengawasan eksekutif perusahaan. Di akhir masa trainee akan diarahkan ke bidang yang sesuai dengan skill.

Selain memaparkan tentang apa itu Management Trainee, Nadia Nur Amalina juga menceritakan bagaimana pengalamannya menjalani MT di beberapa perusahaan. Salah satunya adalah di sektor banking, ia pernah menjalani program MT di bank BCA selama beberapa bulan sebelum akhirnya menjadi PCPM 35 di bank Indonesia. 

Management Trainee biasanya diawali dengan in class training. Di sana kamu akan mendapatkan  ilmu yang menjelaskan tentang proses bisnis keseluruhan dari perusahaan tempat kamu melakukan MT. Jadi, kamu akan benar-benar bisa tahu tentang seluk beluk perusahaan dari A sampai Z, end to end. Saat melakukan MT, nantinya kamu akan dipercayai suatu project yang harus dikerjakan di setiap departemen. 

Kenapa Harus Management Trainee?

Nadia juga menjelaskan hal menarik tentang mengapa kamu harus memilih Management Trainee, apa alasannya, dan di perusahaan apa saja kamu bisa menemukan program Management Trainee. Yuk, temukan jawabannya!

Alasan Kamu Harus Memilih MT?

  1. Program MT dianggap spesial dan penuh tantangan, karena dari awal sampai akhir recruitment process sudah penuh tantangan.
  2. Jaminan pegawai tetap sudah didepan mata, kamu hanya perlu memberikan performa terbaikmu saat menjadi MT. 
  3. Gaji yang didapatkan. Meskipun ini pengecualian, tapi perlu diingat bahwa kapan lagi kalian bisa belajar sambil dapat uang saku berupa gaji.
  4. Menjadi MT berarti kamu sedang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin perusahaan di masa depan (future leader).
  5. Ketika kamu menjadi MT, maka kreatifitas dan daya juang kamu akan terfasilitasi. Menjadi MT akan menambah kekayaan skill yang kamu miliki.

Selain lima point di atas, Nadia juga menambahkan beberapa poin “minus” saat menjadi MT. Apa sih minusnya? minusnya adalah strict, perusahaan pasti memiliki kontrak, seperti jam kerja, cuti, dll. Jadi, ketika ada kontrak, kalian harus punya komitmen yang besar. Kalau perusahaan butuh, kalian harus selalu siap sedia.

Apa MT Hanya Ada di Perusahaan Besar?

Pertanyaan seperti ini biasanya kerap muncul. Namun jangan khawatir, karena program MT tidak hanya ada di perusahaan-perusahaan besar, ada beberapa sektor perusahaan yang biasanya membuka peluang untuk MT, yaitu sektor banking, e-commerce, manufaktur kosmetik, dan lain-lain.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Tips dan Trik Bisa Masuk Management Trainee di Perusahaan

Tips dan Trik Selama Recruitment Process

Dalam recruitment process biasanya akan ada beberapa tahapan. Nah, untuk dapat melalui tahapan tersebut dengan baik, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • CV screening: Pastikan kamu membuat CV yang simpel dan jelas. Jangan lupa untuk melampirkan sertifikat, pengalaman, skill, dan GPA.

  • Online assessment: untuk online assessment sendiri biasanya terdiri dari tes potensi akademik, verbal listening, geometri, dan number-friendly. Kamu harus mulai belajar dan perbanyak latihan untuk tes online assessment

  • HR interview: tips yang harus kamu lakukan saat melakukan HR interview adalah be yourself dan jangan lupa melakukan self branding diri kalian dengan baik. Kalian harus bisa jual pengalaman yang kalian miliki dengan menarik.

  • FGD; apa sih yang penting di FGD itu? Kamu harus know your friend, karena di FGD kamu nggak sendirian dan bukan hanya tentang kamu. di FGD sangat perlu mengaplikasikan “diam itu emas”. Dan jangan out of context.

  • User Panel Interview: di user panel interview biasanya kamu akan diberikan case, jadi kamu harus benar-benar menyiapkan authentics knowledge agar kamu bisa menyambungkan ilmu yang kamu punya dengan case yang ada (jadi perlu banget nih update your everyday knowledge).

  • Additional tips: jangan lupa berdoa, calculate the plus and minus, dan minta doa restu atau izin orang tua.

Tips and Trick to Secure Your Position:

Selain memberikan tips dan trik dalam proses rekrutmen, Nadia juga memberikan tips and trick to secure your position. Kira-kira apa saja ya tipsnya? Check this out!

  • Keuletan: keuletan sangat dipertaruhkan, usahakan menjadi palugada “apa-apa yang dibutuhkan kamu selalu ada”.

  • Attitude: selama menjalani program MT, penilaian pada diri kamu tidak hanya dinilai dari project, tetapi juga attitude. Maka dari itu, kamu harus bisa menempatkan diri agar dapat menjadi MT yang baik.

  • Savvy: jaman sekarang banyak sekali perusahaan yang melakukan transformasi digital. Menjadi savvy maka istilahnya kamu menjadi penyalur ide-ide sederhana di bidang digital dan memanfaatkan fasilitas digital di perusahaan. Just give your best creativity untuk hal-hal ini.

So guys itu dia penjelasan mengenai Management Trainee dari narasumber kami Nadia Nur Amalia. Buat kamu yang ingin belajar pengetahuan baru dan skill-skill baru, kamu wajib banget pantengin jadwal kelas webinar Cakap Upskill. Ada banyak kelas yang bisa kamu pilih, so tunggu apa lagi? Yuk, langsung cek websitenya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.