Cakap Upskill x Digital Artist: 6 Hal Dasar yang Perlu Kamu Kuasai sebagai Ilustrator

digital artist

Dengan berkembangnya teknologi dan dunia digital, profesi ilustrator menjadi sangat diminati. Ilustrator adalah seorang yang bekerja di bidang seni rupa sebagai pencipta gambar ilustrasi untuk memperjelas cerita, ide, atau pesan menggunakan media visual. Karena luasnya jangkauan pekerjaan ini, biasanya ilustrator dibagi lagi menjadi beberapa bidang atau tipe. 

Menjadi seorang ilustrator tentunya memerlukan keahlian dan kreatifitas yang mumpuni. Namun, ada beberapa hal dasar yang sangat perlu dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang ilustrator. Apa saja itu?

Komposisi

Photo by Michael Burrows from Pexels

Komposisi adalah unsur penting yang akan membuat gambar menghasilkan kesan yang seimbang, menyatu, berirama, dan selaras. Jenis komposisi yang paling dasar dan banyak digunakan adalah rule of thirds. Jenis komposisi ini membagi gambar menjadi tiga bagian yang sama besar secara horizontal maupun vertikal, kemudian menaruh point of interest di persimpangan garis pemisahnya.

Perspektif

Photo by Pixabay

Pemahaman akan perspektif sangat penting terutama ketika kamu ingin menggambar bangunan atau background. Perspektif terbagi menjadi tiga jenis yaitu one point perspective, two point perspective, dan three point perspective. Perspektif akan memberikan gambaran yang lebih detail mengenai seberapa jauh jangkauan jarak pandang pada objek tertentu di dalam gambar.

Value

Photo by Yugantar Sambhangphe from Pexels

Value adalah salah satu unsur yang mengacu pada perancangan gelap dan terang suatu karya sebelum masuk ke dalam pewarnaan. Value berfungsi untuk memperlihatkan dan mendefinisikan objek yang digambar agar tidak terlihat datar. Pasalnya, kamu perlu memberi shading, highlight, backlight, dan lain-lain pada objek yang kamu gambar agar daya jatuh bayangannya tepat dan terlihat lebih nyata.

Jadikan Dirimu Semakin Terampil Bersama Cakap Upksill

Teori warna

Photo by Miguel Á. Padriñán from Pexels

Selain value, warna juga merupakan salah satu komponen yang penting dalam mendefinisikan sebuah gambar. Warna dapat menunjukkan mood dan atmosphere pada gambar karena setiap warna memiliki sifat masing-masing dan dapat menunjukkan sifat tertentu. Ada banyak teori dalam pewarnaan seperti monochromatic, analog, split complementary, dan lain sebagainya.

Lighting/Pencahayaan

Photo by Dayvison de Oliveira Silva from Pexels

Lighting atau pencahayaan saat erat hubungannya dengan value. Dalam menggambar, tentunya kamu harus tahu dimana cahaya akan jatuh pada gambar agar gambar dapat terlihat  seperti nyata. Ada banyak bagian dari lighting seperti center light, core shadow, front light, cast shadow, dan lain sebagainya.

Anatomi

Photo by W O L F Λ R T from Pexels


Jika kamu suka menggambar makhluk hidup seperti manusia dan hewan, kamu perlu mempelajari anatomi mulai dari kerangka, tulang, hingga otot. Hal ini sangat berguna agar kamu tahu perpotongan yang tepat pada tubuh. Jika kamu menguasai anatomi, kamu akan tahu bagian mana yang butuh lebih cahaya, bagian mana yang perlu shading, dan lain-lain sehingga akan membantumu dalam proses pewarnaan.

Itulah beberapa hal dasar yang perlu kamu kuasai sebelum mulai menggambar dan menjadi seorang ilustrator. Selain itu, kamu juga bisa simak tips-tips berkarier yang juga tersedia di Cakap Upskill. Yuk, daftar kelasnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.