Cakap Upskill x Digital Skola: Mengenal Writing Jobs di Era Digital

cakap-upskill-x-digital-skola-mengenal-writing-jobs

Siapa nih di sini yang ingin menjelajahi karier di bidang kepenulisan atau writing? Kalau kamu salah satunya wajib banget pantengin materi webinar Cakap Upskill kali ini! Kalian akan dapat jawaban dari berbagai pertanyaan, seperti gimana sih pekerjaan writing di era digital? Gimana prospeknya? Gimana scopenya dan gimana caranya untuk menjadi seorang writer di era digital ini?

Bersama dengan Indah Salimin, Sr.Copywriter Digital Skola, Cakap Upskill mempersembahkan kelas webinar yang bertema “Writing Jobs in Digital Era: Scope, Prospects, and How to Get There”. Stay tuned ya buat dapetin semua materinya!

Penulis di Era Digital

Ketika ada yang menyebut kata “penulis” apa yang akan muncul dalam benak dan pikiran kalian? Apakah orang-orang yang menulis tulisan-tulisan fiksi, seperti novel, cerpen, puisi, drama? Di era digital ini, yang dimaksud dengan penulis nggak cuma orang yang menulis tulisan imajinatif, tapi juga telusian non fiksi, seperti artikel. Artikel sangat banyak dibutuhkan di dunia digital saat ini, lho. 

Apa yang kita sebut sebagai penulis di era digital ini bukan lagi orang yang spesifik menulis novel saja, tapi juga yang memberikan tulisan-tulisan dalam format lain. Format pendek maupun panjang dengan berbagai tujuan. Entah tujuannya mengenalkan produk, mengajak audiens, melakukan tindakan tertentu, atau sekedar memberikan informasi, edukasi, dan hiburan. Itu juga masuk ke dalam skopnya pekerjaan writing. Indah Salimin juga menambahkan bahwa memang writing ini sangat luas dan bisa masuk melingkupi banyak sekali pekerjaan.  

Jenis-Jenis Pkerjaan Writer

(1) Technical Writer

Orang yang tugasnya untuk membuat tulisan tulisan yang bersifat teknis. Contohnya spesifikasi produk atau buku panduan. Misalnya kalian membeli setrika, di dalam bungkusnya tentu ada yang namanya guideline atau buku panduan bagaimana cara menggunakan setrika. Nah, teks itu dibuat oleh technical writer.

Intinya tulisan yang dibuat oleh technical writer itu berbasis how to guide, gimana mengoperasikan benda atau software dari A sampai Z. Harus jadi orang yang sangat detail dan sangat memahami bidang atau produk yang dijelaskan.

(2) UX Writer

Semua tulisan yang ada di aplikasi dan website itu adalah tugasnya UX writer, jadi mereka fokus kepada mikro copy. Tulisan tulisan yang sangat singkat terkait dengan journey di dalam menggunakan layanan digital, seperti aplikasi maupun web. Sama-sama tulisan tapi sangat berbeda.

Jadi semua instruksi yang ditemukan dalam aplikasi atau website itu yang mengerjakan adalah UX writer. Mereka membuat kata-kata yang fungsinya untuk user guide atau panduan user dalam mengakses layanan digital berupa aplikasi maupun website.

(3) Jurnalis

Jurnalis adalah wartawan yang memproduksi berita, issue-issue terkini yang menyediakan informasi yang provide. Jurnalis menulis hard news berita berita yang sedang hangat dan sedang naik. 

(4) Content Writer

Content writer menulis evergreen konten, konten-konten yang tidak lekang oleh zaman dan  bisa dinikmati oleh siapa pun di waktu kapan pun. Sama-sama menulis artikel, tapi topik yang ditulis oleh jurnalis dan content writer itu berbeda.

Content writer merupakan seorang penulis yang bertugas untuk menulis konten, tujuannya untuk kepentingan digital marketing. Untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, meng-entertain atau mengedukasi, dan menginformasikan sesuatu kepada audiens. Bentuknya berupa artikel di blog, skrip podcast, cerita, video script. Itu yang diproduksi oleh content writer.

(5) Copywriter

Copywriter adalah orang yang fokus membuat teks untuk keperluan pemasaran dan mengajak audiens melakukan tindakan tertentu entah itu membeli, berdonasi, follow, dll. Yang jelas ada ajakan tertentu biasanya berbentuk konten media sosial, dll.

Tugas copywriter bertujuan untuk menjual dengan kata-kata. Mereka mengajak audiens untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya lewat email campaign, adds, billboard, itu juga dibuat oleh seorang copywriter. Copywriter berusaha mengajak audiens melakukan perusahaan tertentu yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang dia handle.

(6) SEO Writer

SEO writer adalah orang orang yang menulis artikel tetapi tujuannya untuk mensupport gimana agar website muncul di halaman pertama google.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Content Writing

Pada webinar kali  ini Indah Salimin akan lebih fokus untuk membahas content writer. Menurutnya, content writer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak sekali dibutuhkan di era industri saat ini. Dan juga, secara kompetensi indah punya pengalaman yang panjang di content writer.

Content writing itu seperti apa sih bentuknya? Yaitu artikel-artikel konten yang biasanya berbentuk artikel panjang minimal 300 sampai 1000 kata yang dipublikasikan di website atau blog, yang berisi entah itu entertain atau content edukasi yang mengedukasi pembacanya.

Kenapa sih kalian harus memiliki karir sebagai content writing? Ini dia beberapa alsannya:

  • Dibutuhkan di industri digital: setiap perusahan yang sudah besar dan berkembang, mereka pasti akan memikirkan bagaimana cara untuk mengembangkan website mereka dengan memproduksi tulisan-tulisan yang baik. Tujuannya agar ketika pengguna mencari kata kunci tertentu, website mereka yang akan naik dan sekarang nggak tertolak. Semua perusahaan juga melirik untuk memperbaiki dan mempercantik website mereka.

  • Prospek kerjanya terus bagus: tidak pernah ada penurunan trend kebutuhan content writing. Jumlah lowongan untuk content writing konstan tinggi. Untuk beberapa tahun ke depan juga tidak akan berubah. Pekerjaan content writing ini prospeknya akan sangat bagus.

  • Peluang kerja remote: ini sangat menarik karena content writing kerjanya bisa remote. Bisa bekerja dari mana pun, di mana pun berada bisa menghasilkan dan mendapatkan pendapatan melalui skill menulis.

  • Bisa dari beberapa latar belakang pendidikan: kalian bisa menjadi content writer dari berbagai macam pendidikan. Tidak hanya memiliki spesifikasi pendidikan tertentu saja. Asalkan memiliki passion dalam menulis akan berkesempatan menjadi content writer.

  • Menjadi orang yang terus berpikir kreatif dan produktif: kalian nggak akan mengalami rasa bosan kalau menjadi content writer. Hal tersebut dikarenakan kalian akan selalu ditantang untuk berpikir kritis, melakukan analisis, menulis hal baru dan sebagainya. kalian juga harus produktif dan aware dengan trend saat ini. Jadi, celah untuk bosan juga relatif lebih rendah.

Tipe-Tipe Pekerjaan Content Writer

(1) Full time

Full time mengharuskan writer untuk bekerja selama 40 jam seminggu dari Senin sampai Jumat. Biasanya topik terkait perusahaan industri perusahaan. Mengeksplorasi yang ada dalam scope perusahaan. Output-nya berupa artikel mikro blogging newsletter. Atau apa pun konten yang dibutuhkan oleh perusahaan.

(2) Part time

Part time berarti setengahnya full time, biasanya writer akan bekerja selama 20-30 jam seminggu. Biasanya ikut di satu perusahaan ttertentu. Enaknya bekerja sebagai parti time writer adalah lebih ringan, bisa mengambil pekerjaan lain di sampingnya.

(3) Freelance

Freelance waktunya fleksibel by project. Klien atau project tertentu, mereka bisa mengatur sendiri waktunya. Karena lebih fleksibel, benefitnya tapi tentu berbeda. Gajinya biasanya per-project. 

Jenjang Karier Content Writer

Content writer itu ada jenjang karirnya nggak sih? Content writer bisa jadi bos nggak sih? Ternyata bisa juga lho Sobat Cakap. Kalian nggak selamanya jadi content writer doang. Ada level kariernya, yaitu.

  • Jr.content writer: entry level, untuk yang baru lulus kuliah.
  • Content writer: biasanya kalau sudah berkarir selama 2 tahun akan naik menjadi content writer.
  • Sr. content writer: kalau konsisten terus di bidang yang sama selama lebih dari 2-3 tahun bisa disebut sebagai seorang senior content writer. 
  • Lead of content: penulis artikel tapi juga bertugas untuk memimpin tim konten.
  • Content director: di posisi paling atas ada content director yang membawahi tim yang lebih besar yang terkait dengan konten. 

Cara Jadi Penulis

Gimana sih cara jadi content writer? Untuk menjadi content writer kalian harus menguasai beberapa hal berikut ini:

Hardskill:

  • Keyword research
  • Topic research
  • Structure writing
  • SEO savvy
  • Dashboard/CMS
  • Google docs, sheet, dll
  • Fact checking
  • Editing

Softskill

  • Concise communication
  • Discipline
  • Tech savvy
  • Social media savvy
  • Keep up to trends
  • Self motivated
  • Time management

Itulah kumpulan dari sisi webinar yang diberikan oleh Indah Salimin. Sebagai penutup Indah juga memberikan beberapa tips menjadi penulis, di antaranya adalah rajin membaca, terus berlatih, jangan malu mengunggah karya, susun portofolio, join komunitas, dan lain sebagainya. Buat kalian yang ingin ikutan webinar seru lainnya, yuk terus pantengin jadwal kelas Cakap Upskill terdekat!

Baca Juga:

 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap