Cakap Upskill x Publikasi Indonesia: Menulis Artikel Ilmiah hingga Terbit [Part 1]

cakap-upskill-x-publikasi-indonesia-menulis-artikel-jurnal

Hai, hai, hai Sobat Cakap! Siapa nih di sini yang lagi sibuk nyusun artikel,  skripsi, atau persiapan publikasi jurnal? Pas banget kalau gitu karena webinar Cakap Upskill kali ini akan memberikan banyak ilmu dan pengarahan seputar cara menulis artikel ilmiah dan bagaimana cara publikasinya. 

Webinar ini akan dibawakan langsung oleh Risanita Setyananda, skripsi hack influencer atau yang akrab juga dipanggil Kak Ica. So, teman-teman mahasiswa yang sedang menghadapi pembuatan skripsi atau persiapan publish jurnal, yuk simak sampai tuntas materi kali ini!

Basic to Fantastic

Kak Ica menganalogikan proses awal penyusunan dan publikasi jurnal dengan istilah basic to fantastic. Beliau mengatakan bahwa sebelum memulai untuk menulis jurnal, kita harus menerapkan dalam mindset kita, membuat jurnal itu simple. 

Penerapan basic to fantastic juga bertujuan supaya temen-temen lebih mudah dalam proses membuat jurnal atau karya tulis ilmiah lainnya. Menurut Kak Ica, “Jurnal ini basic banget, tapi hasilnya bisa fantastic dan luar biasa. Semua itu simple dan bisa dikerjakan oleh siapa pun.”

Webinar Cakap Upskill part 1 ini akan lebih fokus pada penjelasan publikasi jurnal secara basic. Buat kalian yang ingin mendalami materi publikasi jurnal, stay tuned terus ya dan tungguin part 2 nya.

Langkah Penerbitan Jurnal

Apakah jurnal serumit skripsi? Tentu tidak ya, skripsi masih lebih rumit. Jadi, kalau kalian mampu menyelesaikan skripsi dengan baik, pasti akan bisa menerbitkan jurnal dengan cepat.

Ada beberapa hal penting yang perlu dicatat mengenai langkah-langkah penerbitan jurnal. Dalam menerbitkan jurnal, kalian pelru melewati langkah yang cukup panjang. Berikut urutannya!

  • Kesiapan Naskah: 
  • Cek Jurnal di Sinta 
  • Buka Web
  • Cek Frekuensi Penerbitan
  • Menghubungi Editor
  • Cek Persyaratan
  • Buat Akun OJS
  • Submit
  • Pantau secara Berkala

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Mengenal Sinta

Buat kalian yang belum tahu banyak tentang Sinta, yuk pahami satu persatu mulai dari singkatannya.!

Sinta adalah bentuk singkatan dari Science and Technology Index yang merupakan sebuah portal indexing jurnal yang dikelola langsung oleh Kemendikbud RI. Bisa dibilang bahwa Sinta adalah database untuk Jurnal Nasional terakreditasi. 

Nah, sebelum kalian mempublikasikan jurnal di Sinta, maka kalian perlu mengetahui beberapa hal berikut ini:

(1) Kolom Search dan Pilihan Sinta

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengunjungi website Sinta adalah mencari kolom search untuk jurusan dan kompetensi yang akan diterbitkan. Kemudian filter, pilihlah Sinta yang sesuai dengan jurnal yang akan diterbitkan. Untuk pemula, disarankan untuk memilih Sinta 3 dan Sinta 5. Karena tingkat kerumitannya akan berbeda dibandingkan Sinta 1 dan Sinta 2. Jadi untuk pemula, temen-temen mahasiswa bisa masuk di Sinta 3,4,5. Sedangkan untuk yang sudah expert seperti dosen yang sudah biasa menulis jurnal, bisa masuk ke Sinta 1 dan 2. 

(2) Publikasi Frekuensi

Ini juga nggak kalah penting diperhatikan. Jaid, jurnal itu tidak selalu di publish setiap bulan. Di SInta, biasanya jurnal diterbitkan three times a years, yaitu di bulan April, Agustus, dan Desember.

Buat kalian yang ingin memasukan jurnal di Sinta 1 dan 2 maka pastikan jurnalnya sudah ready di H-3 bulan sebelum di-publish karena akan melalui proses review yang detail. Jadi, kalau publish di april, januari harus sudah ready, sudah mendaftarkan akun, submit, dll. 

Namun, ketika akan memasukkan jurnal di Sinta 3, 4, 5 kalian bisa menyiapkan jurnal sekitar H-1 bulan. 

(3) Author Fees

Ternyata, jurnal itu berbayar.Jadi, ketika akan menerbitkan jurnal, maka kalian juga harus mempersiapkan biaya atau budget. Biasanya untuk Sinta 1 feenya di angka 1.5 juta. Untuk Sinta 3, 4, 5 persiapan biayanya antara 250 ribu sampai 500 ribu.

(4) Principle Contact

Support contact sangat berguna bagi kalian yang ingin mem-publish jurnal di Sinta. Kalian harus rajin menghubungi editor supaya jurnal bisa di-publish sesuai dengan ketentuan dan jadwal yang sudah ditentukan. Jadi, kalau misal kalian ingin jurnal terbit di bulan april, maka tanyakan ada masih ada kuota atau sudah penuh. So, di sini follow-up itu sangat penting.

(5) Article Template

Semua jurnal, hampir memiliki template yang sama. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi para pembuat jurnal. Jadi, kalian bisa cek template jurnal di Sinta, lalu masukkan naskah jurnal kalian ke dalam template tersebut.

(6) Registration

Di dalam laman Sinta, kalian akan mendapati kolom/form log-in selayaknya akan masuk ke sosial media, yang terdiri dari nama, affiliation, kota asal, dll.

(7) Make Submission

Nah, kalau sudah selesai registrasi tinggal lakukan submission. Masukkan template artikel kalian. Lalu, selesai.

History Publisher

Penting! Sebelum menentukan publisher untuk menjadi tempat menerbitkan jurnal, cek dulu history dari publisher tersebut. Jika dalam satu tahun, semua jurnal yang dijadwalkan tayang, ter-publish semua, maka berarti history-nya bagus. 

Namun, jika ada jurnal yang jadwal terbitnya tidak menentu bahkan hingga berganti tahun, tetapi belum ter-publish juga, maka jangan dipilih sebagai publisher, karena berarti ada keterlambatan. Takutnya nanti ketika jurnal kalian juga akan menghadapi kemungkinan keterlambatan publish.

Demikianlah topik webinar Cakap Upskill kali ini. Jangan lupa untuk terus memantau website Cakap Upskill untuk mendapatkan materi webinar menarik lainnya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.