Cakap Upskill: Langkah Nyata Dukung Potensi Indonesia

cakap upskills

Program terbaru Cakap bernama Cakap Upskill telah resmi diluncurkan melalui press conference secara daring pada Jumat (16/7, 2020). Mengusung tema “Move Beyond Language,” Cakap Upskill ingin membantu mewujudkan Indonesia #MakinCakapBekerja dengan sistem empowering learning activity.

Melihat masa adaptasi kebiasaan baru yang tengah dijalani, pengembangan dalam bidang pendidikan tetap terus digencarkan. Salah satu caranya dengan mengasah soft skill maupun hard skill. Maka dari itu, Cakap menyediakan program peningkatan skill yang efisien dan mudah diakses. Menurut Tomy Yunus selaku CEO Cakap, “Melalui digital (online), Cakap Upskill diharapkan menjadi jembatan para edukasi stakeholders untuk melakukan kegiatan transfer skill.” 

Para pembicara yang berpartisipasi dalam conference turut menyatakan pendapat terhadap pentingnya Cakap Upskill untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di masa ini. Banyak individu beranggapan bahwa pandemi berdampak pada melonjaknya angka pengangguran. Namun sebetulnya, Avanti Fontana (Facilitator, Innovation, & Entrepreneurship FEB UI) dan Rieke Caroline (CEO Kontrak Hukum) justru berpendapat bahwa “pengangguran” itu dapat memicu peluang usaha baru.

cakap upskill

Sama halnya dengan pendapat yang dikemukakan oleh Gupta Sitorus (Partner dan CEO Disrupto) dan Yusuf Seto (Country Manager Cambridge University Press Indonesia), bahwa adanya sistem belajar dari Cakap Upskill dapat secara efektif memberikan informasi dengan sangat fleksibel. Meskipun Indonesia masih dilanda kecemasan terhadap situasi pandemi, alangkah baiknya jika mengubah cara pandang ke arah yang lebih positif seperti melihat manfaat dari Cakap Upskill. “Kita lihat dari sisi employee ability. Tidak hanya entrepreneurship yang dapat dikembangkan, melainkan pula skill lainnya,” ungkap Cecilia Ong (Chief of Businss).

Tersedia tiga kelompok utama dalam kelas Cakap Upskill, yaitu Career Development, Entrepreneurship, dan Personal Development. Masing-masing menggendong skill yang dapat dipilih sesuai keinginan. Berbeda dari yang lain, “Cakap Upskill menggunakan interactive video call dan text conversation yang didukung integrated one stop learning system. Dengan harapan sebanyak 200.000 user mendaftar untuk target awal,” (Tomy Yunus). Adanya classroom experience tentunya berkaitan dengan sistem LIVE yang memberi kesempatan para murid untuk bertanya serta berdiskusi langsung dengan guru.

Akses kelas dengan mudah dilakukan melalui website atau aplikasi Cakap yang dapat diunduh di smartphone. Pengajar untuk tiap skill tidak main-main kualitasnya. Mereka telah memiliki track record serta pengalaman mengajar offline maupun online yang baik. Selain tenaga ajar, sebagian besar kelas yang diberikan pun bersertifikat resmi. Cakap sudah memastikan bahwa kelas yang disediakan akan terus bertambah seiring penyesuaian kebutuhan.

Berita bagusnya, program Cakap tidak sebatas mengenai pengembangan kemampuan berbahasa asing. Berkaca pada motto Tomy Yunus, “Siapapun bisa menjadi apapun,” Cakap Upskill turut menyediakan lapangan pembelajaran untuk upskilling atau reskilling selain bahasa. Dampak positif hadirnya program tersebut kembali diungkapkan oleh Avanti bahwa mengasah kemampuan melalui komunikasi antar orang-orang yang punya keahlian berbeda dari kita mampu menciptakan sesuatu yang luar biasa.“Peluang usaha jadi beruang usaha.” Kata mutiara yang dikutip dari Avanti diharapkan dapat menggerakkan generasi Indonesia untuk giat meningkatkan berbagai jenis skill guna menyiapkan diri baik di masa ini maupun selanjutnya. Ayo, Sobat Cakap, saatnya belajar untuk bangkit bersama Cakap Upskill! #MakinCakapBekerja

Eits, kalau kamu ketinggalan press conference. Yuk tonton lagi dibawah ini:

Tonton Dulu Yuk Press Conference Cakap Upskill

Penasaran dengan cakap upskill? kamu bisa langsung untuk daftar. Bakat dan kemampuan harus ditemukan dan diasah agar makin cemerlang di masa depan. Melalui upskill, kamu akan mempunyai banyak pandangan untuk terus mengasah kemampuan minat dan bakat.

Temukan Bakat Terpendamu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google