Cakap Upskill: Ekonomi Kreatif dan Peluang Investasi Bersama Sandiaga Uno dan Ellen May

cakap upskill ekonomi kreatif dan peluang investasi

Pembahasan mengenai investasi dan ekonomi kreatif adalah salah satu hal yang paling menarik untuk diperbincangkan. Cakap Upskill kali ini menghadirkan Ellen May dan Sandiaga Uno untuk berbincang dalam gelar wicara “Pertumbuhan Ekonomi Kreatif & Peluang Berinvestasi.” Dalam  gelar wicara tersebut, Sandiaga Uno berbagi banyak hal terkait dengan pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia serta peluang untuk berinvestasi di dalamnya. 

Pandemi dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian di Indonesia

Sejak setahun lalu, pandemi memberikan banyak dampak dalam kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi dan ekonomi kreatif. Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif, Sandiaga Uno, menyatakan bahwa pandemi juga memberikan pengaruh baik seperti adaptasi, inovasi, dan kolaborasi. 

Berdasarkan data World Bank, Indonesia diprediksi akan pulih secara ekonomi tahun ini. Dengan tingkat pertumbuhan yang sekarang, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi lebih baik kedepannya. Perekonomian pun akan diharapkan membaik seiring dengan meningkatkan upaya penanggulangan covid-19 di Indonesia. 

Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini

Selama pandemi, ekonomi kreatif di Indonesia terbilang sangat berkembang dan memiliki kecenderungan ke arah teknologi dan digitalisasi. Tidak dapat dipungkiri, banyak bidang bisnis dan ekonomi lama pun menjadi lebih maju ketika melakukan digitalisasi. Transformasi teknologi ini sendiri merupakan salah satu sisi baik pandemi yang membawa inovasi dan adaptasi. Hal ini tentunya membuka banyak peluang dan kesempatan besar untuk menjadi lebih unggul ke depannya. 

Hal menarik lainnya, ekonomi kreatif di Indonesia sendiri telah menyumbang sekitar 7,8% ke perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Ekonomi kreatif indonesia bahkan menempati posisi ketiga di dunia, setelah Amerika dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan KPOP. PDB ekonomi Indonesia menunjukkan bahwa sektor ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif untuk pembangunan kedepannya.

Fakta Menarik Mengenai Investasi di Indonesia Saat Ini

Bicara mengenai investasi, disebut bahwa sekitar 72% investor dalam negeri saat ini merupakan generasi Milenial dan Gen Z. Meski demikian, dikhawatirkan bahwa trend investasi ini hanya berlangsung sementara, bukan jangka panjang karena sekadar ikut-ikutan. 

Menanggapi fenomena ini, Sandiaga Uno menyarankan generasi muda investor untuk benar-benar menggunakan pasar modal untuk berinvestasi. Menurutnya, sangat disayangkan jika pasar modal hanya menjadikan sebagai ajang untuk berspekulasi dan bersenang-senang. Beliau berharap generasi muda investor untuk bertumbuh bersama perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. 

Belajar dari Perekonomian China

Menurut Sandiaga Uno, Tiongkok memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat disebabkan oleh tiga hal. 

Pertama adalah culture of innovation, di mana semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun pendidikan mendukung adanya berbagai inovasi. Kedua adalah culture of entrepreneurship, di mana banyak pemuda yang berpendidikan baik serta memiliki jiwa kewirausahaan. Ketiga adalah adanya kemampuan untuk menerapkan dan memberlakukan kebijakan ke seluruh lapisan. 

Dalam hal ketiga, Indonesia tentu saja sangat berbeda dengan Tiongkok. Meski demikian, sisi baiknya adalah hal ini justru memiliki peluang bagi UMKM di berbagai daerah di Indonesia untuk berkolaborasi. Indonesia sendiri sangat kuat dalam hal keberagaman yang dapat memompa adaptasi dan kolaborasi. 

Pedoman Investasi dari Sandiaga Uno

Berdasarkan pengalaman beliau sebagai sosok yang dekat dengan wirausaha dan investasi, Sandiaga Uno memiliki tiga saran untuk generasi muda investor Indonesia. 

Pertama adalah disiplin dan tepat waktu, di mana hal ini merupakan yang pertama dan utama dalam meraih kesuksesan. Kedua adalah berkolaborasi dalam membangun kekuatan serta bermitra dengan visi dan misi yang sama. Ketiga adalah berserah kepada Tuhan YME di mana menyadari bahwa manusia hanya bisa berusaha, namun Tuhan-lah yang menentukan. 

Cakap Upskill merupakan kelas daring yang menyediakan berbagai materi terkait peningkatan keterampilan serta pengembangan diri dan karier. Ada banyak webinar gratis yang dapat kamu saksikan untuk menambah pengetahuanmu, lho! Cek jadwal webinar Cakap Upskill terbaru di aplikasi Cakap ya!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks