Cakap Upskill: Belajar Investasi Saham Bersama Emtrade

cakap upskill belajar saham bersama emtrade

Berbagai topik menarik telah dibahas dalam Cakap Upskill. Kali ini, Cakap Upskill menampilkan wajah dari topik baru, yaitu investasi saham. Bersama dengan Ellen May, Founder & CEO Emtrade, Cakap menghadirkan talkshow yang mengupas materi-materi menarik mengenai investasi saham.

Ellen May Berbagi Edukasi Seputar Investasi

Pada tanggal 13 Juli 2021, Cakap dan Emtrade mengadakan talkshow edukasi seputar investasi saham dengan narasumber yang expert di bidangnya, Ellen May. Ia merupakan Founder sekaligus CEO dari Emtrade, sebuah layanan online yang dibuat untuk memberi informasi dan edukasi mengenai saham.

Melalui kelas ini, Cakap berharap agar para generasi Z lebih memahami apa itu investasi saham sehingga kedepannya sebelum memulai investasi, mereka sudah punya bekal, informasi, dan edukasi yang cukup.

Ellen May memulai ketertarikannya di bidang saham pada tahun 2007. Berawal dari keinginan untuk lebih produktif, ia memutuskan untuk bermain di dunia investasi saham. Banyak cerita mengisi perjalanannya, untung dan rugi sudah pernah ia alami. Namun, menurutnya kerugian dalam bermain saham harus diubah menjadi keuntungan. Hal tersebutlah yang diterapkan dan dibuktikan oleh Ellen May.

Mengapa Harus Belajar Investasi Saham?

Hal tersebut mungkin menjadi pertanyaan menarik dalam topik ini. Dalam talkshow nya, Ellen dengan lugas mengatakan bahwa investasi saham akan menjaga nilai uang kita dari inflasi, Investasi saham juga akan membantu para generasi milenial lebih proaktif dan cermat dalam membaca/ memperhitungkan keuntungan dan kerugian.

Ketika bermain saham, ada strategi yang juga harus dimainkan. Karena tentu, dalam investasi ada risiko yang harus diantisipasi. Fokus mencari tahu perusahaan di bidang apa sajakah yang sedang menjadi trend investasi adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Saat ini, investor dalam negeri sedang sangat tertarik berinvestasi di bidang teknologi, digital, dan kesehatan. Hal ini disebabkan karena trend ini sedang terus digaungkan beberapa bulan ke belakang.

Terdapat beberapa jenis investasi yang harus kamu ketahui, yaitu investasi jangka panjang, investasi jangka menengah, dan investasi jangka pendek. Ketiganya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Dari ketiga jenis investasi di atas, investasi jangka menengahlah yang saat ini sedang populer. Investasi jangka menengah ini berfokus pada perusahaan yang sedang growing/bertumbuh, yang lebih mementingkan inovasi, perusahaan ini memiliki value yang cenderung mahal.

Tips Investasi untuk Pemula dari Ellen May

Tips investasi ini diberikan langsung oleh Ellen May sebagai bentuk kepeduliannya terhadap para pemula yang baru akan merambah ke dunia investasi saham. Berikut tips-tipsnya.

Start small

Start small berarti mulailah investasi dengan modal kecil. Dengan jumlah uang yang membuat kamu nyaman.

Bagi menjadi 10 Bagian

Bagilah uang yang kamu punya menjadi sepuluh bagian. Jadi, jika kamu memiliki uang 100 juta bagilah menjadi 10. Ambil 10 persen untuk satu saham. Beli saham secara bertahap.

Fokus

Fokus di sini berarti pada fokus belajarnya. Karena semakin kamu merasa tegang, hasilnya bisa semakin berantakan.

Embrace Mistakes

Jangan takut kalah. Maka dari itu tips pertama harus dilakukan dengan baik, yaitu start small. Meskipun sang investor harus menghindari embrace mistakes, investor juga harus menghindari juga ‘overconfident’.

Cakap Upskill adalah kelas daring yang selalu hadir dengan berbagai topik, baik terkait pengembangan diri maupun karier. Saatnya kembangkan potensi dirimu bersama tutor-tutor profesional di Cakap Upskill. Ayo cek jadwal Cakap Upskill terdekat!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks