Cakap Menjadi Bagian Dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Cakap x Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Pemerintah Indonesia menggelar acara Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, “Ignite the Nation: 1.000 Startup Digital Satu Indonesia ” atau yang biasa disebut dengan “Ignition” pada Minggu 18 Agustus 2019 di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Acara Ignite The Nation adalah tahapan awal dari rangkaian Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital 2019 yang akan diselenggarakan di 10 kota lainnya di Indonesia, selama bulan Agustus hingga September 2019.

Ignite The Nation yang bertemakan “Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital-Indonesia Maju” merupakan gerakan yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan startup di Indonesia. Gerakan ini berusaha membangkitkan jiwa patriotisme generasi milenial yang akrab dengan dunia digital agar bersemangat dalam mewujudkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari ignition, workshop, hacksprint, bootcamp, dan incubation. Dalam acara  Ignition 2019, Cakap kembali hadir sebagai salah satu startup binaan Telkomsel melalui program The NextDev, suatu program pencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia dibidang social impact,  dimana pada kesempatan ini Cakap memperkenalkan campaign terbarunya  #cakapuntukbangsa.

Apa Itu Program #cakapuntukbangsa

Cakap Booth at Ignite The Nation 2019

Dirut Telkomsel, Emma Sri Martini sangat mengapresiasi upaya Cakap dalam meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas sampai ke daerah pelosok Nusantara. “Kami berikan apresiasi yang tinggi untuk Cakap atas kontribusinya dalam membantu meningkatkan kualitas  pendidikan di seluruh wilayah NKRI, terutama di daerah terpencil yang kesulitan akses pendidikan dan ketersediaan guru. Cakap memberikan solusi yang inovatif yang sejalan dengan program pemerintah Presiden Jokowi untuk mengutamakan SDM unggul demi kemajuan Indonesia”.

Menkominfo, Rudiantara – Dirut Telkomsel, Emma Sri Martini, – Co-founder & CEO Cakap, Tomy Yunus

Sebagai usaha rintisan yang berfokus pada pendidikan, Cakap menyambut baik inisiatif Pemerintah terhadap Gerakan Nasional  1.000 Startup Digital dan mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah.

“Kami harapkan dengan Ignite 1000 Start up Digital ini, pemerintah dapat secara nyata bekerjasama lebih dekat lagi dengan pelaku StartUp Digital untuk membantu dalam segi permodalan, mentoring, serta akses untuk bekerjasama dengan pemerintah sebagai upaya mewujudkan SDM Indonesia yang unggul”, tutur Tomy Yunus, Co-founder dan CEO Cakap yang hadir pada saat itu.

Ingin Tahu Lebih Tentang Cakap? Download Aplikasinya, Gratis!

Program Ignition kali ini bertujuan membawa beberapa pembaruan diantaranya adalah memperluas skala dan meningkatkan kualitas pengembangan startup digital. Hadir dalam acara tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Erick Thohir, dan Wishnutama. Hadir pula para pelaku usaha startup yang telah sukses, seperti CEO Tokopedia William Tanujaya, CEO Bukalapak Achmad Zaky, dan CEO Traveloka Fery Unardi. Sementara Wakil Presiden  (Wapres) Jusuf Kalla didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, serta Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google