Perbedaan Penggunaan Maybe, Perhaps, Possibly, & Probably

bahasa inggris mungkin

Dalam bahasa Inggris banyak ditemukan beberapa kosakata dengan arti yang hampir serupa. Kamu pasti paham betul dengan adverb, tapi pernahkah kamu mendengar istilah adverb of probability? Kata-kata tersebut biasanya digunakan untuk menunjukkan kepastian pada sebuah informasi.

Beberapa dari kamu mungkin paling sering mengekspresikan adverb of probability dengan kata maybe yang artinya “mungkin”. Namun, tahukah kamu beberapa kata juga memiliki arti hampir serupa dengan maybe?

Selain maybe, kamu juga bisa menggunakan probably dan perhaps. Meskipun ketiga kata tersebut dari jauh terlihat memiliki makna yang hampir sama, ada perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan dan jelas, lho. Simak ulasan berikut!

Maybe

maybe artinya

Maybe biasanya digunakan untuk menyatakan tebakan, perkiraan, atau keyakinan. Jika kamu menggunakan kata maybe maka artinya kamu hanya merasa setengah yakin akan suatu hal, dan keyakinan tersebut hanya tersisa antara 40% sampai 60%. 

Lalu, apa sebenarnya arti maybe? Maybe sendiri artinya “mungkin”. Kata maybe jarang ditemukan dalam konteks penulisan formal, biasanya penggunaan maybe hanya di ranah kasual dan percakapan bersama teman.

Contoh:

  • He fainted, maybe this morning he didn’t have breakfast. (Dia pingsan, mungkin tadi pagi dia tidak sarapan.)
  • Maybe she’s disappointed after not leaving for bali. (Mungkin dia sedang kecewa setelah tidak jadi berangkat ke Bali.)

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Perhaps

perhaps artinya

Salah satu kosakata bahasa Inggris untuk menunjukkan kemungkinan adalah perhaps. Kata ini biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu ketidakpastian yang lebih tinggi, kepastiannya hanya mencapai angka 30%. Saat kamu ingin memberi saran, melempar candaan, atau berkomentar sambil-lalu, kamu bisa menggunakan kata perhaps.

Kata “perhaps” dinilai lebih sopan daripada kata “maybe”, kamu juga bisa menemukan kata ini dalam ragam tulis.

Contoh:

  • Perhaps she will be kind after last night. (Mungkin dia akan menjadi lebih ramah setelah kejadian tadi malam.)
  • Do you perhaps leave the book? (Apakah kamu mungkin meninggalkan buku itu?)

Possibly

possibly artinya

Setelah mengetahui arti maybe dan perhaps, saatnya beralih pada possibly. Derajat kemungkinan yang ada dalam kata possibly lebih rendah dari kata maybe, possibly biasanya digunakan dalam ranah formal. Kalimat atau pernyataan yang menggunakan possibly artinya pernyataan tersebut terasa lebih “tidak mungkin” terjadi atau pasti. Namun, jika kata possibly ditambah awalan quiet atau very, maka tingkat kemungkinan atau kepastiannya akan meningkat.

Contoh:

  • Cindy couldn’t possibly attend the presentation, she’s out of town. (Cindy tidak mungkin bisa ikut presentasi, dia sedang di luar kota.)
  • All flowers will possibly be sold in one day. (Seluruh bunga mungkin akan terjual dalam satu hari.)

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Probably

probably artinya

Probably artinya juga “mungkin”. Bahasa Inggris untuk menunjukkan kemungkinan yang satu ini digunakan untuk derajat kepastian paling tinggi. Jika kamu menggunakan kata probably artinya kemungkinan dari informasi atau ucapanmu berkisar di angka hampir 90%. Jadi, saat kamu yakin dengan suatu hal dan memiliki alasan serta bukti yang kuat, kamu bisa menggunakan kata probably.

Contoh:

  • You can probably get roses in that florist. (Kamu mungkin bisa mendapatkan bunga mawar di toko bunga itu.)
  • Rina will probably find a lantern in that place. (Rina mungkin akan menemukan lampion di tempat itu.)

Meskipun sama-sama digunakan untuk menyatakan bahasa Inggrisnya mungkin, namun keempat kata tersebut digunakan dalam proporsi penyampaian kepastian dan kemungkinan yang berbeda.

Materi tentang adverb of probability sangat menarik bukan? Untuk mendapatkan materi bahasa Inggris menarik lainnya, kamu bisa ikutan kursus bahasa Inggris online di Cakap. Di sana kamu bisa belajar banyak materi dengan mudah dan menyenangkan. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks