Apa Arti Literally dan Bagaimana Penggunaanya yang Benar?

arti literally

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata literally. Kata ini termasuk dalam bahasa slang yang kerap kali digunakan, khususnya oleh kawula muda. Meski begitu, masih banyak penutur Bahasa Indonesia yang tidak mengetahui apa arti literally serta bagaimana pengaplikasian literally pada sebuah kalimat. Jika kamu adalah salah satunya, cek penjelasan lengkap terkait literally di bawah ini, yuk!

Arti Literally

Selain memiliki arti ‘secara harfiah’, jika diulas lebih dalam lagi, literally artinya ‘secara tepat’, ‘benar-benar’, atau ‘sungguh-sungguh’. Pada akhirnya, arti literally ini cenderung mengacu untuk menekankan apa yang kamu ucapkan adalah suatu kebenaran atau suatu hal yang memiliki arti sesungguhnya secara leksikal.

Kata literally ini digunakan untuk memberi keterangan bahwa apa yang dimaksud adalah makna yang sebenarnya secara harfiah, bukan makna kiasan. Selain itu, kegunaan literally adalah untuk menekankan kebenaran atau keakuratan sebuah pernyataan yang mungkin terdengar mengejutkan.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

Contoh Kalimat Literally dan Artinya

Setelah mengetahui apa arti literally dan apa saja kegunaanya, untuk menambah pengetahuanmu mengenai arti literally, lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat literally dan artinya berikut ini:

  1. Literally it’s the begin of my dream. So, just see what the great thing will happens. (Sungguh inilah permulaan dari impianku. Jadi, lihat saja apa hal luar biasa yang akan terjadi). 
  2. The term ‘happiness’ literally means ‘peacefulness and luck’. (Istilah ‘bahagia’ secara harfiah berarti ‘ketentraman dan keberuntungan’.
  3. Joko Pinurbo it’s Literally shape of my inspiration. (Joko Pinurbo sungguh sosok inspirasiku).
  4. A beautiful building with all the shadow of love and fulfilling white view is literally the way we describe Taj Mahal. (Bangunan yang indah dengan segenap bayangan tentang cinta dan dipenuhi pemandangan warna putih adalah suatu yang sungguh tepat untuk kits menggambarkan Taj Mahal). 
  5. The weather is literally cool and clean, I can breath with satisfaction. (Cuacanya sungguh sejuk dan bersih, aku dapat bernafas dengan puas).
  6. Literally, I am different from you. We are not the same at all, not for the heart and also not for the action. (Secara harfiah, aku berbeda denganmu. Kita tidak sama dalam segala hal, tidak dengan hati dan juga tidak dengan tindakan).
  7. You may think that she crazy, but she literally gone out for her home and she didn’t carry bag or money. (Kamu mungkin berpikir bahwa dia gila, tapi dia benar-benar pergi dari rumah dan dia tidak membawa tas ataupun uang).
  8. Don’t drink the coffee, that is literally a hot cup of coffee. (Jangan minum kopinya, itu benar-benar secangkir kopi yang panas).
  9. Literally me. it’s really different than you think. (Aku yang sesungguhnya, sangat berbeda dari apa yang kamu pikirkan).  
  10. In this life, he literally never smokes. (Di hidup ini, dia benar-benar tidak merokok).
  11. Maybe you think that it’s just my imagination, but there is literally a snack in the ballroom of this hotel. (Mungkin kamu berpikir bahwa itu hanya imajinasiku saja, tapi benar-benar ada ular di ballroom hotel ini).
  12. My brother literally throw all photos with her ex. (Adikku benar-benar membuang semua foto bersama mantannya).
  13. When I say ‘I will come’ I literally mean it. (Ketika aku mengatakan ‘aku akan datang’, aku benar-benar serius mengatakannya).
  14. He literally gave her a beautiful diamond ring. (Dia benar-benar memberikannya cincin berlian).
  15.  You know that my crush lives literally next to your apartment. (Kamu tahu? Ternyata orang yang aku suka tinggal tepat di sebelah apartemenmu).  

Skill Bahasa Inggris Tingkatkan Peluang Kerja, Saatnya Bangun Peluangmu Bersama Cakap

Contoh Percakapan Literally 

Penggunaan literally saat bercakap-cakap dengan lawan bicara menjadi hal yang menarik untuk disorot. Hal ini akan lebih memudahkanmu memahami apa arti literally dan bagaimana pengaplikasiannya dalam sebuah percakapan Bahasa Inggris, perhatikan contoh berikut ini:

Contoh Percakapan Literally 1

A: Have she met her grandfather before? (Apakah dia sudah bertemu kakeknya?)

B: No, she literally just met her grandfather for the first time. (Belum, dia benar-benar baru bertemu kakeknya untuk yang pertama kali).

Contoh Percakapan Literally 2

A: Was he mad? (Apakah dia marah?)

B: Ya! He was literally mad. You know what? Your jokes are not funny. (Ya! dia sunguh-sungguh marah. Kamu tahu? Leluconmu tidak lucu).

Contoh Percakapan Literally 3

A: Do you love him? (Apakah kamu mencintainya?)

B: Ya, he literally touched my heart with his adorable smile. (Ya, dia menyentuh hati saya dengan senyuman manisnya).

Itu dia penjelasan mengenai arti literally dan penggunaannya dalam kalimat yang tepat. Untuk lebih mengerti apa itu literally dengan benar, pahami pula contoh kalimat dan percakapan di atas serta latih bersama temanmu. 

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi kosakata gaul dalam bahasa Inggris? Jangan khawatir, Cakap adalah tempat yang tepat untuk menjawab semua pertanyaan dan ketertarikanmu melalui kursus bahasa Inggris online. Segera daftarkan dirimu di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks