Belajar Membedakan Excited dan Exciting dengan Mudah

excited artinya

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar atau mengucapkan kata excited? Tulisan dan bunyi kata excited seolah memiliki magnet yang membawa kita menuju suatu hal. Kata ini cocok digunakan untuk menggambarkan betapa tertariknya kamu akan suatu hal. Lalu, sebenarnya kata excited artinya apa?

Selain excited, ada kata lain yang sering disebut mirip secara bentuk tulisan maupun maknanya, yaitu kata exciting. Kerap kali kamu mungkin bingung atau bahkan salah mengartikan apa perbedaan excited dan exciting. Kamu bisa temukan jawabannya di sini. Read closely, ya!

Apa itu Excited?

Secara gamblang dan sederhana, excited artinya ‘tertarik’. Ia biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa ketertarikan pada suatu hal. Kata tertarik sendiri biasanya diartikan sebagai keterpikatan atau menaruh minat/perhatian kepada suatu hal. Bicara tentang ‘ketertarikan’, indeks ‘tertarik’ dalam setiap orang tentunya berbeda-beda dan mungkin hanya dapat diukur dengan subjektif masing-masing.

Selain memiliki arti ‘tertarik’, excited artinya juga bisa merambah pada ‘antusias’, ‘bersemangat’, dan ‘bergairah’. Sedikit informasi, penambahan akhiran –ed pada sebuah kata sifat dalam bahasa Inggris menggambarkan apa yang kamu rasakan.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

Perbedaan Excited dan Exciting

Bagaimana mengetahui beda excited dan exciting yang sering membuat bingung? Meskipun excited dan exciting sama-sama berkutat dalam sebuah kata yang sama, yaitu “ketertarikan”, namun kedua kata tersebut digunakan untuk konteks yang berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, excited artinya ‘tertarik’. Kata ini digunakan ketika orang merasa tertarik pada suatu hal. Sedangkan kata exciting artinya ‘menarik’. Exciting ini berperan sebagai hal atau benda yang membuat orang merasa tertarik. 

Singkatnya, excited digunakan ketika seseorang merasa tertarik dengan suatu hal, sedangkan exciting digunakan ketika suatu hal membuat seseorang tertarik.

Apabila kamu masih merasa kebingungan dengan perbedaan excited dan exciting. Kamu bisa memahaminya dengan lebih mudah melalui contoh kalimat sederhana berikut ini:

  • It is exciting, so I feel excited. (Ini menarik, jadi saya merasa tertarik).
  • It is boring, so I feel bored. (Ini membosankan, jadi saya merasa bosan). 
  • It is amazing, so I feel amazed. (Ini luar biasa, jadi saya merasa kagum).
  • It is tiring, so I feel tired. (Ini melelahkan, jadi saya merasa lelah).
  • It is satisfying, so I feel satisfied. (Ini memuaskan, jadi saya merasa puas).

Contoh Penggunaan Excited dalam Kalimat

Melalui tulisan di atas, kamu pasti sudah tahu excited artinya apa bukan? Nah, Lebih jelasnya, kamu bisa merujuk penjelasan di atas melalui contoh berikut ini:

  • I am so excited to climb the mountain. (Aku tertarik untuk mendaki gunung).
  • Grit excited taking Filologi classes. (Grit tertarik mengambil kelas Filologi).
  • Your just telling me that story, even every day. Oh Gosh I am didn’t excited anymore. (Kamu baru saja menceritakan hal itu, bahkan setiap hari. Oh ya Tuhan! Aku sudah tidak tertarik lagi).
  • We are very excited to participate in Karnaval Sastra 2021. (Kami sangat tertarik untuk berpartisipasi dalam Karnaval Sastra 2021).
  • Even if you always ask me to join the camp, I am still not excited to go. (Bahkan jika kamu selalu memintaku untuk ikut kemping, aku masih tidak tertarik untuk pergi).
  • Are you excited with this movie. (Apakah kamu tertarik dengan film ini?)
  • I am so excited with this holidays plan. (Aku sangat tertarik dengan rencana liburan ini).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Penggunaan Exciting dalam Kalimat

Penambahan –ing di akhir kata membuat arti dari exciting berbeda dengan excited. Dengan melihat contoh-contoh penggunaan exciting dalam kalimat di bawah ini, kamu akan semakin tahu perbedaan exciting dan excited.  

  • I think you have to read Kitab Omong Kosong by Seno Gumira Ajidarma, that’s novel is very exciting. (Aku pikir kamu harus membaca Kitab Omong Kosong karya Seno Gumira Ajidarma.  Novel itu sangat menarik)
  • Her paintings are very exciting and amazing. (lukisanya sangat menarik dan menakjubkan).
  • This town is really exciting to occupy. (Kota ini sungguh menarik untuk ditinggali).
  • I really like Life of Pi, probably I was watched that film for seven time. I think the plot of the film it’s very exciting. (Aku sungguh suka Life of Pi, mungkin aku sudah menonton film itu tujuh kali. Menurutku plot film Life of Pi sangat menarik).
  • Netherland have many exciting destination. (Belanda memiliki banyak destinasi yang menarik).
  • This beach is really clean and quiet, it’s so exciting to visit. (Pantainya sangat bersih dan sepi, sungguh menarik untuk dikunjungi).
  • The colour of the rainbow is exciting, especially purple and green. (Warna pelangi sungguh menarik, khususnya warna ungu dan hijau).

Well guys, penjelasan di atas cukup ringkas dan mudah dipahami bukan? Setelah kamu tahu exciting dan excited artinya apa, sekarang kamu bisa lebih mudah dan nggak kebingungan lagi untuk membedakan excited dan exciting

Masih bingung membedakan kosakata-kosakata yang memiliki tulisan dan arti hampir sama dalam bahasa Inggris? Cakap akan menyudahi kebingunganmu itu. Di kursus bahasa inggris online Cakap kamu bisa belajar bahasa Inggris dan bertanya mengenai materi bahasa Inggris apa saja yang masih mengganjal di pikiranmu. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Cakap dan dapatkan semua jawaban dari keingintahuanmu. 

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks