8 Tes Psikologi dan Kepribadian yang Perlu Kamu Ketahui!

alat tes psikologi
Image by Freepik

Tes kepribadian dapat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengenali dirimu secara lebih baik. Selain itu, tes kepribadian juga biasanya dilakukan dalam proses seleksi penerimaan karyawan perusahaan dan juga sebagai instrumen penunjang diagnosa kesehatan mental. 

Kali ini Cakap akan mengajak kamu untuk mengenali beberapa macam alat tes psikologi mulai MBTI, DISC, dan lain sebagainya. Beberapa di antaranya bisa kamu lakukan sendiri untuk lebih mengenal dan memahami dirimu secara mendalam, lho. Cari tahu dalam artikel berikut, ya! 

Table of Contents

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan alat tes psikologi yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs Myers sejak Perang Dunia II. Tes ini mengukur preferensi dasar seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. 

Dalam tes kepribadian MBTI, manusia dibagi menjadi 16 tipe kepribadian dengan 4 dimensi kecenderungan dasar yaitu: 

  • Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs Extrovert (E)
  • Dimensi memahami informasi dari luar: Sensing (S) vs. Intuition (N)
  • Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
  • Dimensi pola hidup: Judging (J) vs. Perceiving (P)

Kamu akan diberikan sejumlah pertanyaan Hasil dari tes ini adalah empat huruf yang menunjukkan kecenderungan dari masing-masing dimensi tersebut, misalnya INTJ atau ESFP. 

RIASEC (Holland Codes)

Holland Codes adalah alat tes psikologi yang dikembangkan oleh psikolog asal Amerika Serikat bernama John L. Holland. Tes ini bertujuan untuk membantu seseorang dalam memahami diri dan memperkirakan kariernya. 

Tes psikologi ini juga disebut sebagai RIASEC karena membagi kepribadian menjadi 6 tipe yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Setiap tipe kepribadian tersebut memiliki kecenderungan karier yang berbeda. 

RIASEC sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mengenali diri dan potensi karier yang cocok dengan kepribadianmu. 

tes psikologi
Image by Freepik

DISC

Sama seperti RIASEC, DISC adalah singkatan dari tipe kepribadian berdasarkan teori emosional dan perilaku oleh William Moulton Marston. Alat tes psikologi ini dicetuskan oleh psikolog industri bernama Walter Clarke pada tahun 1956 dengan tujuan awal untuk menyeleksi calon karyawan. 

Hingga saat ini DISC masih sering digunakan untuk berbagai tujuan terkait dengan organisasi dan perusahaan. Misalnya dalam pengembangkan tim, pelatihan kepemimpinan, hingga perekrutan karyawan. 

Empat tipe kepribadian dalam DISC adalah Dominance (D), Inducement (I), Submission (S), dan Compliance (C). Hasil dari tes ini dapat merupakan satu tipe saja, namun juga bisa terdiri dari kombinasi dua tipe dari 4 tipe yang ada. 

Enneagram of Personality

Enneagram adalah model psikologi kuno yang kemudian dikembangkan oleh Oscar Ichazo pada tahun 1950an dan Claudio Naranjo pada tahun 1970an. Tes psikologi ini membagi kepribadian menjadi sembilan tipe dengan indikasi keterkaitan antar masing-masingnya. 

Kesembilan tipe dalam adalah Reformer, Helper, Achiever, Individualist, Investigator, Loyalist, Enthusiast, Challenger, dan Peacemaker. Sama dengan tes kepribadian lainnya, kamu akan diberikan sekitar 180 pertanyaan untuk mengetahui tipe kepribadian enneagram-mu. 

Tes kepribadian Enneagram ini sering digunakan dalam lingkup organisasi atau perusahaan, sama dengan MBTI maupun DISC. Meski demikian, kamu bisa melakukan tes ini secara mandiri untuk mengenali dan memahami diri dan kepribadianmu secara lebih mendalam. 

Revised NEO Personality Inventory

NEO-PI-R adalah alat tes kepribadian yang dikembangkan untuk mengukur lima faktor kepribadian utama, yang sering disebut sebagai Model Lima Faktor (Five-Factor Model atau Big Five). Kelima faktor tersebut adalah Neuroticism (N), Extraversion (E), Openness to Experience (O), Agreeableness (A), dan Conscientiousness (C). 

Instrumen ini dikembangkan oleh Paul T. Costa Jr. dan Robert R. McCrae sebagai versi revisi dari NEO Personality Inventory (NEO-PI). Revisi ini dilakukan untuk memperbaiki kelemahan dan meningkatkan keandalan serta validitas instrumen.

Tes psikologi bertujuan untuk membuat penilaian psikologis untuk memahami perbedaan kepribadian individu. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi dan karier, tes ini juga digunakan dalam penelitian ilmiah serta aplikasi klinis di bidang psikologi. 

Image by Freepik

HEXACO Personality Inventory

Alat tes psikologi ini diciptakan oleh Ashton dan Lee yang dijelaskan dalam buku berjudul “The H Factor of Personality”. Sama dengan tes-tes sebelumnya, nama HEXACO juga didasari oleh 6 dimensi utama tipe kepribadian yang mereka rumuskan.  

Keenam faktor tersebut adalah Honesty-Humility (H), Emotionality (E), Extraversion (X), Agreeableness (A), Conscientiousness (C), dan Openness to Experience (O). 

Tes ini menguji dimensi kepribadianmu dan bagaimana kamu menerapkannya dalam berbagai situasi. Versi terbaru dari tes ini memiliki 3 versi, mulai dari yang pendek (60 pertanyaan), versi setengah (100 pertanyaan), dan versi lengkap (200 pertanyaan). 

Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)

MMPI adalah alat tes psikologi yang digunakan oleh psikolog untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang seseorang, terutama dalam konteks masalah psikologis atau kesehatan mental. 

Tesnya merupakan kuisioner yang pertanyaan tentang perasaan, kebiasaan, dan pemikiran seseorang. Versi terbaru dari tes ini mencakup skala terkait dengan gangguan mental seperti agresi, penghindaran sosial, keraguan diri, dan masalah lainnya. 

Sebagai tes psikologi yang berhubungan dengan kesehatan mental, tes ini hanya dapat dilakukan oleh profesional di bidang psikologi. Dengan kata lain, MMPI berbeda dengan tes kepribadian seperti MBTI, DISC, atau maupun Enneagram. 

Tes Rorschach

Tes Rorschach adalah alat tes psikologi yang menggunakan gambar-gambar tinta aneh untuk mengetahui tentang pikiran dan perasaan seseorang. Nama tes ini diambil dari nama orang yang menciptakannya, Hermann Rorschach. 

Proses tes Rorschach dilakukan dengan menunjukkan sejumlah gambar tinta yang tidak jelas bentuknya kepada peserta. Peserta yang diuji kemudian diminta untuk memberi tahu apa yang mereka lihat atau pikirkan tentang gambar-gambar tersebut. 

Tes bertujuan untuk melihat bagaimana seseorang menafsirkan gambar-gambar yang tidak teratur ini. Sama dengan MMPI, tes Rorschach biasanya digunakan sebagai bagian dari penilaian psikologis dari psikologi klinis, sehingga harus dilakukan oleh profesional. 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai berbagai jenis tes kepribadian dari yang sederhana dan bisa dilakukan sendiri hingga yang membutuhkan profesional. Dengan tes kepribadian, kamu bisa mengenali dirimu lebih baik dan juga menentukan sikapmu dalam berbagai situasi. 

Tes kepribadian juga bisa membantumu untuk membuat keputusan terkait dengan masa depan, misalnya karier dan pekerjaan. Salah satunya adalah tes kepribadian RIASEC yang bisa kamu lakukan di Cakap, lho. Cari tahu kepribadianmu sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.