Tips Belajar Bahasa Mandarin untuk Anak & Rekomendasi Buku Terbaik

tips-belajar-bahasa-mandarin-untuk-anak

Hal pertama yang mungkin terlintas dalam benak orang tua saat ingin mengenalkan dan mengajarkan anaknya berbahasa Mandarin adalah “Gimana ya tips belajar bahasa Mandarin untuk anak yang efektif?”. Moms and Dads tidak perlu khawatir, karena setiap pertanyaan pasti ada jawaban dan solusinya. Begitu juga dengan cara belajar bahasa Mandarin untuk anak.

Selain lewat bantuan orang tua, berikut ini ada beberapa tips belajar bahasa Mandarin untuk anak yang bisa mulai dipraktikkan. Simak selengkapnya yuk, Moms!

Table of Contents

Waktu Terbaik untuk Anak Belajar Bahasa Mandarin

Sebelum mengarahkan si Kecil untuk belajar bahasa Mandarin, alangkah baiknya bila orang tua mengerti betul tentang usia ideal untuk anak belajar bahasa Mandarin. 

Konsensus umum menyatakan bahwa agar dapat mengembangkan aksen asli (bahasa Mandarin) dengan mudah, maka sebaiknya anak mulai belajar bahasa Mandarin sebelum usianya menginjak 12 tahun.

Sebuah penelitian dari University of British Columbia mengungkap bahwa bayi jauh lebih mampu menangkap nuansa halus dan nada, kemampuan tersebut semakin berkurang seiring anak beranjak remaja dan dewasa. Berhubung bahasa Mandarin merupakan bahasa yang memiliki nada dan pelafalan yang cukup kompleks, maka ada sebuah keuntungan bagi anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun untuk lebih mudah memahami dan belajar bahasa Mandarin.

Tips Belajar Bahasa Mandarin untuk Anak

Ada banyak media dan perantara bagi anak untuk belajar bahasa Mandarin. Berikut ini terlampir beberapa tips belajar bahasa Mandarin untuk Anak.

Belajar Bahasa Mandarin Melalui Media Televisi

Untuk menarik minat anak dalam belajar bahasa Mandarin, Moms bisa menggunakan media televisi saluran anak berbahasa Mandarin, seperti kartun dan acara televisi ramah anak lainnya. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, akan membuka peluang bagi anak untuk meniru pelafalan tokoh kartun yang disenanginya.

Belajar Lewat Podcast Berbahasa Mandarin

Siapa sih yang nggak kenal podcast? Platform yang satu ini sangat mudah untuk diakses. Lewat siaran podcast yang berbentuk audio maupun video, anak bisa belajar bahasa Mandarin dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Salah satu podcast belajar bahasa Mandarin anak yang bisa dicoba adalah Learn Chinese Podcast yang di dalamnya menampilkan episode macam-macam lesson bahasa Mandarin, seperti greetings, introductions, dll.

Belajar Bahasa Mandarin Lewat Miss Panda Chinese & Aplikasi Lainnya

Apa sih Miss Panda Chinese? Buat Moms and Dads yang mungkin belum pernah dengan sebelumnya, Miss Panda Chinese merupakan web yang memberikan pelajaran bahasa Mandarin pada anak melalui video-video singkat.

Selain itu, Miss Panda Chinese juga dilengkapi dengan modul-modul dan audio MP3. Wah, menarik banget bukan? Anak-anak pasti makin semangat belajar bahasa Mandarinnya!

Selain Miss Panda Chinese, ada juga web dan aplikasi belajar bahasa Mandarin lain khusus anak-anak, yaitu Kids Learn Mandarin dan BBC-Primary Language Mandarin. 

Mengikuti Kursus Bahasa Mandarin Anak

Bagi para orang tua yang ingin anaknya lebih serius dan terarah dalam belajar bahasa Mandarin, maka tips selanjutnya yang bisa dipraktikkan adalah mendaftarkan kursus bahasa Mandarin anak. Dewasa ini, ada banyak tempat kursus yang menyediakan layanan pembelajaran bagi anak-anak, salah satunya adalah Cakap Mandarin Kids. Di sana anak bisa belajar secara online dan fleksibel dengan jam belajar yang disesuaikan dengan waktu luang si Kecil.

Peran Aktif Orang Tua

Pada akhirnya tips belajar bahasa Mandarin untuk anak yang satu ini sangatlah berperan penting. Orang tua memiliki peluang yang paling tinggi untuk memberikan akses pembelajaran bagi si Kecil dan mendukungnya secara konsisten. Jika kebetulan Moms and Dads menguasai bahasa Mandarin, kalian bisa mengajarkan anak secara langsung mulai dari kosakata dasar dan pelafalan yang tepat.

belajar-bahasa-mandarin-untuk-anak
Photo from Freepik

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Buku Bahasa Mandarin yang Cocok untuk Anak

Media pendukung yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin anak adalah buku. Yuk, cari tahu ada buku apa saja yang bisa digunakan untuk mendampingi anak belajar bahasa Mandarin!

Buku Hanyu

Rekomendasi buku belajar bahasa Mandarin yang pertama adalah buku Hanyu. Buku ini tersedia dalam 1-12 jilid. Jadi, Moms and Dads bisa memiliki jilid yang sesuai dengan usia si Kecil.

Buku Nursery Chinese

Selanjutnya ada buku Nursery Chinese. Buku ini berjumlah 24 halaman yang berisi materi-materi khusus untuk anak-anak.

Asyik Belajar Bahasa Mandarin untuk Anak

Ini adalah seri buku teks (memiliki 3 series buku) belajar bahasa Mandarin untuk anak usia tiga sampai dua belas tahun. Selain berisi materi, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Setiap series buku ini juga dilengkapi dengan audio MP3.

Pada penjelasan di atas, selain menampilkan tips belajar bahasa Mandarin untuk anak, Moms and Dads juga telah mendapatkan pengetahuan baru tentang usia ideal anak belajar bahasa Mandarin dan buku pendamping yang cocok untuk belajar bahasa Mandarin. Sekarang saatnya memotivasi anak untuk lebih giat dalam belajar bahasa Mandarin!

Referensi
-squline.com
-id.theasianparent.com
-tutorabcchinese.com
-bilingualkidsspot.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

      #SiapaCakapDiaDapat