Belajar tentang Setsuzokushi, Kata Penghubung dalam Bahasa Jepang

top-view-chinese-ink-concept

Kamu pernah merasa bingung saat belajar bahasa Jepang? Ternyata ada satu konsep yang sering kali menjadi tantangan bagi kebanyakan orang yang belajar bahasa Jepang, yaitu Setsuzokushi atau yang lebih dikenal dengan kata penghubung bahasa Jepang. Konjungsi bahasa Jepang yang unik ini bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membingungkan bagi para pemula.

Apa kamu merupakan salah satu orang yang kebingungan tentang kapan dan bagaimana menggunakan Setsuzokushi dengan benar? Apa kamu pernah mengalami kesulitan dalam memahami makna dan fungsi konjungsi ini dalam kalimat Jepang? Jangan khawatir! Kami hadir untuk membantu kamu memahami konsep dasar Setsuzokushi dan bagaimana menggunakannya. Dengan pemahaman yang mendalam tentang Setsuzokushi, kamu akan merasa lebih percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Jepang.

 

 

Apa itu Setsuzokushi?

a. Definisi Setsuzokushi

Mari kita mulai dengan definisi Setsuzokushi. Jadi, Setsuzokushi adalah konjungsi atau kata penghubung bahasa Jepang yang berfungsi untuk menghubungkan frasa atau kalimat. Mereka memberikan informasi tambahan tentang hubungan waktu, tempat, sebab-akibat, cara, atau tujuan dalam sebuah kalimat.

b. Asal-usul dan Pentingnya dalam Bahasa Jepang

Tahukah kamu bahwa Setsuzokushi memiliki akar yang dalam dalam sejarah bahasa Jepang? Mereka telah digunakan secara luas selama bertahun-tahun dan merupakan bagian penting dari tata bahasa Jepang. Ketika kamu memahami dan menggunakan Setsuzokushi dengan benar, kamu dapat mengungkapkan pikiran dan ide dengan lebih jelas dan terstruktur.

c. Mengapa Setsuzokushi Penting untuk Dipelajari

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa penting untuk mempelajari Setsuzokushi? Nah, Setsuzokushi adalah fondasi penting dalam membangun kalimat yang koheren dan terstruktur dalam bahasa Jepang. Dengan memahami penggunaan yang tepat, kamu akan dapat meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, dan memahami bahasa Jepang secara keseluruhan.

Macam-Macam Setsuzokushi

Mari kita bahas macam-macam Setsuzokushi yang ada. Setiap jenis memiliki fungsinya sendiri dalam menghubungkan kalimat dan memberikan nuansa yang berbeda. Yuk, coba simak ulasan macam-macam setsuzokushi di bawah ini.

a. Setsuzokushi Waktu (Jikan Setsuzokushi)

Setsuzokushi waktu digunakan untuk menyatakan hubungan waktu antara dua peristiwa atau kegiatan dalam kalimat. Beberapa contoh Setsuzokushi waktu yang sering digunakan adalah から (kara) = dari, まで (made) = hingga, dan より (yori) = dari.

Contoh penggunaan:
わたし わ ごぜん じゅうじ から はちじ まで べんきょう します
(Watashi wa gozen juuji kara hachi-ji made benkyou shimasu)
Saya belajar dari pukul sepuluh pagi hingga pukul delapan malam

b. Setsuzokushi Tempat (Basho Setsuzokushi)

Setsuzokushi tempat digunakan untuk menunjukkan hubungan lokasi atau tempat dalam kalimat. Beberapa contoh Setsuzokushi tempat yang umum adalah に (ni) = di, で (de) = di, dan から (kara) = dar.

Contoh penggunaan:
えいが わ きねま で みて います
(Eiga wa kinema de mite imasu
Saya menonton film di bioskop

c. Setsuzokushi Hubungan Sebab-Akibat (Riyuu Setsuzokushi)

Setsuzokushi hubungan sebab-akibat digunakan untuk mengungkapkan hubungan penyebab dan akibat antara dua peristiwa dalam kalimat. Contoh Setsuzokushi hubungan sebab-akibat yang sering digunakan adalah から (kara) = karena, ので (node) = karena, dan して (shite) = dengan.

Contoh penggunaan: 

あめ が ふtて いる から、 わたし わ かさ を もtて います
(Ame ga futte iru kara, watashi wa kasa o motte imasu
Karena sedang hujan, saya membawa payung

d. Setsuzokushi Cara Melakukan Sesuatu (Houhou Setsuzokushi)

Setsuzokushi cara melakukan sesuatu digunakan untuk menjelaskan cara atau metode dalam melakukan suatu tindakan. Beberapa contoh Setsuzokushi cara melakukan sesuatu adalah て(te) = dengan, たら (tara) = jika, dan なければ (nakereba) = jika tidak.

Contoh penggunaan: 

にほんご お べんきょう する ために、 がくせい は よむ つもり で いれば いい です
(Nihongo o benkyou suru tameni, gakusei wa yomu tsumori de ireba ii desu
Untuk belajar bahasa Jepang, sebaiknya siswa membaca dengan maksud belajar

e. Setsuzokushi Tujuan atau Maksud (Mokuteki Setsuzokushi)

Setsuzokushi tujuan atau maksud digunakan untuk menyatakan tujuan atau maksud dari suatu tindakan dalam kalimat. Beberapa contoh Setsuzokushi tujuan atau maksud adalah よう に (you ni) = agar, ため に (tame ni) = untuk, dan まで わ (made wa) = hingga.

Contoh penggunaan: 

わたし わ にほん に りょこう する ため に にほんご お べんきょう して います(Watashi wa nihon ni ryokou suru tame ni nihongo o benkyou shite imasu)
Saya belajar bahasa Jepang untuk pergi berlibur ke Jepang.

Baca juga: Arti Baka dalam Bahasa Jepang yang Otaku Wajib Tahu!

Cara Menggunakan Setsuzokushi dengan Benar

a. Memahami Struktur Kalimat dengan Setsuzokushi

Agar dapat menggunakan Setsuzokushi dengan benar, penting untuk memahami struktur kalimat yang melibatkan konjungsi ini. Setsuzokushi biasanya ditempatkan setelah frasa atau klausa yang ingin dihubungkan, dan sebelum frasa atau klausa selanjutnya dalam kalimat. Pastikan kamu memahami bagaimana posisi Setsuzokushi mempengaruhi arti dan struktur kalimat secara keseluruhan.

b. Tips dan Trik dalam Menggunakan Setsuzokushi dengan Tepat

  • Hindari Kesalahan Umum dalam Penggunaan Setsuzokushi

     

    Saat menggunakan Setsuzokushi, ada beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari. Misalnya, salah penggunaan kata “kara” yang berarti “dari” sebagai pengganti “made” yang berarti “hingga”. Perhatikan makna dan fungsi masing-masing Setsuzokushi agar tidak terjadi kekeliruan dalam kalimat.

  • Perhatikan Kaitannya dengan Tata Bahasa Jepang

    Setsuzokushi adalah bagian integral dari tata bahasa Jepang. Oleh karena itu, penting untuk memahami kaitannya dengan elemen-elemen tata bahasa lainnya, seperti partikel dan konjugasi kata kerja. Perhatikan pola-pola umum dalam penggunaan Setsuzokushi agar kamu dapat mengaplikasikannya dengan benar dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Setsuzokushi dalam Kalimat

a. Contoh Penggunaan Setsuzokushi Waktu

わたし わ ごぜん はち-じ から がkこう に いく
(Watashi wa gozen hachi-ji kara gakkou ni iku)
Saya pergi ke sekolah dari pukul delapan pagi

かのじょ わ しちじ まで べんきょう して います(Kanojo wa shichiji made benkyou shite imasu)Dia belajar hingga pukul tujuh malam


b. Contoh Penggunaan Setsuzokushi Tempat

わたし わ かfえ に ともだち と であtた
(Watashi wa kafe ni tomodachi to deatta)
Saya bertemu teman di kafe

にほん に で りょこう する よてい です。
(Nihon ni de ryokou suru yotei desu
Rencananya akan pergi berlibur ke Jepang

c. Contoh Penggunaan Setsuzokushi Hubungan Sebab-Akibat

あめ が ふtて いた から、 わたし わ でかける の を やめ ました
(Ame ga futte ita kara, watashi wa dekakeru no o yame mashita
Karena sedang hujan, saya berhenti untuk pergi

がkこう に いく ので、 はやく おきて ください
(Gakkou ni iku node, hayaku okite kudasai)
Karena harus pergi ke sekolah, bangunlah lebih pagi

d. Contoh Penggunaan Setsuzokushi Cara Melakukan Sesuatu

にほんごを べんきょう する ため に、 えいご の がくしゅう も して います
(Nihongo o benkyou suru tame ni, eigo no gakushuu mo shite imasu)
Untuk belajar bahasa Jepang, saya juga belajar bahasa Inggris

りょうり を するなら、 りょうりしつ に いきましょう。
(Ryouri o suru tara, ryouri-shitsu ni ikimashou
Jika memasak, mari kita pergi ke dapur

e. Contoh Penggunaan Setsuzokushi Tujuan atau Maksud

こうえん え あそびに いく よう に、 おおきい かばん お もtて いきました
(Kouen e asobini iku you ni, ookii kaban o motte ikimashita)
Agar bisa pergi bermain ke taman, saya membawa tas besar

かのじょ わ あたらしい ぺいじ を つくる ため に、 こんぴゅうたあ お かた
(Kanojo wa atarashii peiji o tsukuru tame ni, konpyuutaa o katta)
Dia membeli komputer untuk membuat halaman web baru

Pelajari juga arti kata nani di sini; Ini Arti Nani, Kata yang Sering Muncul di Anime

Sekarang kamu telah mempelajari tentang Setsuzokushi dan bagaimana menggunakannya dengan benar dalam bahasa Jepang. Penting untuk diingat bahwa Setsuzokushi adalah konjungsi yang penting dalam membentuk kalimat yang koheren dan memberikan nuansa yang tepat dalam komunikasi.

Memahami Setsuzokushi akan memungkinkan kamu untuk menghubungkan ide-ide dalam kalimat, mengekspresikan hubungan sebab-akibat, menunjukkan waktu, tempat, cara, tujuan, dan masih banyak lagi. Dengan menguasai penggunaan Setsuzokushi, kamu akan menjadi lebih lancar dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Jepang.

Upgrade Bahasa Jepangmu Bersama Cakap, Solusi Mudah dan Tepat untuk Kursus Bahasa Jepang

Percaya diri Berbahasa Jepang dengan Program Kursus bersama CAKAP

Setelah mengetahui mengenai setsuzokushi, kamu bisa langsung mempraktikkan langsung berbagai materi di atas untuk melatih kemampuan bahasa Jepangmu. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu bersama Cakap untuk belajar bahasa jepang lebih mudah.

Cakap bisa menjadi platform yang tepat untuk kamu belajar karena memiliki berbagai metode kursus yang membuat kamu lebih mudah paham mempelajari berbagai mater bahasa Jepang. Tidak hanya itu saja, kamu di sini juga bisa memilih kelas sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada berbagai pilihan, mulai dari private, semi private, hingga club. Kalau kamu lebih suka untuk belajar lebih eksklusif, kamu bisa memilih kelas dengan tipe private. Tapi kalau kamu lebih suka belajar dengan sistem kelompok, maka kami rekomendasikan untuk mencoba kelas club. 

Yuk join cakap sekarang juga! 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.