Kenalan Lebih Dalam dengan Kata Bahasa Jepang “Baka”

apa arti baka

Siapa sih yang nggak familiar dengan kata baka dalam bahasa Jepang? Kata yang satu ini hampir selalu ditemukan di dalam anime atau drama Jepang, sehingga sangat umum diketahui. Baka sering kali diterjemahkan sebagai “idiot” dalam bahasa Inggris atau sebagai “bodoh” dan “tolol” dalam bahasa Indonesia. 

Nah, kali ini Cakap ingin membahas lebih lanjut nih mengenai arti, penulisan, asal-usul, dan contoh penggunaan kata baka dalam bahasa Jepang. Simak penjelasannya, yuk! 

Arti Kata “Baka”

arti kata baka

Arti dan makna kata baka dapat menjadi sangat luas tergantung konteks dan intonasi suara yang digunakan. Jadi, baka dapat berarti “sialan”, “bodoh”, “tolol”, “konyol”, “tidak penting”, “tidak berguna”, hingga “tidak masuk akal”. 

Kata baka pun tidak selalu berbentuk umpatan dan diucapkan secara tunggal, tetapi juga dapat berupa kata sifat atau keterangan. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan kata baka dalam sebuah kalimat yang bukan merupakan umpatan. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Penulisan Kata “Baka”

penulisan kata baka
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Baka dapat ditulis dengan huruf kanji (馬鹿), tetapi lebih sering ditulis dalam huruf hiragana (ばか) atau katakana (バカ). Sebab secara etimologi, karakter kanji 馬鹿 (baka) juga digunakan untuk sebuah hewan yaitu “horse deer” atau “kuda rusa” yang merupakan makhluk mitologi. 

Sementara itu, penulisan kata baka dengan hiragana dan katakana sendiri tidak memiliki aturan jelas yang mengikat. Namun ada kecenderungan penulisan baka sebagai umpatan ditulis dengan katakana, terutama di kalangan anak muda dengan bahasa gaulnya. 

Asal usul Kata “Baka”

asal usul baka
Taiheiki Photo by Unknown author – Waseda University

Catatan sejarah Taiheiki membuktikan secara tertulis bahwa bakamono (馬鹿者) yang berarti “bodoh” digunakan sebagai umpatan pada tahun 1342. Hal ini ditemukan dalam kisah seorang komandan yang bertindak bodoh dengan tidak memberi hormat pada kaisar. 

Kata baka juga banyak ditemukan dalam karya sastra klasik, baik ditulis dengan kanji yang sama maupun berbeda. Catatan Taiheiki sendiri dalam edisi pertamanya menuliskan baka dengan katakana, namun kemudian ditulis dengan kanji pada edisi selanjutnya. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Penggunaan Kata “Baka”

penggunaan kata baka
Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Biar kamu lebih mengerti tentang perbedaan penggunaan kata baka dalam bahasa Jepang, coba perhatikan contoh kalimat berikut ini!

  • そんなばかなことはしないで
    Sonna baka na koto wa shinade.
    Jangan melakukan hal tidak berguna itu.
     
  • 二人は美人だけど、かるたバカだ。
    Futari wa bijin dakedo, karuta baka da.
    Meskipun mereka berdua cantik, tapi gila karuta. 

  • 悔しい。バカたいち!
    Kuyashii. Baka Taichi!
    Kesal. Taichi bodoh!

source: giphy.com

Owarimashita! Selesai! Sekarang kamu sudah tahu seluk-beluk tentang kata bahasa Jepang baka yang hampir selalu ada di setiap anime. 

Setelah tahu arti kata baka, kamu mungkin juga penasaran dengan arti kata bahasa Jepang populer lain nggak sih? Kamu bisa tanya-tanya sama sensei di les bahasa Jepang dari Cakap, lho. Kamu yang ingin jago bahasa Jepang untuk percakapan maupun kebutuhan JLPT pun ada di Cakap. Mending langsung daftar kursusnya deh! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: